kaskus.podcastAvatar border
TS
kaskus.podcast
Tradisi Mistis di Nusantara, Hilang atau Semakin Berkembang?

Indonesia kaya akan keanekaragaman seni dan budaya, oleh karenanya banya sekali kesenian tradisional yang lahir dari kebudayaan Indonesia. Kesenian yangi saat ini terus terjaga, karena warisan terus diajarkan secara turun-temurun dari zaman nenek moyang. Oleh karena itu Agan dan Sista tetap bisa melihat warisan bangsa tersebut yang masih terus ditampilkan. Bahkan kesenian mistis pun masih bisa gansis lihat di berbagai belahan daerah di Indonesia.


Kesenian mistis sebuah kegiatan yang terlihat aneh dan penuh misteri, tapi lucunya terkadang saat melakukannya mereka mengkaitkan dengan keyakinan Islam. Diawali oleh sebuah ritual berupa doa dan dzikir. Tentu saja kesenian mistis sekarang lebih berkembang menjadi ilmu kanuragan atau silat, ada beberapa kanuragan yang sangat terkenal dalam dunia persilatan, yaitu aliran ilmu hitam dan ilmu putih.


Munculnya kesenian-kesenian ini tentunya memiliki rahasia tersendiri yang diyakini tidak lepas dari kepercayaan animisme dan dinamisme di masa lampau. Bahkan, bentuk-bentuk kepercayaan tersebut masih tergambar dalam setiap pertunjukan kesenian di Indonesia saat ini.

 


Dengerin Kamis Misteri kali ini “Beberapa Kesenian Indonesia yang Berbau Mistis” hanya di Kaskus Podcast


podcast-episode

emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut


5
5.7K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.