omatsuri.hana
TS
omatsuri.hana
Cioray, Desa dekat Jakarta yang masih belum teraliri listrik
Sudah merata kah pembangunan di negri ini? Bahkan untuk area Jabodetabek



sumber gambar : kompasiana

Bila mendengar kata desa tertinggal, mungkin kamu berfikir tentang sebuah desa nan jauh di sana yang berada di balik rimba hutan dan jauh dari jangkauan pemerintah pusat. Faktanya tak jauh dari timur Jakarta, masih ada desa yg terisolir karena infrastruktur yang buruk dan aliran listrik yang belum memadai. Nama desa tersebut adalah desa Cioray, terletak di kecamatan Klapanunggal, kabupaten Bogor.

Rata-rata mata pencaharian di desa ini adalah peternak dan petani,untuk menjangkau pusat pasar terdekat mereka membutuhkan waktu perjalanan sekitar tiga jam. Belum lagi di tambah keadaan jalanan yang licin dan berbatu. Bahkan terkadang ada babi liar yang siap seruduk kamu yang lagi lengah.




Pabrik Indocement yang lokasi pertambangan nya mengelilingi desa tersebut, sempat memberi bantuan panel-panel surya kepada setiap rumah untuk membantu penerangan di malam hari.

Bila aliran listrik masih baru lahir di desa ini, bisa kah di bayangkan bagaiman tentang sinyal internet atau bahkan sinyal telepon. Jadi informasi dan ilmu pengetahuan masih suatu hal yang sulit di temukan di desa ini.

Padahal desa cioray memiliki potensi wisata karena lokasi nya yang berada di ketinggian dan lokasi nya masih asri oleh pepohonan. Juga banyak terdapat Goa yang indah di desa ini sehingga bisa di jadikan objek wisata olahraga caving.

Dan baru-baru ini akses jalan dari jalan raya Citeureup menuju jalan ke desa terdekat dari Cioray terputus oleh longsor, dan seminggu berlalu penanganan nya belum juga tuntas. Lokasi longsor tepatnya di desa leuwikaret. Desa leuwikaret sendiri merupakan desa terdekat dengan desa Cioray yang jalan desa nya di gunakan oleh masyarakat Cioray jalur mendapatkan kebutuhan-kebutuhan pokok sehari-hari.

Lalu bagaimana dengan kebutuhan pendidikan di sana? Kabarnya para siswi/siswa tingkat SMP harus menginap di desa tetangga agar bisa bersekolah tiap hari nya, karena kalau mereka pulang ke rumah setiap hari akan menghabiskan waktu dan sangat beresiko celaka oleh hewan buas dan track jalan yang tidak mulus.. kalo di bayangkan mungkin seperti nasib si ikal di film laskar pelangi.

Sedangkan untuk tingkat SD di bangun sekolah oleh inisiatif masyarakat setempat yang pengajarnya masih dalam bentuk sukarela.

Anak-anak di desa Cioray tersenyum riang pergi ke sekolah


Harus tetap antusias dong, karena keterbatasan akses pendidikan bukanlah halangan


yang penting kita pergi ke sekolah buat belajar.. semangat belajar !!



Oke well di akhir thread ini, tentu masih jadi sebuah pertanyaan besar..

"kapankah pembangunan Indonesia merata..?"

Mari kita bergotong-royong untuk mewujudkan itu, bila mengandalkan pemerintah pusat ya mati saja lah karena akan kerepotan berharap. (Lagi pula apa guna nya otonomi daerah ??)

Untuk kamu yang berminat untuk berkunjung ke desa ini, barangkali kamu suka hiking sekalian darma bakti. Lokasi nya tidak jauh dari pintu toll citeureup (Jagorawi).

sumber gambar



-----------

PS : Trimakasih untuk kaskuser yang bekerja di PLN sudah responsif dan peduli.. kalian luar biasa..



Quote:


Quote:
Diubah oleh omatsuri.hana 01-05-2019 09:36
Gats66
Gats66 memberi reputasi
17
23.1K
236
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.