qqossamAvatar border
TS
qqossam
Prabowo Menang Telak di Aceh
Minggu, 21 April 2019 09:11


BANDA ACEH - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandi menang telak di Aceh setelah memeroleh suara terbanyak di seluruh kabupaten/kota pada Pemilu 2019. Berdasarkan hasil perhitungan real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang ditampilkan di website resmi, untuk sementara Prabowo-Sandi telah meraup suara di atas 80 persen.
Pantauan Serambi hingga pukul 19.30 WIB tadi malam, pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandi telah memperoleh suara sementara sebesar 129.874 atau setara dengan 81 persen. Sementara rivalnya, capres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin meraup suara dari pemilih Aceh sebanyak 30.464 atau setara dengan 19 persen.
Dalam website itu tertulis, KPU baru menghimpun 890 dari 15.615 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Aceh atau setara dengan 5,69965 persen. Progres penghitungan suara yang dilakukan KPU akan terus bertambah seiring bertambahnya scaning form C1 seluruh TPS dari seluruh Aceh dan TPS lainnya di seluruh Indonesia.
Untuk diketahui, update KPU ini berdasarkan hasil scanning formulir C1, lalu diunggah di website KPU lewat situng atau sistem informasi penghitungan suara KPU.
Info terbaru seputar real count perolehan suara capres/cawapres bisa selalu diakses melalui https://pemilu2019.kpu.go.id/#/ /ppwp/hitung-suara/.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo-Sandi di Aceh, Marzuki AR atau yang akrab disapa Wen Rimba Raya mengatakan, menurut data C1 pihaknya di seluruh TPS di Aceh, jumlah suara yang masuk untuk Prabowo-Sandi di Aceh sudah mencapai 87 persen. “Itu KPU belum habis input dari 23 kabupaten/kota, masih berlangsung. Kalau data kita sudah mencapai 87 persen dan itu belum selesai,” katanya.
Dia juga menyayangkan karena partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019 kali ini dipastikan menurun, namun bukan karena keinginan masyarakat sendiri, tapi karena kondisi pelaksanaan Pemilu 2019 yang menurut Wen Rimba Raya sedikit bermasalah. “Keinginan masyarakat untuk memilih tinggi, tapi ada TPS yang tidak cukup surat suara, ada keluhan lain-lain dari pemilih sehingga mereka batal memilih, dan jumlah pemilih berkurang,” kata Marzuki AR.
Dia menambahkan, pihaknya di Aceh yakin, Prabowo akan keluar sebagai pemenang dalam penghitungan akhir KPU RI nantinya. “Sampai sejauh ini kita bicara real count seluruh Indonesia, haqqul yakin Prabowo akan memang. Kita terus berkoordinasi dengan BPN, teman-teman di provinsi lain, insya Allah Pak Prabowo akan jadi pemenang berdasarkan data C1,” katanya, yakin.
Pihaknya, kata Wen ingin proses pemilu ini berjalan apa adanya dan real sesuai fakta. Menurutnya, semua tahapan pemilu ada alur mulai dari penyelenggaraan hingga pencoblosan, perhitungan, hingga rekapitulasi. “Jika alur itu tidak benar, maka hasil akhir itu tidak benar. Kalau alur itu bagus, maka hasil juga bagus. Saya rasa rakyat semua yang akan menilai,” jelasnya.
Atas raihan 81 persen suara dari Aceh untuk Prabowo-Sandi, Marzuki mewakili tim BPP Aceh mengucapkan terima kasih tak terhingga. Menunutnya, ini adalah kemenangan mutlak masyarakat Aceh yang menginginkan perubahan untuk Aceh dan Indonesia ke depan. “Atas raihan suara dari Aceh untuk Prabowo-Sandi, semua masyarakat Aceh memang menaruh harapan besar pada Prabowo-Sandi,” demikian Marzuki AR.


Berdasarkan kalkulasi per wilayah dalam penghitungan real count yang ditampilkan di website resmi KPU (data sementara pukul 19.42 WIB, Sabtu, 20 April 2019), Prabowo-Sandi meraih suara terbanyak di semua kabupaten/kota di Aceh.

Suara terbanyak sementara disumbang dari pemilih di Bener Meriah, mencapai 13.114 suara. Disusul Aceh Selatan 12.483, Pidie Jaya 12.149, Abdya 12.030, Lhokseumawe 11.577, Nagan Raya 10.238, dan sejumlah kabupaten/kota lainnya.

Masih dari sumber data yang sama, suara untuk capres/cawapres 01, Jokowi-Ma’ruf Amin paling banyak disumbang oleh pemilh di Kabupaten Bener Meriah sebanyak 9.342 suara namun berada di urutan kedua setelah Prabowo-Sandi.

Berdasarkan real count sementara KPU di Aceh, sudah bisa dipastikan, pasangan Prabowo-Sandi menang telak di Aceh dan sulit diimbangi oleh pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Namun, secara nasional, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin masih unggul dari pasangan Prabowo-Sandi.

Pantauan Serambi, hingga tadi malam tepat pada pukul 19.46 WIB, secara nasional, Jokowi-Ma’ruf Amin sudah memeroleh suara sebanyak 4.564.384 atau setara dengan 55.04 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi meraup suara sebesar 3.729.126 atau setara dengan 44.96 persen. Selisih sementara suara kedua capres/cawapres sebanyak 835.258 suara.

Hingga berita ini diturunkan tadi malam, real count KPU baru menghimpun suara di 43.293 dari 813.350 TPS atau sekitar 5,32280 persen. Jumlah atau total rekapitulasi suara ini diyakini akan terus meningkat dalam hari-hari ke depan. (dan)


Artikel ini telah tayang di [url=http:][color=#016fba]serambinews.com[/color][/url] dengan judul Prabowo Menang Telak di Aceh, http://aceh.tribunnews.com/2019/04/21/prabowo-menang-telak-di-aceh?page=2.

Editor: bakri





0
2.5K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.