News
Batal
KATEGORI
link has been copied
69
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb7bc07a2d195585e14a1cc/quotdeja-vuquot-klaim-menang-prabowo-sujud-syukur-hingga-momen-pilpres-2014
JAKARTA, KOMPAS.com - Momen Pilpres 2014 ketika calon presiden Prabowo Subianto mengklaim kemenangan dan melakukan sujud syukur kembali terulang pada Pilpres 2019. Seperti pengulangan atau deja vu, pada 2014 lalu, Prabowo yang berpasangan dengan Hatta Rajasa melakukan sujud syukur usai memantau hasil hitung cepat atau quick count sejumlah lembaga survei. Ada empat lembaga survei yang saat itu meme
Lapor Hansip
18-04-2019 06:51

"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014

"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen Pilpres 2014 ketika calon presiden Prabowo Subianto mengklaim kemenangan dan melakukan sujud syukur kembali terulang pada Pilpres 2019.

Seperti pengulangan atau deja vu, pada 2014 lalu, Prabowo yang berpasangan dengan Hatta Rajasa melakukan sujud syukur usai memantau hasil hitung cepat atau quick count sejumlah lembaga survei.

Ada empat lembaga survei yang saat itu memenangkan Prabowo-Hatta, yakni Jaringan Suara Indonesia (JSI), Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis), Lembaga Survei Nasional (LSN), dan Indonesia Research Center (IRC).

Sementara hasil hitung cepat lembaga survei lainnya menunjukkan kemenangan untuk Joko Widodo (Jokowi) yang saat itu berpasangan dengan Jusuf Kalla.

Namun, Prabowo hanya berpegang pada empat hasil hitung cepat yang memenangkannya dan mengenyampingkan hasil dari lembaga lain.

"Saudara-saudara sekalian, sebangsa setanah air, teman-teman media, kami dari Koalisi Merah Putih memantau dan mengumpulkan keterangan yang masuk dari quick count sejumlah lembaga survei dan dari lembaga survei yang kami gunakan sebagai acuan," kata Prabowo di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (9/7/2014).

Baca juga: Klaim Menang, Prabowo Sujud Syukur Tanpa Sandiaga

"Kami bersyukur bahwa semua keterangan yang masuk menunjukkan bahwa kami, pasangan nomor urut satu, Prabowo-Hatta, mendapat dukungan dan mandat dari rakyat Indonesia," tambah dia.

Setelah menyampaikan pernyataan, Prabowo melakukan sujud syukur di lantai semen pelataran rumah. Aksi itu diikuti oleh Hatta Rajasa, Aburizal Bakrie, dan beberapa rekan koalisi lainnya selama sekitar 7 detik.

Sontak saja seisi rumah langsung riuh meneriakkan Allahu Akbar. Setelah itu, mereka juga menyanyikan yel-yel kemenangan Prabowo-Hatta.

Namun, hitung cepat empat lembaga survei yang dijadikan acuan oleh Prabowo itu ternyata salah. Hitungan resmi Komisi Pemilihan Umum menunjukkan pasangan Jokowi-JK sebagai peraih suara terbanyak Pemilu Presiden 2014.

Pasangan itu meraih kemenangan 70.997.85 suara (53,15 persen). Jumlah itu berselisih 8.421.389 suara dari pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, yang meraih 62.576.444 suara (46,85 persen).

De Javu Pilpres 2019

Aksi sujud syukur kembali dilakukan oleh Prabowo di tempat yang sama pada Rabu (17/4/2019) malam. Kali ini jumpa pers dan aksi sujud syukur dilakukan di atas panggung merah yang ada di depan rumah di Jalan Kertanegara, Kebayoran Lama.

Namun, kali ini Prabowo tidak mengklaim kemenangannya berdasarkan hasil hitung cepat. Prabowo kali ini mengklaim kemenangan berdasarkan hasil hitungan manual atau real count yang dilakukan tim internalnya.

Prabowo mengklaim hitungan riil internal menunjukkan dirinya bersama calon wakil presiden Sandiaga Uno telah memperoleh suara sebesar 62 persen.

"Ini adalah hasil real count dalam posisi lebih dari 320.000 TPS," kata Prabowo disambut sorak sorai para pendukung yang hadir di lokasi.

Baca juga: Klaim Menang Pilpres, Prabowo Sujud Syukur

Ketua Umum Partai Gerindra itu meyakini angka kemenangan 62 persen ini tak akan banyak berubah karena berdasarkan perhitungan manual di 40 persen TPS. Ia pun lalu mengajak para pendukungnya sujud syukur atas kemenangan ini.

"Saya sebagai muslim ingin menutup dengan mengumandangkan takbir dan sesudah itu sujud syukur," kata Prabowo.

Mantan Danjen Kopassus itu pun lalu langsung sujud syukur di atas panggung selama sekitar 10 detik. Aksi itu diikuti oleh para pendukungnya.

Hasil Quick Count Lembaga Survei

Namun klaim kemenangan Prabowo ini berbeda dari hasil quick count sejumlah lembaga survei. Hasil hitung cepat dari sepuluh lembaga survei menunjukkan Jokowi-Ma'ruf unggul dengan selisih sekitar 10 persen.

Hasil hitung cepat Litbang Kompas misalnya. Dengan sampel masuk 97 persen, Jokowi-Ma'ruf unggul dengan 54,52 persen. Adapun Prabowo-Sandi 45,48 persen.

Namun, hasil hitung cepat memang bukan hasil resmi. KPU akan melakukan rekapitulasi secara berjenjang untuk menetapkan pemenang Pilpres 2019.

Tanpa Sandiaga

Hal yang juga berbeda pada momen kali ini dibanding 2014 adalah ketidakhadiran cawapres. Lima tahun lalu Prabowo sujud syukur ditemani oleh cawapresnya Hatta Rajasa.

Namun, klaim kemenangan dan aksi sujud syukur kali ini tak diikuti oleh cawapres Sandiaga Uno. Padahal, Sandiaga ada di dalam rumah Prabowo.

Saat Prabowo dua kali menyampaikan keterangan kepada media, Sandiaga tidak ikut keluar dan mendampingi. Tak diketahui pasti alasan mantan Wakil Gubernur DKI jakarta itu memilih tetap berada di dalam rumah.

Salah satu tim Sandiaga, Yuga Aden, menyebut Sandiaga tak ikut ke luar mendampingi Prabowo karena sedang sakit.

"Pak Sandiaga istirahat di dalam, lagi enggak enak badan. Dari sore sampai sekarang cegukan terus, sampai sekarang nggak putus-putus," kata Yuga.

Baca juga: Tersenyum dan Lambaikan Tangan, Sandiaga Tinggalkan Kediaman Prabowo

Namun, Jubir Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Ferdinand Hutahaean, menyampaikan keterangan berbeda. Menurut Ferdinand, Sandiaga dalam kondisi sehat. Hanya saja, ia sedang berdiskusi dengan tokoh mulai dari purnawirawan dan ulama.

"Lagi diskusi dengan banyak tokoh, Bang Sandi sehat," tegas Ferdinand.

Sandiaga baru keluar dari rumah Prabowo pukul 22.46 WIB. Saat itu, Prabowo sudah pulang lebih dulu ke rumahnya di Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Sandiaga bersama sang istri, Nur Asia pergi dengan menggunakan mobil Nissan X-Trail berwarna hitam. Dari dalam mobil, Sandiaga hanya melempar senyum dan melambaikan tangan kepada para pendukungnya yang masih menunggu.

Sandiaga tidak memberikan pernyataan apa pun kepada awak media.

https://nasional.kompas.com/read/201...n-pilpres-2014

Untuk yg baru tahun ini mengikuti pilpres, sekarang kalian tau kan sejarahnya hoax yg luar biasa dari para kampret selama ini, yg dulu nasbung. Persis seperti saat ini, ada calon dan pendukungnya yang ndak terima kalah.

Jadi setelah ini, jangan tertipu ndak usah ngasih hati ke kampret, karena dah tau kan kelakuan biadab mereka selama hampir 5th ini walaupun dlu Jkw jg sudah sah jd Presiden.

Ini bukan provokasi tapi realita emoticon-Wkwkwk


"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014

"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 4
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
18-04-2019 07:06
Quote:Original Posted By mituwet
Coba cara pikir lu di balik bre, 2014 ane salah satu yg pertama bikin thrit perdamaian di kaskus stelah kemenangan Jkw, dan lu liat kelakuan kampret slama ini? Dan satu lagi, lu kira pendukung Jkw sdikit?? Tp siapa kmarin yg deklarasi kemenangan?


Bukan masalah sedikit-banyak gan. Pendukung wowo itu kaum ekstrimis
2 0
2
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
18-04-2019 07:07
akhirnya foto legendaris dan epic muncul juga emoticon-Ngakak
0 0
0
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
18-04-2019 07:07
Quote:Original Posted By mituwet
Coba cara pikir lu di balik bre, 2014 ane salah satu yg pertama bikin thrit perdamaian di kaskus stelah kemenangan Jkw, dan lu liat kelakuan kampret slama ini? Dan satu lagi, lu kira pendukung Jkw sdikit?? Tp siapa kmarin yg deklarasi kemenangan?


Ayo lah harusnya ente udah paham, satu2nya jalan buat kerusuhan yg bs ditempuh.

Percaya sama gw, negara kondisi perang terpecah belah suatu kondisi yg bisa buat lu dan keluarga lu kelaparan. Belajarlah menahan diriemoticon-Embarrassment
0 0
0
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
18-04-2019 07:07
Quote:Original Posted By hainserr
udah lah jangan manes2in lg. itu prabowo punya pendukung gk sedikit.
lu mau jadi provokator? lu mau liat sesama anak bangsa jadi bacok2an?

stupid, belajar dewasalah sedikit
.
.
.
KAMPANYE TELAH USAI


Udah kalah masih sombong emoticon-Leh Uga

Iye wowo punya banyak pendukung
TAPI
Wiwi punya jauuuuh lebih banyak pendukung plus backup tni polri




1 0
1
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
18-04-2019 07:09
Quote:Original Posted By becakmini.v7
Btw prabowonya sendiri yg manas manasin pendukungnya sendiri.
Sikap negarawannya kurang, beliau konpers langsung ngaku menang dan ngaku jadi presiden.


Tapi terlepas dari itu, dimulai dari diri sendiri ga usah ikut2an jadi provokator.


Oke brother, disini ya udah seneng.

You got the point in this case.emoticon-Malu (S)
0 0
0
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
18-04-2019 07:09
Kelihatan sandi gk mau ikut2an mempermalukan dirinya emoticon-Hammer2

Karena dia karir politiknya masih panjang

Apalagi 2024 dia bisa aje jd capres

emoticon-Betty
0 0
0
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
18-04-2019 07:09
Quote:Original Posted By hainserr
udah lah jangan manes2in lg. itu prabowo punya pendukung gk sedikit.
lu mau jadi provokator? lu mau liat sesama anak bangsa jadi bacok2an?

stupid, belajar dewasalah sedikit
.
.
.
KAMPANYE TELAH USAI


takut apa lo? sekalian kalo mau rusuh biar kaum radikal 45% ditembak mati sama TNI ditempat
0 0
0
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
18-04-2019 07:10
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
0 0
0
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
18-04-2019 07:10
Wowok itu korban kepolosan dan penganut ABS. Anak buahnya setan duit semua. Jadilah sujud sukur ini sampai 2 episode...

emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
0 0
0
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
18-04-2019 07:10
Menurutku ini kan Jokowi 2 periode berdasarkan hasil quick count, beliau sendiri yang harus merangkul pihak oposisi.
Dengan cara silaturahmi semua oposisi dan terpaksa banget aku harus menyarankan jemput habib rizieq lalu di ajak baik2 mendiskusikan perihal sepak terjang FPI dengan 212nya itu udah terlalu over, dan kalau mau berpolitik praktis silahkan lewat Gerindra, PKS atau PAN bagi oposisi.
Ajak juga PKS melakukan klarifikasi deklarasi mendukung pancasila, lalu ex HTI ini yang bener2 harus di monitoring agar tidak bertransformasi ke bentuk lain dan tumbuh kembali.

Jokowi aturan gak ada beban di periode kedua, kecuali kursi menteri yang titipan.

Harusnya lebih berani,
Lebih niat dan totalitas.
Diubah oleh floriantito
1 0
1
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
18-04-2019 07:12
ini disuruh (lagi) sama eggi sudjana supaya sujud syukur emoticon-Leh Uga

yg lain di jilid 1 gak ikutan lg di jilid 2
0 0
0
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
18-04-2019 07:13
Quote:Original Posted By khloekarmike
Udah kalah masih sombong emoticon-Leh Uga

Iye wowo punya banyak pendukung
TAPI
Wiwi punya jauuuuh lebih banyak pendukung plus backup tni polri


Mas udah pernah liat dan pernah ngejalanin massa banyak bacok2an? Massa 5org VS 5org gw rasa ribut depan lu pasti lu jg rada gemetar.

Nah ini kita bicara massa yg jumlahnya puluhan juta. Percaya sama gw itu nanti gk ada yg namanya pemenang. Karna masing2 kubupun udah banyak yg tewas
1 1
0
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
18-04-2019 07:13
Quote:Original Posted By hainserr
Oke brother, disini ya udah seneng.

You got the point in this case.emoticon-Malu (S)


Yoi gan, simpel aja sih hehe..
0 0
0
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
18-04-2019 07:14
Quote:Original Posted By floriantito
Menurutku ini kan Jokowi 2 periode berdasarkan hasil quick count, beliau sendiri yang harus merangkul pihak oposisi.
Dengan cara silaturahmi semua oposisi dan terpaksa banget aku harus menyarankan jemput habib rizieq lalu di ajak baik2 agar sepak terjang FPI dengan 212nya itu udah terlalu over.
Ajak juga PKS melakukan klarifikasi deklarasi mendukung pancasila, lalu ex HTI ini yang bener2 harus di monitoring agar tidak bertransformasi.


Bijiek n the gangs. Ud selayaknya di injek2. Merongrong pemerintahan RI dari dalam...

Cuma sekelas ormas kelakuan melebihi partai.
1 0
1
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
18-04-2019 07:16
Quote:Original Posted By hainserr
Mas udah pernah liat dan pernah ngejalanin massa banyak bacok2an? Massa 5org VS 5org gw rasa ribut depan lu pasti lu jg rada gemetar.

Nah ini kita bicara massa yg jumlahnya puluhan juta. Percaya sama gw itu nanti gk ada yg namanya pemenang. Karna masing2 kubupun udah banyak yg tewas


Maksud lu perang sipil kan, apalagi kalo sampe diintervensi mamarika/wowo di-backing mamarika
2 0
2
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
18-04-2019 07:16
emoticon-Ngakak
Diubah oleh komuklaknat
0 0
0
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
18-04-2019 07:17
kesian
0 0
0
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
18-04-2019 07:19
Quote:Original Posted By hainserr
Ayo lah harusnya ente udah paham, satu2nya jalan buat kerusuhan yg bs ditempuh.

Percaya sama gw, negara kondisi perang terpecah belah suatu kondisi yg bisa buat lu dan keluarga lu kelaparan. Belajarlah menahan diriemoticon-Embarrassment


Pikiran gini yg harus di balik bre, slama ni kita 'ngalah' tuk jaga kedamaian tp mreka makin liar, makanya slama ni kita jg geram kan Jkw trlihat ndk tegas, pdhal yg di ono makin men jadi2 kl kita trlihat ngalah, ubah pandangan saat ini. Apalagi sdah tidak ada beban Jkw di 2024. Tapi ane menghargai pendapat lu breemoticon-Shakehand2
Diubah oleh mituwet
1 0
1
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
18-04-2019 07:20
Quote:Original Posted By musejakarta
Maksud lu perang sipil kan, apalagi kalo sampe diintervensi mamarika/wowo di-backing mamarika


Mau masalah dibibacking atau tidak.. yang jelas sesama anak bangsa kita jadinya bacok2an.

Jd apa gunanya lu sibuk KAMPANYE dan Nyoblos kemaren? Toh negara lu terancam mundur 20thn kebelakang atau kejadian buruknya negara bisa terpecah.
0 0
0
"Deja vu" Klaim Menang Prabowo, Sujud Syukur, hingga Momen Pilpres 2014
18-04-2019 07:20
kali ini kalahnya akan ikhlas
0 0
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia