alexa-tracking
Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.59 stars - based on 22 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb9c4c5f0bdb26a375c8110/tikus-munafik
Lapor Hansip
19-04-2019 19:53
Tikus Munafik
Past Hot Thread
Kumpulan Cerpen Bikin Baper


Tikus Munafik



Ilustrasi: Pinterest



*

Suatu hari, seorang wartawan datang ke rumah jubir KPT (Komisi Pemberantasan Tikus). Dia ingin mendengar langsung pendapat sang jubir mengenai jenis-jenis tikus yang berbahaya dan pantas mendapat hukuman.

"Menurut Anda, tikus apa sih yang harus dihukum selain tikus-tikus yang doyan makan uang?"

Sambil tersenyum takzim, si jubir menjawab, "Tikus munafik."

"Apa itu tikus munafik?" tanya si wartawan heran.

"Saya membagi tikus munafik ini menjadi tiga jenis, yakni tikus pengkhianat, tikus pembohong, dan tikus lapar."

Si wartawan itu menunjukkan wajah antusias. "Wow, terdengar menarik istilahnya. Mungkin bisa dijelaskan satu per satu."

"Pertama, tikus pengkhianat. Ini salah satu jenis tikus yang sering ada di sekitar kita. Jadi, saya sarankan jangan percaya pada jenis tikus satu ini. Jangan pernah menaruh harapan padanya. Nanti kamu sakit hati sendiri."

"Kenapa, Anda pernah mengalaminya?"

"Teman saya. Beliau pernah merasakan pahitnya dikhianati, oleh orang terdekat sendiri. Dia percaya pada si pengkhianat karena wajah orang itu sangat manis dan bermulut manis juga."

"Wah, memang ada banyak orang seperti itu. Terlihat baik, tapi nusuk di belakang, " tanggap si wartawan.

Si jubir tersenyum. "Masuk jenis kedua, tikus pembohong. Nah, ini dia tikus pencari kesempatan yang baik. Dia memanfaatkan kebaikan dan kemurahan hati orang untuk mengambil hatinya. Dia kadang datang padamu untuk meminta sesuatu dan memuja prestasimu, tapi sebenarnya itu hanya akal bulus untuk keuntungan dirinya sendiri. Tikus jenis ini juga mudah terpengaruh alias tidak bisa setia."

Si wartawan manggut-manggut sambil mencatat di-note hal-hal yang penting.

"Sisa satu jenis, saya penasaran dengan jenis terakhir ini. Tikus lapar, gimana tuh?"

Si jubir tertawa kecil, merasa lucu dengan istilah yang diciptakannya sendiri.

"Jadi, tikus lapar ini sebenarnya istilah yang saya ciptakan karena teringat dengan orang yang sering ke rumah saya dulu. Dia kalau datang ke rumah itu nggak pernah tidak lapar. Setiap saya dan ibu menyediakan makanan di meja, pasti dia habiskan. Sebenarnya, kami itu ikhlas. Cuma, gini loh. Bukannya tidak tahu diri namanya kalau dia sering diberi makan, tapi ujung-ujungnya berlagak sok seakan kami nggak pernah berbuat baik pada dia, parahnya minta nambah lagi. Itu kan tikus kelaparan namanya. Mirip sama tikus-tikus kantor itu lah."

Si wartawan manggut-manggut. "Jadi, menurut Anda, ketika jenis tikus ini wajib dijauhi, dihukum, dibenci atau gimana?"

Si jubir menggeleng. "Tidak perlu."

Wartawan mengernyit bingung. "Loh kenapa? Bukannya mereka ini penyakit dan harus dihukum?"

"Tikus munafik ini ada tempat hukumnya sendiri, dan bukan hak manusia menghukumnya. Tahu Jahanam?"

Wartawan mengangguk refleks.

"Nah, itulah tempat hukuman terbaik untuk tikus munafik ini."


-Tamat-


Indeks Link Cerpen Lainnya
Diubah oleh mbakendut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
peggimiru dan 47 lainnya memberi reputasi
48
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 26
19-04-2019 22:24
oh tikus.. ku doakan kau cepat mampus! di bakar api neraka sampe hangus!
profile-picture
janeeta97 memberi reputasi
1
20-04-2019 05:37
Sungguh malang nasib tikus
profile-picture
Adrian507 memberi reputasi
2
20-04-2019 08:01
Quote:Original Posted By joyanwoto
oh tikus.. ku doakan kau cepat mampus! di bakar api neraka sampe hangus!


Tikus akan mendapatkan balasan yang setimpal di akhirat😏
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adnanami dan 4 lainnya memberi reputasi
5
20-04-2019 08:02
Quote:Original Posted By AnisMo
Sungguh malang nasib tikus


Tikus munafik yee😅
profile-picture
adnanami memberi reputasi
2
20-04-2019 10:47
Kumpulan Cerpen di sini, jangan buat cerpen di thread lain. Kalau bisa jangan Lama-lama langsung tambahkan cerpennya. Kalau enggak bisa kena gembok loh
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan mamaproduktif memberi reputasi
3
21-04-2019 17:27
haiss, bawa2 tikus, jadi inget julukanku sendiri : yeniemouse 😄😄
profile-picture
profile-picture
evywahyuni dan mamaproduktif memberi reputasi
2
21-04-2019 18:20
Quote:Original Posted By bekticahyopurno
Kumpulan Cerpen di sini, jangan buat cerpen di thread lain. Kalau bisa jangan Lama-lama langsung tambahkan cerpennya. Kalau enggak bisa kena gembok loh


Siap
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
21-04-2019 18:22
Quote:Original Posted By YenieSue0101
haiss, bawa2 tikus, jadi inget julukanku sendiri : yeniemouse 😄😄


Tikus yang ini tikus munafik😆
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
2
21-04-2019 18:41
Quote:Original Posted By mbakendut
Tikus yang ini tikus munafik😆


Aku enggak loh ya
0
21-04-2019 18:55
Indeks Link Cerpen
Indeks Link Cerpen Lainnya
Diubah oleh mbakendut
0
21-04-2019 19:13
Tikusmu nafik
Tikusku nafak
emoticon-Ngacir
0
21-04-2019 19:14
Ini awalnya ya mbak
0
21-04-2019 19:18
Quote:Original Posted By mbakendut
Tikus akan mendapatkan balasan yang setimpal di akhirat😏

Kisahnya pendek banget, kurang konflik.

Quote:Original Posted By bekticahyopurno
Kumpulan Cerpen di sini, jangan buat cerpen di thread lain. Kalau bisa jangan Lama-lama langsung tambahkan cerpennya. Kalau enggak bisa kena gembok loh

Bagusnya buat kisah si Tikus bagian kedua, kan tadi di atas di bahas 3 macam tikus, itu aja bisa dibuatkan cerita lanjutannya biar trit jadi panjang.
Ini usulan aja, bang
0
21-04-2019 19:34
Keren nih satire
0
21-04-2019 19:39
Quote:Original Posted By irazz1234
Tikusmu nafik
Tikusku nafak
emoticon-Ngacir


Oh ya😆
0
21-04-2019 19:40
Quote:Original Posted By trifatoyah
Ini awalnya ya mbak


Ini semacam satire sih. Ya, udah selesai sampai di situ. Nanti bakal ada thread lanjutan buat kisah yang lain
0
21-04-2019 19:42
Quote:Original Posted By evywahyuni
Kisahnya pendek banget, kurang konflik.


Konfliknya itu yang seperti apa bagusnya?

Bagusnya buat kisah si Tikus bagian kedua, kan tadi di atas di bahas 3 macam tikus, itu aja bisa dibuatkan cerita lanjutannya biar trit jadi panjang.
Ini usulan aja, bang
0
22-04-2019 06:58
poli-tikus emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
IztaLorie memberi reputasi
3
22-04-2019 08:58
yups jahanam tempatnya
1
22-04-2019 17:35
jadi terinspirasi bikin tulisan tentang tikus juga nih 😄
1
Halaman 1 dari 26
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
detektif-ega
Stories from the Heart
tamat-lie-love-in-elegy
Stories from the Heart
senandung-black-n-blue
Stories from the Heart
misteri-jodoh
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.