salabintAvatar border
TS
salabint
Jawab Keraguan, Perhimpunan Survei Jelaskan Alur Quick Count Pemilu

Ilustrasi Quick Count dalam konferensi pers bertajuk Expose Data Quick Count.


Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi) memberikan penjelasan alur quick count dalam sebuah pemilu, termasuk Pilpres 2019. Penjelasan ini diharapkan bisa menjawab keraguan terkait hasil count lebih unggul paslon 01 Jokowi-Maruf Amin.
Ketua Persepi Philips J menjelaskan seluruh data yang digunakan untuk quick count berasal dari data C1 di TPS. Lembaga survei yang dalam Persepi, kata dia, menggunakan metode random dalam mengambil suara dari TPS.

Lembaga survei mengirimkan relawan ke TPS yang nantinya akan mengirim data C1 ke pusat tabulasi. Jika data diambil dari 2.000 TPS, maka akan ada 2.000 relawan yang bergerak, begitu seterusnya.

“Sebetulnya intinya adalah cuma dari TPS, metodenya itu. Kita TPS,” kata Philips di The Icon Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4).

Philips mengungkapkan standar pengambilan data yang dilakukan pihaknya minimal dari 2.000 TPS. Hal itu untuk menekan margin dari tabulasi suara yang masuk.

“Kita mengambil 2.000 TPS, atau 3.000, atau 4.000 ya kan. Ada yang kita kirim tiap TPS, jadi kita juga memobilisasi ya paling enggak 2.000 orang, nanti dia hanya melaporkan saja penghitungan di TPS, C1 Pleno itu. Difoto, lalu kita ada server-server, tabulasi, sudah,” rinci Philips.

Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi) menggelar konferensi pers bertajuk Expose Data Quick Count Pemilu 2019.



Lembaga survei yang dalam Persepi, kata Philips, tidak khawatir dengan isu negatif yang dilontarkan pihak BPN Prabowo-Sandi. Philips mengatakan hasil quick count dapat dipertanggungjawabkan.

“Jadi kan elitenya membuat distrust, padahal recordkita cukup baik ya. Anggota Persepsi membuat quick count sejak beberapa pilpres yang lalu, dan 2014 juga, termasuk pilkada. Kalau hasilnya baik disukai oleh elite, kalau hasilnya tidak baik tidak bisa dipercaya dan sebagainya,” tandasnya.




Kumparan
1
1.1K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.