Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
56
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caf15cf88b3cb107a1de060/jangan-biarkan-anak-kita-menjadi-pelaku-atau-korban-bullying
Saat ini Indonesia sedang diramaikan dengan sebuah petisi #JusticeForAudrey, banyak masyarakat yang mendukung keadilan untuk Audrey. Audrey, adalah seorang siswi SMP di Pontianak yang menjadi korban pengeroyokan oleh 12 siswi SMA di Pontianak karena percintaan. Sebut saja ini sebagai kisah pembullyan. Bully bisa dilakukan oleh siapa saja GanSis, dari anak kecil hingga dewasa bisa menjadi pelaku
Lapor Hansip
11-04-2019 17:24

Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!

Past Hot Thread
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!

Saat ini Indonesia sedang diramaikan dengan sebuah petisi #JusticeForAudrey, banyak masyarakat yang mendukung keadilan untuk Audrey. Audrey, adalah seorang siswi SMP di Pontianak yang menjadi korban pengeroyokan oleh 12 siswi SMA di Pontianak karena percintaan.

Sebut saja ini sebagai kisah pembullyan. Bully bisa dilakukan oleh siapa saja GanSis, dari anak kecil hingga dewasa bisa menjadi pelaku atau bahkan korban pembullyan. Pembullyan pun bisa berawal dari hal kecil GanSis, mulai dari bercanda, ledek-ledekan, bahkan hingga bermain fisik. Mungkin awalnya hanya bercanda, tapi jika sudah sakit hati maka tidak bisa dipungkiri kekerasan bisa terjadi.

Sebagai orang tua kita harus bisa memastikan bahwa anak kita tidak menjadi pelaku pembullyan dan tentunya tidak menjadi korban juga.


Quote:
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!

Jika anak kita menjadi pelaku, bisa saja kesalahan itu ada pada diri kita sebagai orang tua. Nah, oleh sebab itu ada beberapa cara yang bisa Agan dan Sista lakukan sebagai orangtua jika anakmu menjadi pelaku pembullyan.



• Selalu mengajak anak berbicara tentang tindakan buruknya, bahwa itu sangat merugikan orang lain dan juga dirinya sendiri.

• Kalian harus bisa mencari tau apa penyebab sang anak melakukan pembullyan, bisa saja awalnya anakmu lah yang menjadi korban dan dia memberontak. Apapun alasannya, dengan mengetahui penyebabnya, kalian bisa mencari jalan keluar yang lebih baik daripada melakukan pembullyan

• Sebagai orang tua kalian harus memposisikan dirimu untuk membantu sang anak untuk keluar dari kebiasaan buruknya itu, bukannya menghakimi sang anak. Menghakimi sang anak hanya akan membuat sang anak merasa kesal dan bisa-bisa dia melampiaskan kekesalannya itu kepada orang-orang yang tak bersalah (pembullyan)

• Kenali rasa empati agar anakmu bisa memiliki sifat empati tersebut, sehingga ia tidak lagi melakukan pembullyan yang merugikan banyak orang tersebut.

• Daripada energinya dilakukan untuk membully, lebih baik Agan Sista mengarahkan anak-anakmu ke kegiatan lain yang lebih positif, misalnya dengan memasukan anak les atau komunitas untuk menyalurkan hobi dan bakat sang anak.

• Pastinya, sebagai orangtua kalian harus menetapkan aturan dan hukum kepada anak-anakmu ya, agar hidup disiplin.


Quote:
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!

Tapi bagaimana kalau anak kita justru adalah korban dari orang-orang jahat tersebut? Biasanya sang anak terlalu takut dan tidak mau bercerita kepada orang tua. Nah, Agan Sista bisa melihat sifat anakmu, kalau mereka memiliki tanda-tanda ini, bisa jadi anakmu adalah salah satu korban pembullyan.



• Ada cedera pada tubuh sang anak, tapi ia tak pernah mau membahas atau menceritakan kenapa ia bisa mendapatkan cedera tersebut.

• Barang-barang seperti baju, buku, elektronik, atau perhiasan sang anak yang mulai hilang-hilangan.

• Adanya perubahan kebiasaan makan.

• Terlihat sulit tidur, kalaupun bisa tidar biasanya tidak tenang karena dihantui oleh mimpi-mimpi buruk.

• Keinginan sang anak untuk sekolah lama-kelamaan semakin berkurang, dan juga nilainya yang ikut menurun.

• Tiba-tiba tidak memiliki teman dan menghindari pertemanan, atau kegiatan-kegiatan di luar rumah.

• Berkurangnya rasa percaya diri.

• Cenderung melakukan hal-hal yang menyakiti diri sendiri.


Itu dia GanSis yang harus orangtua lakukan jika mendapati anaknya sebagai pelaku atau korban pembullyan. Semoga anak-anak kita jauh dari hal-hal itu ya AganSista.



SUMBER
SUMBER
Diubah oleh syududududuu
profile-picture
tata604 memberi reputasi
5
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!
16-04-2019 11:36
Quote:Original Posted By celapantiga
Itu aja kalau dilanjutin sampe nangis bakal jadi tag team anak dan emak emoticon-kisssing

Anak nangis => ngadu emak => emak nyamperin emak => emak sama emak adu bacot => perang dingin antar emak berhari2 => emak cakar2 an/ jambak2 an ma emak => emak2 duel => Emak2 War

emoticon-Takut











...... sementara itu nun jauh di kebun sana emoticon-Embarrassment

2 bocah provokator lg asyik main gundu emoticon-kisssing





Ooooooh indahnya masa lalu ...


:goyang :goyang :goyang


Kaloo guee mahh palinh sesama anaknyaa ajaa. Kalo ama ortunya kaga nge war. Yaa nama nya jugaa masih bocah ingusan. Entar juga baean lagi..
1 0
1
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!
16-04-2019 11:38
Quote:Original Posted By penyukabiru
Kaloo guee mahh palinh sesama anaknyaa ajaa. Kalo ama ortunya kaga nge war. Yaa nama nya jugaa masih bocah ingusan. Entar juga baean lagi..


Itu dulu ...emoticon-Embarrassment

Kalo sekarang medan tempur dan geser ke dumay emoticon-Malu
0 0
0
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!
16-04-2019 11:38
mantap gan threadnya

cendol dan 5 star sent

informatif dan bermanfaat 👍👍👍
0 0
0
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!
16-04-2019 11:39
kalo dimari mah bully ga bgitu terasa kasusnya, bully paling kerasa ntu di amrik, disono ntu negara darurat bully khususnya di sekolah ampe ada ortu yg bawain anak pistol nyuruh nembak mati yg mau bully dia emoticon-Shakehand2
0 0
0
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!
16-04-2019 11:39
Quote:Original Posted By celapantiga
Itu dulu ...emoticon-Embarrassment

Kalo sekarang medan tempur dan geser ke dumay emoticon-Malu


Nahh yoi. Banyak contoh yg sering gue temuin. Apalagi di Facebook...

Banyak remaja tanggung yg kalo bikim status mauu tepok jidat.. Yaaa remaja jaman now.
0 0
0
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!
16-04-2019 11:42
stop bully
0 0
0
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!
16-04-2019 11:43
Quote:Original Posted By kothok king
ah elu gan, bikin ane keinget kejadian temen ane,
bertamu ke rumah temen, tapi manggil didepan rumah dengan nama bapaknya, kenceng lagi,,
" man giman" emoticon-Ngakak

untung bukan bapaknya yang keluar emoticon-Ngakak


emoticon-Wkwkwk


Selamat anda sudah berumur brarti,...
0 0
0
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!
16-04-2019 11:45
Quote:Original Posted By celapantiga


emoticon-Wkwkwk


Selamat anda sudah berumur brarti,...

termasuk ente emoticon-Wakaka
1 0
1
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!
16-04-2019 11:53
Quote:Original Posted By kothok king
termasuk ente emoticon-Wakaka


Selamat buat semua yg sudah berumur dah emoticon-Embarrassment


Belum tentu itu bocah2 alay bisa ngetawain masa lebaynya saat ini

emoticon-Cool
0 0
0
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!
16-04-2019 11:58
Quote:Original Posted By Embed
Cara agar tidak menghakimi gmana gan?
Ini yg ane kurang paham


Susah lho itu ...emoticon-Embarrassment

Orang bisa menghakimi itu karena merasa sudah benar, lebih benar, atau paling benar ...emoticon-Big Grin

Jadi kalo pengen gak gampang menghakimi berarti kebalikannya yaitu harus merasa masih salah, lebih salah, paling salah ...



Susah khan? emoticon-Cool
0 0
0
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!
16-04-2019 11:59
bullying sama tipu menipu itu ngeri bre apalagi skala tipu menipu nya nasional
0 0
0
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!
16-04-2019 12:14
Sebenernya,,,
Yg terlibat dlm bullying itu ga cuma korban dan pelaku aja..

Org2 yg melihat proses pem-bully-an juga terlibat.. Malahan mungkin akan lebih parah daripada pelaku pem-bully-an itu sendiri.

Kenapa ??
Sikap bodo amat terhadap tepat saat proses pem-bully-an terjadi itu bisa aja menciptakan pem-bully2 baru di kemudian hari..

Sehingga, sikap bodo amat dari penonton bully ini HARUS dihilangkan, bukan hanya sikap dari pelaku aja.. Sikap peduli sekitar itu perlu ditingkatkan.

Ketika penonton bully ini mendukung korban bully,, misal cuma berdiri di samping korban aja. Mungkin korban akan jadi lebih percaya diri. Bayangkan ada banyak orang yg mendukung korban.. Pelaku mungkin akan enggan melakukan bullying lagi.

Penyelesaian dengan cara melatih korban bela diri itu adalah solusi yg KURANG TEPAT.

Kenapa??
Ketika korban berhasil mengalahkan pelaku bully, pelaku mungkin akan kurang percaya diri. Krn pada dasarnya pelaku melakukan bully itu hanya ingin menunjukkan dirinya mampu aja.

Akibatnya.. Korban malah akan menjadi pelaku bullying dengan alasan seperti 'pelaku harus mengalami yang dialami korban'. Sehingga bullying akan terus berlanjut...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!
16-04-2019 12:21
bully yang susah itu kalo bentuk nya omongan dibelakang kita. karena mau diklarifikasi juga susah, gak ada bukti nya emoticon-Ngamuk emoticon-Cape d...
0 0
0
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!
16-04-2019 13:06
Quote:Original Posted By greengeckoijo1
Karena di sini kebanyakan mereka lebih senang membela yang udah jadi korban. Itu susahnya. Ada yang mau membully, kita lawan, yang membully kita hajar, dia-nya kalah, malah kita yang membela diri yang disalahkan. Sering kan ada kasus kita di begal, kita lawan, begalnya terkapar, malah korban yang ditangkap. Sempet heboh kan yang waktu lawan begal, begalnya mati malah yang bela diri yang ditangkap?
Hukum di sini belum membela yang membela diri. Harus jatuh korban dulu baru hukum difungsikan. Itu aja kalo penegak hukumnya bergerak cepat. Lain dengan di negara maju. Kalo ada maling masuk rumah, kita tembak pun kita gak bakal ditangkap. Kalo di sini, kita hajar tuh maling, malah kita yang ditangkap.

Makanya itu juga yang bikin masyarakat main hakim sendiri. Karena kalo rame2, ga bakal ditangkap. Hukum lah yang membuat mereka bertindak seperti itu.


Masih banyak yg harus di benahi ya bang di negeri kita. Dan dari para oknum hukum yg gila materi semua bisa di putar balikan.
0 0
0
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!
16-04-2019 13:32
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying, cukup bapak dan ibunya saja.
0 0
0
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!
16-04-2019 13:42
harus banyak pengawasan dan didikan yang bener yaa. perhatian juga perlu.
0 0
0
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!
16-04-2019 13:44
Ambil jalan aman aja. Jauhi dan Hindari.
0 0
0
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!
16-04-2019 13:49
jgn biarkan jd penebar hoax macem audrey
0 0
0
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!
16-04-2019 13:50
Wah jadi inget jaman sekolah dulu pembullyan selalu ada emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Jangan Biarkan Anak Kita Menjadi Pelaku atau Korban Bullying!
16-04-2019 13:55
anak ane nanti, klo ada yang menghina, tinggalkan saja, gak perlu d ladenin.. :cih
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia