rhaimukuiAvatar border
TS
rhaimukui
Pengamat: Prabowo Tidak Menunjukkan Sikap Negarawan


Jakarta, Beritasatu.com - Pengamat politik Silvanus Alvin mengemukakan deklarasi kemenangan yang dilakukan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto yang berulang-ulang menunjukkan sikap tidak siap kalah. Dengan tindakan tersebut, Prabowo tidak memiliki jiwa satria dan seorang negarawan.

"Apa yang dilakukan Prabowo tidak bisa disamakan bak petinju yang berjuang hingga bel terakhir berbunyi. Patut disayangkan bagaimana Prabowo mengeksploitasi emosi para pendukungnya untuk tidak mempercayai KPU. Ini bahaya karena ada sebuah framing yang salah bahwa bila Prabowo kalah, artinya KPU curang," kata Alvin di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Ia meminta Prabowo‎ memberikan contoh dan teladan kepada para pendukungnya agar mengikuti prosedur yang ada. Provokasi yang dilakukan Prabowo bisa mengarah pada kondisi yang tidak patut dalam demokrasi.

"Sebagai seorang Capres, seharusnya Prabowo berpikir layaknya negarawan yang mementingkan kepentingan masyarakat indonesia. Sebab ada kekhawatiran dari kalangan masyarakat bahwa narasi politik yang dibangun Prabowo dapat menimbulkan massa pendukungnya turun ke jalan.

Ini juga menimbulkan dampak negatif di mata internasional. Situasi chaos akan merugikan Indonesia," ujar Alvin yang juga pengajar pada Universitas Bunda Mulia Jakarta ini.

Dia berharap Prabowo tidak mengorbankan rakyat luas. Bila merasa ada kecurangan, silakan gugat ke Mahkamah Konstitusi (MK), tanpa mengintimidasi rakyat Indonesia dengan people power.


Sumur
Udah tahu pendukungnya taklid buta, malah sengaja dikompori dan dieksploitasi oleh Mas Prabowo CS. Pingin memicu perang sipil seperti di Suriah ya Mas Prabowo? 

Padahal, kalau benar-benar terjadi benturan di akar-rumput, nggak ada jaminan bahwa pihak Pro Prabowo dapat memenangkannya. Kelompok pro Jokowi selama ini bersabar bukan karena takut ataupun keder dengan gertakan pro Prabowo.

Kelompok pro Jokowo selama ini memilih tiarap dan menahan diri demi ketenangan negeri ini. Itu bukan berarti mereka akan tinggal diam ketika kalian semua sudah memprovokasi pada tingkat batas titik didih kesabaran.

Mas Prabowo secara pribadi jelas tahu bahayanya seperti apa jikalau hal ini benar-benar terjadi.  Sayangnya, syahwat kekuasaannya lebih tinggi ketimbang resiko kepentingan nasional yang harus dikorbankan. 

Nampaknya, Mas Prabowo CS lebih memilih untuk sama-sama hancur, ketimbang rekonsiliasi yang akan menenangkan republik ini. Ok lah Mas Prabowo CS, silahkan bermanuver sampai ke titik didih dimana pihak lawan Anda tidak mampu lagi menahan kesabaran. 
32
7.2K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.