alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb5887282d49572cd07817f/4-pemimpin-terlama-dunia-yang-akhirnya-digulingkan-oleh-rakyat-di-negerinya-sendiri
Lapor Hansip
16-04-2019 14:46
4 Pemimpin Terlama Dunia yang Akhirnya Digulingkan Oleh Rakyat di Negerinya Sendiri
Past Hot Thread
4 Pemimpin Terlama Dunia yang Akhirnya Digulingkan Oleh Rakyat di Negerinya Sendiri

Tak ada kekuasaan yang abadi. Agaknya, kata-kata barusan sangat cocok disematkan untuk para pemimpin dunia yang dahulu pernah berkuasa dalam jangka waktu yang lama. Meski banyak dari rakyat masing-masing pemimpin yang mendukung posisinya, toh keberadaan mereka juga tak bertahan selamanya.

Hal ini pun terjadi hampir di seluruh penjuru negara dunia. Termasuk juga Indonesia. Mereka yang dianggap bertahta terlalu lama, sukses digulingkan oleh sekelompok orang yang notabene merupakan rakyatnya sendiri. Jika pada awalnya dielu-elukan, para pemimpin itu malah terjungkal dari kekuasaan lewat people power. Siapa sajakah mereka?

Hasil kudeta berdarah yang kembali menimpa mantan pemimpin Libya Muammar Gaddafi

4 Pemimpin Terlama Dunia yang Akhirnya Digulingkan Oleh Rakyat di Negerinya Sendiri

Sebelum memerintah Libya selama 42 tahun lamanya, Moammar Muhammad Abu Minyar al-Gaddafi terlebih dahulu melakukan kudeta terhadap Raja Idris pada 1969 silam. Laman internasional.kompas.com, pria yang merupakan anak dari seorang peternak miskin ini, pada akhirnya naik ke tampuk kekuasaan sebagai pemimpin revolusi Republik Arab Libya pada 1969-1971.

Setelah hampir berkuasa selama 42 tahun, banyak dari pihak oposisi yang gerah dan berniat menjungkalkan dirinya dari tampuk kepemimpinan Libya. Alhasil, perang sipil antara kubu yang pro dan kontra mulai berkobar pada 2011. Dengan bantuan NATO, Gaddafi akhirnya sukses diruntuhkan oleh kekuatan rakyat yang disokong oleh para pemberontak. Mirisnya lagi, Gaddafi yang telah terjungkal di eksekusi secara terbuka setelah tempat persembunyiannya di saluran pipa air terungkap.

Ferdinand Marcos dari Filipina yang terjungkal dan meninggal dunia di pengasingan

4 Pemimpin Terlama Dunia yang Akhirnya Digulingkan Oleh Rakyat di Negerinya Sendiri

Sebagai penguasa yang bertahta di Filipina pada 1965 hingga 1986, Ferdinand Marcos banyak dianggap sebagai diktator oleh sebagian masyarakat di negaranya sendiri. Padahal, ada banyak prestasi yang ia torehkan selama berkuasa di wilayah yang merupakan bekas jajahan Spanyol tersebut. Sebagai pemimpin, Marcos banyak mengimplementasikan sejumlah program pembangunan infrastruktur dan reformasi pertanian.

Namun di sisi lain, banyak terjadi praktik-praktik terselubung di dalam pemerintahannya sendiri. Laman irishtimes.com menuliskan, ada banyak ribuan orang turun ke jalanan memenuhi seantero Filipina untuk menggulingkan kekuasaan Marcos. Hal ini ditengarai banyaknya kasus korupsi, nepotisme, kolusi, represi terhadap lawan politik, dan pelanggaran HAM. Marcos yang berhasil diturunkan dari posisinya, akhirnya lari ke pengasingan di Hawaii, AS hingga menjelang ajal pada 28 September 1989.

Kekuatan reformasi rakyat Indonesia yang sukses meruntuhkan kekuasaan Soeharto

4 Pemimpin Terlama Dunia yang Akhirnya Digulingkan Oleh Rakyat di Negerinya Sendiri

Sebagai penggagas Orde Baru yang sukses menggantikan Orde Lama Sukarno, Soeharto menjadi orang terkuat di Indonesia yang akhirnya naik menjadi Presiden selama 32 tahun lamanya. Segera setelah dirinya berkuasa, beragam prestasi seperti swasembada pangan, dan pembangunan, banyak dilakukan oleh pemerintahannya.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, banyak dari masyarakat yang mulai jengah dan menuntut penurunan dirinya. Menurut Direktur Eksekutif Respublica Political Institute (RPI), Benny Sabdo yang dikutip dari nasional.kompas.com menuliskan, selama kepemimpinan Presiden Soeharto pada era Orde Baru, Indonesia jauh dari ciri-ciri negara yang berdemokrasi karena dominasi militer saat itu yang sangat kuat. Hingga pada akhirnya, kekuatan rakyat yang didominasi oleh mahasiswa pada 1998, menjadi gelombang besar dan sukses meruntuhkan Orde Baru dan Soeharto.

Hosni Mubarak yang digulingkan rakyat Mesir setelah 30 tahun memimpin

4 Pemimpin Terlama Dunia yang Akhirnya Digulingkan Oleh Rakyat di Negerinya Sendiri

Latar belakang sebagai perwira militer di Mesir, membuat seorang Hosni Mubarak menjadi salah satu figur yang menonjol di negeri Piramida tersebut. Dikutip dari laman internasional.kompas.com, ia sempat menjadi panglima AU Mesir pada 1972-1975 dan ditunjuk sebagai wakil presiden. Pada 14 Oktober 1981, ia berhasil menjadi presiden dan berkuasa hingga 30 tahun lamanya.

Gerakan Arab Spring yang berhembus kencang di seantero Timur Tengah, menjadi awal terguncangnya pemerintahan Hosni Mubarak. Terlebih, kondisi ekonomi yang kian memburuk dan banyak rakyat berunjuk rasa secara besar-besaran di jalanan, membuat kekuasaan akhirnya dikendalikan oleh Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata. Wakil Presiden Omar Suleiman mengumumkan bahwa Hosni Mubarak mundur dari jabatan presiden pada 11 Februari 2011. Mirisnya, kejaksaan juga memerintahkan penahanan Mubarak dan kedua putranya selama 15 hari dengan tuduhan melakukan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.

Jika dilihat dari rekam jejak yang ada, durasi kepemimpinan dari penguasa di atas rata-rata lebih dari 10 tahun. Tentu saja, ada berbagai faktor yang akhirnya sukses menumbangkan kekuasaan mereka yang dianggap ‘tak adil’ bagi sebagian masyarakat lainnya. Hal ini pun seolah menjadi peringatan bagi kita semua, bahwa mereka yang berkuasa lebih dari 10 tahun lamanya, rentan menjadi sasaran politik yang bisa menimbulkan kerusuhan dan gejolak pada masyarakat.
Diubah oleh kaskus.infoforum
10
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 6
18-04-2019 15:28
kelamaan memimpin negara ujung ujung nya lari ke korupsi

yg bersih cuma Mahathir muhamad ya yg bersih dan dia turun secara konstitusii

emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2
0
18-04-2019 15:30
Quote:Original Posted By vestycide
You got it raf !
Tumben ente sepaham sama ane ...
Cendol sent


Emang kapan kita pernah berselisih??
1
18-04-2019 15:31
rezim emoticon-Ngacir
0
18-04-2019 15:31
Quote:Original Posted By rafkhov
Emang kapan kita pernah berselisih??


Almost all the time.
Hampir di beberapa thread.
Ga sepaham bukan berarti berselisih bre ...

Asek assek
Diubah oleh vestycide
0
18-04-2019 15:34
Quote:Original Posted By vestycide
Almost all the time.
Hampir di beberapa thread.
Ga sepaham bukan berarti berselisih bre ...

Asek assek


Gak salah orang???
0
18-04-2019 15:38
Quote:Original Posted By rafkhov
Gak salah orang???


Gaaa
Ada berapa biji id sih yang kek id ente ?
Barbuk juga masih ada.
Hedehhh.
Forget it lah.
Jadi chit-chat dimari.
Thread punya orang ini.
2
18-04-2019 15:41
Quote:Original Posted By extreme78
lha mene ane tehe bre...ane tidur pke tiker doangemoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)


Ya sama gan ane cm pake sarung doang emoticon-Frown makanya ane mau beli ini emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
1
18-04-2019 15:48
Quote:Original Posted By extreme78


itu merk sebuah tempat tidur yg berasal dari arab ganemoticon-Embarrassment


emoticon-Leh Uga
1
18-04-2019 15:49
libya malah makin ancur ditinggal gaddafi emoticon-Takut
0
18-04-2019 15:50
Bukan lebih dr 10 tahun, tp lebih dr 20 tahun.. Di indonesia jg aturannya ga boleh lebih dr 10 tahun aka 2 periode.. Suharto diturunin gara2 kebijakan ekonominya yg bikin krismon, rakyatnya jd kelaparan.. Perut kosong akal sehat hilang.. Rata2 pemimpin2 tsb turun gara2 negaranya kena krisis..
0
18-04-2019 15:50
Quote:Original Posted By death.valley
Di planet C-53 distrik +62 Apakah akan terjadi kembali? We will see emoticon-Ngakak


Liat debat trakhir kmrin di bandingin trus sama kejayaan tahun 98
0
18-04-2019 16:05
nasib tak terelakan para diktator emoticon-Hammer2
0
18-04-2019 17:22
Pas baca judulnya, Ane udah tahu siapa salah satunya...
emoticon-Hammer2
0
18-04-2019 17:27
Quote:Original Posted By oomandre
piye kabare le.. penak jaman sopo?


Enak sekarang donk Gan... Tiket pesawat murah...
emoticon-Goyang
1
18-04-2019 17:38
Quote:Original Posted By oomandre
piye kabare le.. penak jaman sopo?


penak skrng, dulu ane gak punya tipi, gak punya motor, gak punya telpon, masak mie instan 1 dibagi 4 orang
0
18-04-2019 18:12
wadaw....
0
18-04-2019 19:03
Quote:Original Posted By cipokan.yuk
piye kabare?? udah saya beri tau jgn percaya sm menantuku. terbukti kan? ngoahahaha


Anak putus sekolah loyalis kuwi nih bruakakak
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
18-04-2019 22:10
ben ali dari tunisia malah berkuasa sedikit lebih lama dari marcos en dia singkirkan habib bourgiba (diktator yang sakit-sakitan) tahun 1987 en berkuasa sampai rakyat bikin dia nungging tahun 2009 pas arab spring. habis itu dia kabur ke saudi sama seperti rizik syihap alasannya mau umroh. sekarang dia sama isterinya sering kelihatan di paris en marrakech. kalau jumatan dia beberapa kali ada di mesjid paris (place du puits de l’ermite) di paris5 (mesjid yang imamnya gay)

shah iran malah lebih lama lagi dari 1941 sampai 1979 saat disingkirkan oleh revolusi iran yang selanjutnya mengangkat diktator baru sampai sekarang dari kalangan ulam
Diubah oleh kingoftki
0
18-04-2019 23:06
Ya beginilah klo udah ga nurut lagi ama kapitalis ya siap2 dilengserkan
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.