alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb2ef34f4d6952e5e052630/fenomena-mengumbar-quot-aib-quot-orang-demi-konten-pribadinya-pantas-gak-ya
Lapor Hansip
14-04-2019 15:28
Fenomena Mengumbar " Aib " Orang Demi Konten Pribadinya, Pantas Gak Ya?
Past Hot Thread
Fenomena Mengumbar " Aib " Orang Demi Konten Pribadinya, Pantas Gak Ya?

Di zaman sekarang ini, teknologi yang semakin canggih dapat memudahkan orang dalam mendapatkan informasi, baik itu informasi positif, negatif, hoax, ataupun informasi bukan hoax. Saking mudah dan cepatnya mendapatkan informasi, seringkali para pembaca terkecoh akan kebenaran berita tersebut.

Begitu juga hal nya dengan pembuat konten, baik berupa video, gambar dan tulisan. Seringkali kita melihat para pembuat konten lupa akan etika dalam membuat suatu konten yang akan dilihat oleh ribuan orang bahkan bisa mencapai jutaan orang.

Kita sering melihat para kreator dengan sengaja menyebarkan aib orang melalui kontennya demi mendapatkan banyak view tanpa melihat apa efek yang akan timbul pada orang yang sudah disebarkan aibnya. 

Tentunya yang kita bahas disini adalah orang yang disebarkan aibnya tanpa persetujuan dari dirinya ya. Kalau sudah ada persetujuan itu gak masalah.

Fenomena Mengumbar " Aib " Orang Demi Konten Pribadinya, Pantas Gak Ya?

Para Kreator Konten gak bisa sembarangan dalam membuat konten. Ada etikanya yang salah satunya adalah gak boleh menyebar luaskan informasi yang berhubungan dengan aib orang memakai video, gambar, ataupun tulisan, kecuali  orang tersebutlah yang membuka aib nya sendiri di media yang mengakibatkan cepatnya informasi berkembang.

Dengan kata lain bearti orang tersebut sudah mempunyai niat informasi mengenai dirinya boleh diketahui oleh orang lain.

Lalu bagaimana jika ternyata para kreator konten menyebarkan aib atau menyebarkan malu seseorang?? Misalnya konten kreator menampilkan gambar mengenai orang yang disebarkan aib nya tanpa ada persetujuan dari dia.

Fenomena Mengumbar " Aib " Orang Demi Konten Pribadinya, Pantas Gak Ya?


Mestinya sebuah kata REJECTED yang akan diterima oleh konten kreator yang menampilkan gambar orang dan video orang yang sedang dibuka aibnya. 

Untuk menampilkan informasi yang kita masih gak tau sudah dapat izin atau belumnya dalam memuat sebuah informasi tentang aib orang melalui media sosial baik gambar ataupun video, konten kreator harus dan wajib memblur wajah orang tersebut demi kenyamanan orang yang telah kita buka aibnya. Karena efek psikologis bisa terjadi selama hidupnya.

Dan perlu kita ingat akan UU ITE No 11 tahun 2008, Pasal 27 ayat (3) UU ITE menyebutkan: "Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik, akan diancam pidana maksimal 4 tahun dan denda 750jt ."

Selain UU ITE tersebut, kita juga harus coba belajar berempati, gimana kalau kita menjadi dia, aib kita diumbar dan gambar kita terpampang di seluruh medsos tanpa sepengetahuan kita, pasti terkejutnya kita, apalagi medsos bisa secepat kilat dalam menyebarkan informasi.

Contohnya belum lama ini terjadi mengenai pembuatan konten oleh seorang youtuber di Instagramnya mengenai Audrey tanpa memblur wajah Audrey. Gak haruslah menampilkan wajah Audrey karena efek psikologis yang akan ditimbulkan oleh Audrey, even Audrey benar atau salah pasti akan menimbulkan malu untuk Audrey di kemudian harinya.

Oleh karena itu, Para Konten Kreator harus lebih bijak dalam mengangkat sebuah informasi. Lebih baik gambar di blur jika berkaitan dengan aib seseorang, kecuali kita memang mendapatkan informasi dirinya dari media sosial yang memang milik orang itu atau orang tersebut videoin dirinya sendiri untuk tujuan disebarkan.

Haruskah Hanya Untuk Hiburan Dan Demi Sebuah Konten,
Lalu Kita Harus Mengorbankan Orang Lain?


Terima Kasih dan Sampai Jumpa Lagi

emoticon-Imlek

Sumber : Pemikiran TS dan hukumonline
            Gambar  : Google                                                       








Diubah oleh michellevw
12
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 4
Lapor Hansip
15-04-2019 19:16
list aib orang gamvvang. list aib sendiri yg syusyah.. tjantik
0
Lapor Hansip
15-04-2019 19:29
Quote:Original Posted By kena.semprot


foto konthol lagi ngaceng ?? emoticon-Request


kamprot....

Fenomena Mengumbar " Aib " Orang Demi Konten Pribadinya, Pantas Gak Ya? emoticon-Leh Uga
0
Lapor Hansip
15-04-2019 20:06
Atau demi viewer yang melonjak
Konten yang adalah konten yang tidak menunjukan kekayaan, sekian terima kasih emoticon-Smilie
0
Lapor Hansip
15-04-2019 20:11
ga pantes lah, aib orang jadi kesebaremoticon-Cape d...
egois klo aib orang disebar tanpa diketahui orang tersebut
kasian misal si A punya penyakit hiv, si A mau merahasiakan tapi si A kasih tau teman baiknya si B
lalu si B nyebar ke C, lanjut D
sehingga B, C, D mulai musuhi si A
gila jangan begitu ya, tar ane setrumemoticon-Mad
penyakit hiv itu hanya bisa tertular melalui hubungan seks

maaf contohnya extrem, hivemoticon-Leh Uga
0
Lapor Hansip
15-04-2019 20:15
Dari dulu juga udah ada di acara gosip
0
Lapor Hansip
15-04-2019 20:15
Tercyduk emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
0
Lapor Hansip
15-04-2019 20:17
canel anak2 standup yg kga trkenal it donk emoticon-Ngakak
0
Lapor Hansip
15-04-2019 20:19
Ini voyeur itu yah emoticon-Hammer (S) wah membingungkan kalau melihat kontenku wkwkwkwk sepertinya ane termasuk hmm thanks sudah mengingatkan
0
Lapor Hansip
15-04-2019 20:26
selama viewer nya banyak dan ada adsense, hal kayak gitu tetep dilakukan
0
Lapor Hansip
15-04-2019 20:29
Semoga produser acara gosip di tv baca thread ini emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
Lapor Hansip
15-04-2019 20:36
bodo amat ama audrey emoticon-fuck3
bodo amat ama dosen dosen gw emoticon-fuck3
bodo amat ama kehidupan ini emoticon-fuck3
0
Lapor Hansip
15-04-2019 20:40
Ngumbar aib itu dosa, kecuali untuk hal-hal yg dibolehkan seperti di pengadilan ato dalam rangka penyidikan pihak berwenang.emoticon-Big Grin
0
Lapor Hansip
15-04-2019 20:48
Emang parah tu, ngumbar aib se seorang cm buat sensasi
Semoga yg sembarangan ngumbar2 aib orang mengalami sendiri, biar tau rasanya kaya apa
0
Lapor Hansip
15-04-2019 20:51
banyak tu kejadian, cuma ya gmn lagi. emang zaman udah gila.
0
Lapor Hansip
15-04-2019 20:53
mending diisi pake konten2 positif lah gan, motivasi dan bisa bikin semangat orang lain
0
Lapor Hansip
15-04-2019 21:04
Quote:Original Posted By michellevw
Fenomena Mengumbar " Aib " Orang Demi Konten Pribadinya, Pantas Gak Ya?

Di zaman sekarang ini, teknologi yang semakin canggih dapat memudahkan orang dalam mendapatkan informasi, baik itu informasi positif, negatif, hoax, ataupun informasi bukan hoax. Saking mudah dan cepatnya mendapatkan informasi, seringkali para pembaca terkecoh akan kebenaran berita tersebut.

Begitu juga hal nya dengan pembuat konten, baik berupa video, gambar dan tulisan. Seringkali kita melihat para pembuat konten lupa akan etika dalam membuat suatu konten yang akan dilihat oleh ribuan orang bahkan bisa mencapai jutaan orang.

Kita sering melihat para kreator dengan sengaja menyebarkan aib orang melalui kontennya demi mendapatkan banyak view tanpa melihat apa efek yang akan timbul pada orang yang sudah disebarkan aibnya. 

Tentunya yang kita bahas disini adalah orang yang disebarkan aibnya tanpa persetujuan dari dirinya ya. Kalau sudah ada persetujuan itu gak masalah.

Fenomena Mengumbar " Aib " Orang Demi Konten Pribadinya, Pantas Gak Ya?

Para Kreator Konten gak bisa sembarangan dalam membuat konten. Ada etikanya yang salah satunya adalah gak boleh menyebar luaskan informasi yang berhubungan dengan aib orang memakai video, gambar, ataupun tulisan, kecuali  orang tersebutlah yang membuka aib nya sendiri di media yang mengakibatkan cepatnya informasi berkembang.

Dengan kata lain bearti orang tersebut sudah mempunyai niat informasi mengenai dirinya boleh diketahui oleh orang lain.

Lalu bagaimana jika ternyata para kreator konten menyebarkan aib atau menyebarkan malu seseorang?? Misalnya konten kreator menampilkan gambar mengenai orang yang disebarkan aib nya tanpa ada persetujuan dari dia.

Fenomena Mengumbar " Aib " Orang Demi Konten Pribadinya, Pantas Gak Ya?


Mestinya sebuah kata REJECTED yang akan diterima oleh konten kreator yang menampilkan gambar orang dan video orang yang sedang dibuka aibnya. 

Untuk menampilkan informasi yang kita masih gak tau sudah dapat izin atau belumnya dalam memuat sebuah informasi tentang aib orang melalui media sosial baik gambar ataupun video, konten kreator harus dan wajib memblur wajah orang tersebut demi kenyamanan orang yang telah kita buka aibnya. Karena efek psikologis bisa terjadi selama hidupnya.

Dan perlu kita ingat akan UU ITE No 11 tahun 2008, Pasal 27 ayat (3) UU ITE menyebutkan: "Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik, akan diancam pidana maksimal 4 tahun dan denda 750jt ."

Selain UU ITE tersebut, kita juga harus coba belajar berempati, gimana kalau kita menjadi dia, aib kita diumbar dan gambar kita terpampang di seluruh medsos tanpa sepengetahuan kita, pasti terkejutnya kita, apalagi medsos bisa secepat kilat dalam menyebarkan informasi.

Contohnya belum lama ini terjadi mengenai pembuatan konten oleh seorang youtuber di Instagramnya mengenai Audrey tanpa memblur wajah Audrey. Gak haruslah menampilkan wajah Audrey karena efek psikologis yang akan ditimbulkan oleh Audrey, even Audrey benar atau salah pasti akan menimbulkan malu untuk Audrey di kemudian harinya.

Oleh karena itu, Para Konten Kreator harus lebih bijak dalam mengangkat sebuah informasi. Lebih baik gambar di blur jika berkaitan dengan aib seseorang, kecuali kita memang mendapatkan informasi dirinya dari media sosial yang memang milik orang itu atau orang tersebut videoin dirinya sendiri untuk tujuan disebarkan.

Haruskah Hanya Untuk Hiburan Dan Demi Sebuah Konten,
Lalu Kita Harus Mengorbankan Orang Lain?


Terima Kasih dan Sampai Jumpa Lagi

emoticon-Imlek

Sumber : Pemikiran TS dan hukumonline
            Gambar  : Google                                                       










kalo menurutku hal ini tuh 50 : 50 , tidak bisa dianggap benar, tidak bisa dianggap salah juga. Tau dari mana kalo hal yang kita sebar itu aib ? Adakah sebuah "kesepakatan" bersama kalo itu adalah aib, tolak ukur aib itu tidak ada. Menurut saya segala sesuatu yang di share, denga tingkat share public, itu sudah milik public. Kecuali dia share hanya ke antar teman, lalu diambil oleh orang yang bukan temannya. Nah itu baru, ..
0
Lapor Hansip
15-04-2019 21:26
Sebar aib dari mulut saja berbahaya apa lagi di bantu media bahaya nya berkali-kali lipat gan

Gibah dan fitnah adalah perbuatan yang dapat menghanguskan amalan pahala kita gan.

Ibarat api yang membakar kayu bakar tak bersisa. Itulah gambaran nya.

Di era sekarang ini begitu mudah nya seseorang menebar fitnah, Gibah dll.
Apalagi di masa ini menjelang pemilu, orang tuh ga mikir mikir dulu untuk menyebarkan berita tanpa Tabayyun dahulu pada ujung ujungnya penyesalan (klo orang nya menyesal).

Berita faktual dan berita hoax sekarang campur aduk, sampai sampai kita ga bisa bedain terkecuali agan agan yang bener bener hati hati dalam menyikapi berita.

Tak sedikit orang di ciduk gara gara menyebarkan berita hoax seperti yang agan tau. Bahkan sampai ke elit partai pun termakan berita hoax, You know lah ya.

Sampai detik ini pun berita ga jelas masih berseliweran.

Mudah2an habis pilpres ga ada lagi berita fitnah dan Gibah.

Terlalu panjang ya gan hihi
0
Lapor Hansip
15-04-2019 21:37
gak baik umbar aib org gan
kayak kita gk pnya aib aja..
0
Lapor Hansip
15-04-2019 21:37
kalau yg roasting gmna tuh? ada sih yg udh dpt persetujuan ad jg yg gak kayaknya kalau d stand up... CMIIW emoticon-Big Grin
0
Lapor Hansip
15-04-2019 22:01
Apapun alasannya, yang namanya mengumbar aib orang adalah perbuatan dosa. Jangankan aib orang, aib diri sendiri aja harus ditutup rapat-rapat.
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.