alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb9856cc342bb1fa86b5c8d/prabowo-disebut-berpotensi-mengalami-gangguan-kejiwaan
Lapor Hansip
19-04-2019 15:23
Prabowo Disebut Berpotensi Mengalami Gangguan Kejiwaan
GIF

Jakarta: Prabowo Subianto berpotensi mengalami gangguan kejiwaan. Indikasi itu terlihat ketika Prabowo ngotot dirinya memenangi Pilpres 2019 dan tiga kali mendeklarasikan kemenangan.

Pakar psikologi politik Universitas Indonesia Hamdi Muluk menjelaskan gangguan kejiwaan semacam itu disebut delusi. "Delusi itu, orang yang sulit menerima realita. Kecuali realita itu cocok dengan apa yang dia khayalkan," kata Hamdi kepada Medcom.id, Jumat, 19 April 2019.
Prabowo ogah memercayai hasil quick count lembaga survei yang menunjukkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin lebih unggul. Prabowo kukuh menang sesuai hasil penghitungan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno.

Kecenderungan delusi muncul karena Prabowo tak mau menerima kenyataan. Ia mengklaim meraup 77,94 persen suara berdasarkan real count BPN hingga pukul 22.00 WIB malam, Kamis, 18 April 2019. Kenyataannya, lembaga survei kredibel jelas menunjukkan kemenangan Jokowi-Ma'ruf.

"Nah, masalahnya, Bapak ini kan ngotot. Dia bilang data yang benar adalah real count-nya dia," ujar dia.

BPN, terang Hamdi, seharusnya terbuka dan berani membandingkan hasil real count BPN dengan lembaga survei lainnya. Validitas real count BPN wajar dipertanyakan bila tak pernah ditunjukkan kepada publik. Keterbukaan BPN sebenarnya bisa menunjukkan kubu Prabowo menjalankan demokrasi yang benar.

"Kalau Anda bilang menang, tapi tidak ada basis konsesus validation-nya itu namanya konyol. Dan Anda yakini itu sebagai kebenaran dan Anda hidup di dalamnya. Itu disebut delusi. Kalau delusi itu menetap, itu ciri gangguan kejiwaan," tekan Hamdi.

Penyakit Lima Tahunan

Di sisi lain, Hamdi juga menilai gangguan delusi politik Prabowo merupakan penyakit lima tahunan. Deklarasi kemenangan serupa juga pernah dilakukan pada 2014. Prabowo mendeklarasikan kemenangan dan melakukan sujud syukur.

"Karena ini siklus lima tahun, belum tentu masalah kepribadian yang sudah menetap dan sebagai gangguan jiwa delusional itu. Tapi paling tidak, menurut pandangan saya ini bisa kita sebut delusi politik Prabowo," ucap dia.

Hamdi menjelaskan yang harus dikhawatirkan dan disoroti dari delusi politik Prabowo ialah penularan gangguan delusi kepada masayrakat dan pendukung. Ia mengatakan jika delusi hanya terjadi pada satu orang tidak masalah. Namun, akan menjadi masalah besar bagi negeri ini ketika banyak orang terjangkit delusi.

"Menurut Saya, kalau dia delusi secara pribadi ini enggak terlalu masalah. Tapi ini, menjangkiti banyak orang dan pengikutnya, kemudian membuat penyakit ini menjadi penyakit kolektif," ujar dia.


Hamdi menjelaskan dalam ilmu psikologi, ada yang disebut narsisme kolektif. Gangguan delusi bersifat narsisme kolektif bisa membahayakan negara.

Dalam psikologi, massa yang mengalami ganguan delusi dan sifatnya berjemaah akan membuka kemungkinan melakukan aksi berjamaah. Aksi tersebut juga membuka kemungkinan merusak (destruktif) dan anarkis.

"Ini bisa dipakai sebagai delegitimasi terhadap KPU. Dari KPU menjalar ke delegitimasi terhadap pemerintahan. Kalau ini terdelegitimasi semua, ada alasan untuk mengambil alih," beber dia.

wkwkwk

22
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 5
19-04-2019 17:30
sepertinya memang sudah jadi masalah kejiwaaan
tidak bisa menerima kenyataan dan parahnya itu turun ke para pendukungnya, kampret memang tolol permanen
1
19-04-2019 18:01
Udah beneran gila ini mah bukan berpotensi lagi
1
19-04-2019 18:02
Quote:Original Posted By lexarrio


Belaga gila?



Kok belaga gila rame-rame? Kalo gila beneran, ini semua orang gila jadinya?

Inget loh, bukan cuma si wowo doang. Ya rizieq juga ikut-ikutan. Tuh fotonya ditaro di kanan.

Nasbung kroco yang kemakan sama taktik ini juga memang ga sedikit. Liat komen-komennya, yang bilang curang banyak, tapi ga pernah kasih bukti curang kayak gimana.

Kelompok ini emang berniat habis-habisan ngerusak nih negara. Udah mulai ga lucu lagi. Ga kurangan dari mereka yang blak-blakan bilang pengen Mei 98 terulang lagi. Jadi jangan kasian sama kelompok ini.


o itu foto riziq? gw kira sinterklas emoticon-Ngakak
1
19-04-2019 18:06
mungkin dia butuh belaian wanita...
emoticon-Entahlah
0
19-04-2019 18:10
potensi apanya? udah dari 2014, sujud syukur jilid pertama, 5 tahun lagi jilid ke 2 dan beneran terjadi kemaren. emoticon-Wkwkwk
1
Lapor Hansip
19-04-2019 18:14
Balasan post lexarrio
Quote:Original Posted By lexarrio


Belaga gila?



Kok belaga gila rame-rame? Kalo gila beneran, ini semua orang gila jadinya?

Inget loh, bukan cuma si wowo doang. Ya rizieq juga ikut-ikutan. Tuh fotonya ditaro di kanan.

Nasbung kroco yang kemakan sama taktik ini juga memang ga sedikit. Liat komen-komennya, yang bilang curang banyak, tapi ga pernah kasih bukti curang kayak gimana.

Kelompok ini emang berniat habis-habisan ngerusak nih negara. Udah mulai ga lucu lagi. Ga kurangan dari mereka yang blak-blakan bilang pengen Mei 98 terulang lagi. Jadi jangan kasian sama kelompok ini.


45% warga indonesia gila, bisnis pskiater bakalan maju.
1
19-04-2019 18:34
ngeri om wowo masih belom legowo aja
0
19-04-2019 18:44
kata siapa berpotensi???
sudah dari dulu itu...
1
19-04-2019 19:02
wong sarap .. hati2 bro kebayang ga kalau presiden kita sarap ... yg ada malah melarat rakyate
2
19-04-2019 19:04
bukan berpotensi emang udah ngalamin gangguan jiwa,,, coba kalo orang waras mana ada ngotot banget pengen menang
2
19-04-2019 19:10
Megalomania... Jelas itu!
Normalnya keluarga, ada masalah kumpul bareng, anak, istri, suami, dll... Ini yg kumpul penjilat semua, orang2 udah menikmati enaknya duit prabowo.
Ngoceh dikit menyerang sebelah, dilempar segepok, semakin ngoceh semakin banyak. Itu sebabnya sandiaga manyun abis.
4
19-04-2019 19:25
btw, kl nyapres gt ada psikotesnya ga sih ya?
2
19-04-2019 19:38
kasian sandi
0
19-04-2019 19:40
Quote: Ia mengklaim meraup 77,94 persen suara berdasarkan real count BPN hingga pukul 22.00 WIB malam, Kamis, 18 April 2019. 


Ga sekalian 100%???

emoticon-Wow
2
19-04-2019 19:41
kesian emoticon-Big Grin
0
19-04-2019 19:56
Harus ada yang setop Pak Prabowo, tolonglah siapapun berani menyadarkan beliau.
1
19-04-2019 20:00


Prabowo Disebut Berpotensi Mengalami Gangguan Kejiwaan

Prabowo sudah menang yaa akhi yaa ukhti
0
19-04-2019 20:06
Quote:Original Posted By rafkhov


Prabowo Disebut Berpotensi Mengalami Gangguan Kejiwaan

Prabowo sudah menang yaa akhi yaa ukhti


Prabowo Disebut Berpotensi Mengalami Gangguan Kejiwaan

Prabowo Disebut Berpotensi Mengalami Gangguan Kejiwaan
1
19-04-2019 20:15
wah dibahas TS di lounge nih delusi
0
19-04-2019 20:21
Makanya Bang Didit pulang...
dampingi bapaknya...
0
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.