salabintAvatar border
TS
salabint
Kreatif, Jaket Ini Terbuat dari Sampah Kampanye Pemilu



Beberapa hari setelah pemilihan umum atau pemilu, sampah spanduk bekas kampanye menumpuk. Ini memunculkan ide kreatif Harits Alfadri Dewanto, seorang seniman yang juga pendiri produk jasa lukis apparel custom Funky Scars. Ia mengubah spanduk-spanduk itu menjadi jaketkolase kece.
Karya pria yang akrab disapa Tejet ini diunggah di akun Instagram @tejyet dan @funkyscars. Jaket itu menggabungkan beberapa logo partai peserta kampanye yang didesain bolak balik. Jaket tanpa kerah ini unisex, bisa digunakan pria maupun wanita. “Sumpah saya lihat jaket ini nggak seperti sampah,” kata @saktylaode mengomentari unggahan itu. 

Tejet mengatakan, ide membuat jaket ini berawal ketika ia melihat pemandangan di kiri kanan jalan yang dipenuhi baliho, poster, dan spanduk yang berisi foto dan nama calon legislatif yang berdampingan dengan logo partai politik. Ia melihat itu seperti tatanan kolase yang mengingatkannya pada salah satu mata kuliah di jurusan desain komunikasi visual.

Keinginannya untuk mengolah sampah kampanye semakin kuat ketika spanduk dan bendera-bendera berlogo partai partai beken itu melukai pohon-pohon pinggir jalan raya, menutupi lampu jalan, menutupi jalur pejalan kaki dan lain sebagainya. Menurutnya, meletakkan atribut kampanye seperti itu mengganggu fungsi fasilitas umum dan estetikanya.

Ia lalu mengambil alat kampanye tersebut, lalu digabungkan seperti kolase untuk menjadi barang fashion. “Jadilah karya pakaian dari limbah spanduk partai ini sebagai solusinya,” kata dia.

Meski banyak peminatnya, Tejet mengaku masih bingung menentukan harga produk daur ulang ini. Sebab, awalnya ia tidak berniat menjual karya ini karena pembuatannya yang rumit. Ia hanya berniat membuat pameran dengan unsur utama ‘limbah visual’ seperti sampah pemiluini. Teknisnya, ia akan berkolaborasi dengan orang yang punya keresahan sama terhadap limbah visual.

“Kami kasih pilihan dari limbah yang mereka sumbangkan bisa menjadi barang seperti jaket, celana, topi, tas, atau mungkin ada ide out of the box yang bisa dipertimbangan secara estetika dan fungsinya,” kata dia, Jumat, 19 April 2019.





Tempo Gaya
0
1.7K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.