Ikrom.lestariAvatar border
TS
Ikrom.lestari
Inovasi Cerdas Mengurangi Sampah Plastik
Selamat sore Agan and sista kaskuser tercinta yang tentu saja selalu kece šŸ˜ŽšŸ˜Ž. Semoga tidak bosan dengan thread dari saya yang hanya begitu-begitu saja.
Kasih dua jempol dulu dah!

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

***************



Beberapa hari belakangan jagad media sosial sempat heboh dengan salah satu postingan Mahasiswi semester 8 program studi Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya. Adalah Fia, yang saat itu tengah melakukan sampel untuk penelitian skripsinya dengan mengunjungi pantai Sendang Biru di selatan kabupaten Malang.

Saat menemukan bungkus mie instant indomie, Fia mengamati dengan seksama bungkus mie instant tersebut yang terlihat masih sangat utuh dan tertulis Dirgahayu Indonesia ke-55. Yang berarti bungkus palstik mie instant tersebut sudah terombang-ambing selama 19 tahun di lautan. Fia kemudian memfoto bungkus mie instant tersebut dan membagikan ke laman Twitternya @selfeeani.

Tak pelak kicauan Fia tersebut mendapat respon beragam dari warganet, bahkan menteri Susi Pudjiastuti juga turut merespon unggahan Fia tersebut. Menteri Susi langsung me-retweet kicauan Fia melalui laman twitternya @susipudjiastuti.

Sampah plastik memang selalu menjadi permasalahan pelik, tidak hanya di Indonesia saja namun bisa jadi semua negara. Pasalnya sampah plastik tidak dapat diurai atau dihancurkan. Dan penyumbang terbesar sampah plastik di negara ini berasal dari sampah rumah tangga.

Sebenarnya sudah ada kebijakan dari pemerintah untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Salah satunya dengan penggunaan sampah plastik ramah lingkungan yang bisa hancur dan terurai. Namun karena kondisi plastik yang tipis dan harus mengeluarkan uang tambahan lagi untuk membelinya sehingga dirasa tidak efektif karena memberatkan konsumen.

Baru-baru ini di sebuah supermarket besar di salah satu negara Asia Tenggara melakukan inovasi demi mengurangi penggunaan sampah plastik. Supermarket tersebut mengganti sterofoam/plastik untuk membungkus sayuran dengan daun pisang.

Jika tidak percaya berikut penampakan beberapa foto yang saya ambil dari berbagai sumber, cekidot!

Quote:


Menyejukkan banget rasanya lihat yang ijo-ijo dan fresh begitu. Tapi inovasi tersebut bukan dari supermarket di negara kita sih Agan and sista, melainkan dari negara Thailandatau lebih tepatnya dari Supermarket Rimping, Chiangmai, Thailand.

Semoga saja langkah inovasi diatas dapat memotivasi para pengusaha/produsen dengan memanfaatkan barang ramah lingkungan untuk mengurangi penggunaan plastik sebagai pembungkus suatu produk.

Quote:


Diubah oleh Ikrom.lestari 18-04-2019 18:43
bangrocky
rykenpb
kаskus
kаskus dan 29 lainnya memberi reputasi
30
15.9K
206
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Green Lifestyle
Green Lifestyle
icon
3KThreadā€¢3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.