berioinfo1Avatar border
TS
berioinfo1
Layanan pesan BlackBerry Messenger (BBM) akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019
Layanan pesan BlackBerry Messenger (BBM) mengumumkan akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019. Hal ini disampaikan oleh BBM melalui keterangan resmi di blognya, Kamis (18/4). Industri teknologi yang terus bergerak dinamis hingga perusahaan sulit memperoleh pengguna baru disebut sebagai salah satu alasan tutupnya aplikasi tersebut. "Kami telah mengerahkan berbagai upaya, banyak pengguna memilih beranjak ke platform lain, sementara pengguna baru sulit untuk didapat," tulis pengumuman tersebut.

Aplikasi BBM semakin meredup setelah sempat berjaya di era 2010-an seiring munculnya aplikasi chatting sejenis dengan aneka fitur yang ditawarkan seperti WhatsApp, Messenger, Line serta WeChat.

Padahal, seiring berkembangnya teknologi serta maraknya aplikasi tersebut, BBM sempat melakukan pembaharuan. Layanan chatting ini semula hanya tersedia pada ponsel Blackberry dengan sistem operasi (OS) BlackBerry. Namun, pada 2013 aplikasi ini melakukan perubahan hingga akhinya bisa digunakan lintas platform untuk ponsel berbasis Android, iOS sertaWindows Phone.

Layanan yang sempat populer beberapa tahun tersebut  tak hanya untuk berkirim pesan, tetapi juga menikmati berbagai konten, hingga membayar aneka tagihan. Namun, dengan kompetisi industri yang semakin sengit, BBM pun akhirnya mengundurkan diri. “Kami mengucapkan terima kasih pada para pengguna, mitra, dan karyawan kami yang telah menjadi bagian dari BBM selama ini. Dukungan Anda sangat berarti bagi kami,” tulis pengumuman BBM.


Quote:


0
1.6K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.