News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
220
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac3c5382d4950865355a9e/argumen-quotmissing-linkquot-tidak-relevan-utk-mematahkan-teori-evolusi
adalah kalimat khas penentang teori evolusi,membayangkan bahwa ketiadaan fosil2 perantara merupakan celah yg mematahkan teori evolusi.
Lapor Hansip
09-04-2019 13:31

argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi

Past Hot Thread
"tunjukan pada saya fosil perantara peralihan dari fosil ini ke fosil itu"


adalah kalimat khas penentang teori evolusi,membayangkan bahwa ketiadaan fosil2 perantara merupakan celah yg mematahkan teori evolusi.

missing link,apanya yg missing?

skrg mari kita beranalogi.ada rekaman cctv kualitas rendah,buram dirumah orang kaya, cctv tersebut merekam pelayan yg mengambil pistol dari laci kamar tuan nya,cctv jg merekam pelayan menenteng pistol tersebut berjalan dilorong lorong rumah dan memasuki kamar mandi dimana si tuan berada.beberapa menit kemudian si pelayan keluar dari kamar mandi,mengelap tangan dan pistolnya yg berlumuran darah,sementara pelayan lain tertegun mematung sambil ketakutan menyaksikan si pelayan yg keluar dari kamar mandi sambil memegang pistol tersebut.

pertanyaan utk kita semua adalah : apakah kita membutuhkan cctv didalam kamar mandi yg merekam si tuan ditembak dikepala oleh si pelayan? apakah dengan ketiadaan cctv didalam kamar mandi saat sipelayan menembak si tuan maka otomatis prmbunuhan tidak terjadi? kita pny saksi,pny jejak pola dan ukuran sepatu pelayan didalam kamar mandi ,sidik jari,noda keringat di pistol,bahkan jejak dna kulit si pelayan di kuku tuan yg terbunuh yg sempat memberikan perlawanan. rekaman cctv dilorong dan dikamar sebenarnya adalah bonus,tanpa rekaman cctv sekalipun sdh banyak bukti menumpuk yg menegaskan bahwa sipelayan tersebut adalah pembunuh tuannya.

skrg kita kembali ke "missing link".istilah ini muncul disaat ilmuwan pada pertengahan abad ke-19 masih berkutat pada mengandalkan penelitian fosil,bukan seperti dimasa skrg penelitian dna sdh sedemikian maju dan lbh bisa diandalkan.jadi sebenarnya tidaklah perlu menuntut kelengkapan fosil transisi dalam teori evolusi, seperti org yg ngotot si pelayan tidak bersalah membunuh tuan nya karena ketiadaan cctv di kamar mandi,meski cctv di lorong dan kamar ada,namun ketiadaan cctv dikamar mandi dianggap sebagai CELAH ! sebenarnya CELAH tersebut sebenarnya bukanlah lagi menjadi celah krn adanya penelitian sidik jari,dna,bahkan jejak bubuk mesiu dibadan pelayan tersebut ! bayangkan bagaimana riuh nya pengadilan ketika pengacara ngotot satu2nya bukti yg harus valid adalah cctv buram ,sementara bukti2 lain yg ilmiah dengan metode yg lbh moderen dianggap tidak valid oleh sipengacara kuno tersebut?




skrg argumen argumen missing link apa saja yg plg populer?


ledakan cambrian bukti bahwa teori evolusi salah

argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi

lihatlah ledakan cambrian sekitar stgh miliar tahun lalu,byk hewan muncul tiba-tiba,tau dari mana muncul "tiba-tiba"? dari fosil.

mari kita ambil contoh cacing utk menjelaskan hal ini.cacing turbellarian yg hidup bebas,terdiri dari 4.000 spesies,jumlah yg hampir setara dengan semua spesies mamalia disatukan,banyak sekali bukan? anda tentu mengharapkan ditemukan jumlah fosil yg luar biasa dari cacing pipih ini.sayangnya tidak ada,tak satupun yg pernah ditemukan.jadi bolehkan saya bilang cacing ini baru muncul minggu lalu? jawabannya ya,apabila anda mengikuti logika kreasionis menggunakan argumen ledakan cambrian,krn ketiadaan fosil.

jadi mengapa begitu sedikit fosil sebelum era cambrian? jawaban yg plg logis dan masuk akal adalah kebanyakan hewan sebelum era cambrian bertubuh lunak seperti cacing pipih moderen,atau seperti turbellaria moderen,sehingga terlalu kecil utk menjadi fosil yg baik.



knp tidak ada makhluk "transisi" yg bertahan hidup skrg? kodok dengan paruh bebek misalnya,atau kecoa dengan kaki kuda misalnya?

pemahaman taksonomi hewan bertulang belakang dibagi menjadi lima: ikan, amfibi, reptil, unggas, dan mamalia.sebenarnya ini hny garis pembatas kasar saja, dan kalau ada yg diluar ini tidak perlu bingung.misalnya lumba lumba..ikan?mamalia?

kalau mau yg lbh "aneh"(sebenarnya ini meminjam istilah kreasionis,krn tidaklah aneh menurut evolusi),kita jg pny platipus, yg hidup di australia.meminjam istilah kreasionis,maka inilah tikus berparuh bebek

argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi

Australia adalah pusat bagi segala keanehan satwa. Di sana, taksonomi lama tentang hewan bertulang belakang dijungkirbalikkan. Apakah platipus itu? Unggas? Reptil? Mamalia? Atau ketiga-tiganya? Secara tongkrongan, platipus menyerupai unggas, tapi secara anatomi, dia adalah mamalia, saudara jauh manusia.

Dalam dunia Biologi, platipus adalah enigma; dia bertelur tapi juga menyusui. Hewan lain yang punya kemampuan seperti ini adalah ekidna. Salah satu definisi mamalia adalah menyusui dan tak ada hewan menyusui di muka bumi ini yang bertelur. Platipus melanggarnya. Dan itu normal-normal saja.

Kanguru adalah enigma dalam bentuk lain. Dia termasuk hewan mamalia, melahirkan dan menyusui. Tapi, cara kanguru melahirkan dan membesarkan janinnya di luar rahim adalah sesuatu yang tidak umum sama sekali bagi mamalia.

Jika Anda penasaran, lihatlah video di bawah ini. Seekor janin keluar dari rahim ibunya dan ditampung ke dalam kantung di mana sang bayi meneruskan proses pertumbuhannya. Kantung kanguru adalah “jalan ketiga” selain telur dan rahim. Dan itu normal-normal saja.







ikan jadi mamalia dan kemudian jadi manusia?hahaha,mana buktinya? mana missing link nya?

ilmuwan kita berpendapat bahwa pada suatu masa laut begitu sesak,terlalu byk yg mencari makan dari pada makanan yg tersedia,oleh krn itu para penghuni laut mencoba naik kedarat mencari makanan,pada awalnya byk jatuh korban bagi yg gagal,dan bagi yg survive kembali kelaut semakin melatih kemampuannya terus menerus bertahan lbh lama didarat dan wow ! akhirnya lama kelamaan keturunannya(yg entah sudah keturunan keberapa) menjadi penghuni daratan ! menjadi amphibi bahkan menetap di darat.

hahaha,masa sih "ikan" bisa gitu?

kita ambil contoh satu saja yg akrab sama indonesia,hidup di indonesia : ikan betok

ikan betok adalah yang bandel, lama meregang nyawa. tanpa air di ember, ikan betok masih hidup ,coba saja.ikan betok ini contoh yg bagus utk menjelaskan kepada kaum kreasionis tentang makhluk "ditengah tengah antara ikan-mamalia".

Ikan betok adalah sejenis "missing link" jika kita mau menggunakan istilah ini. Sebut saja missing link masa depan antara makhluk air dan makhluk darat. Studi anatomi terhadap betok mengungkapkan bahwa ikan ini berbeda dari kebanyakan ikan lain yang hidup di air tawar.

Dari membaca buku dan penelusuran ke beberapa situs di internet, saya mendapatkan keterangan yang menarik tentang betok. Nama Latin ikan ini adalah Anabes testudineus. Dalam bahasa Inggris kerap disebut dengan “climbing gouramy” atau “climbing perch” karena perilakunya yang suka “memanjat” ke darat.

Yang mencengangkan saya adalah karena alat pernafasannya bukan hanya insang, tapi sudah dilengkapi dengan semi-paru-paru yang disebut labyrinth. Ketika berada di daratan, betok menggunakan organ labirin itu untuk bernafas. jangan kaget ya,Menurut Wikipedia, betok bisa bertahan hidup di darat tanpa air hingga 6 hari.

Dalam kerangka evolusi, betok adalah “divergent” yang mencoba keluar dari habitatnya. Sebagai karnivora yang memakan segala jenis serangga kecil, tentu ikan ini ingin juga coba-coba meluaskan wilayah perburuannya. Kali-kali aja di darat dapat mangsa yang lebih lezat emoticon-Big Grin

ikan betok jalan didarat :




sebenarnya msh banyak ikan di indo(apalagi didunia) yg bisa jalan di darat,kali kali kalau manusia punah(otomatis ga ada mancing ikan lagi),laut jd penuh sesak lagi trus para penghuni laut naik kedarat lagi dan jutaan tahun lagi menjadi mamalia ,atau bahkan menjadi penguasa bumi yg baru..tentu saja proses ini akan memakan waktu yg sangat lama emoticon-Embarrassment





- sekian & terima kasih sudah mampir ke thread ini -


*tulisan diolah dari berbagai sumber
Diubah oleh beritapalestina
17
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 11
argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi
14-04-2019 20:13
Trus knp ikan bertok sampai skrg msh jadi ikan?


emoticon-Bingung
0 0
0
argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi
14-04-2019 20:15
Quote:Original Posted By mikir10rbx
Kayanya analogi dengan cctv kurang tepat. Krn kalo menurut amalogi agan,orang di cctv tersebut jika dilihat secara mata telanjang,bisa diketahui bahwa itu adalah org yg sama atau tidak. Sedangkan pada kasus argumentasi missing link,2/lebih makhluk yg diperbandingkan,sangat sangat berbeda sama sekali.


justru cctv menurut saya adalah analogi yg pas,baik cctv dan fossil kan bisa dilihat visual mata telanjang

argumen missing link "valid" disaat tekhnologi biologi manusia msh sangat terbatas dan mengutamakan fossil sebagai bukti utama evolusi,dan dalam sejarahnya memang ilmuwan pernah berkali kali melakukan kesalahan rekonstruksi fossil,makanya disini saya tulis ibarat cctv buram.

Quote:
Sy jg belum menemukan argumentasi tentang menyamakan 2/lebih hewan ygberbeda generasi lewat tes dna.bagaimana kita mengetahui generasi yg lampau adalah kelanjutan dr generasi selanjutnya


mksdnya?




Diubah oleh beritapalestina
0 0
0
argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi
14-04-2019 20:17
Quote:Original Posted By sapikuda1000
Teori evolusi itu sebenarnya tidak terbukti. Yang benar adalah Kun Fayakun, apa yang di kehendaki Tuhan menciptakan Jadi ya itu yang terjadi.

Dan mana bukti ilmiah Tuhan menciptakan langsung?

Quote:Original Posted By sapikuda1000
Apa di kira sperma dan ovum yang aslinya tidak punya OTAK , tidak tahu mau jadi apa.. Kemudian tiba tiba menjadi pintar sendiri berubah wujud menjadi manusia yang bisa Berpikir punya OTAK???

Dan siapa yang bicara soal tiba-tiba berubah wujud?
Agan sedang bicara biologi atau kisah gaib? emoticon-Bingung (S)

Quote:Original Posted By jamie76
Selagi masih berlabel "teori" evolusi, ada kemungkinan apa yang dikemukakan charles darwin suatu saat nanti dapat dipatahkan alias "debunked".

Sebagaimana teori geosentris dan teori abiogenesis

Mau teori, fakta, hukum ilmiah, semua terbuka untuk disanggah, secara ilmiah tentunya.
Masalahnya?
Ini pada nyanggah modal iman doang.
Mengerti teorinya aja gak mau, dan gak mampu.

Quote:Original Posted By powerpunk
Trus knp ikan bertok sampai skrg msh jadi ikan?

emoticon-Bingung

Dan agan berharap apa?
Semua iman berevolusi jadi hewan darat, gitu?
Dan gilirannya semua jadi manusia?
emoticon-Bingung
Diubah oleh shinhikarugenji
3 0
3
argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi
14-04-2019 20:19
Quote:Original Posted By powerpunk
Trus knp ikan bertok sampai skrg msh jadi ikan?


emoticon-Bingung


tampaknya leluhur ikan betok (dan beberapa makhluk air lain yg memiliki kemampuan seperti ikan betok) tidak sepenuh hati didarat,cm sebentar2 doang di darat trus balik ke air lagi..makanya keturunanya menjadi ikan yg bisa bertahan dalam jangka waktu tertentu didarat,tp masih hidup di air.sementara ikan ikan betok lain yg leluhurnya tahan banting ambil resiko melatih dirinya didarat tampaknya keturunannya sdh berevolusi entah menjadi apa(lbh tepatnya gw males cari tau) menjadi penghuni darat
Diubah oleh beritapalestina
0 0
0
argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi
14-04-2019 20:23
ane tau nya missing link di software Adobe..emoticon-Malu (S)

Otak ane blm nyampe bahas gituan..emoticon-Big Grin
2 0
2
argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi
14-04-2019 20:30
hhhh...jadi gini betok si penguasa bumi
0 0
0
argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi
14-04-2019 20:33
Binatang berovolusi masuk akal.. Kera jadi manusia?? Opini paling bodoh yg pernah ada..
0 1
-1
argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi
14-04-2019 20:35
Quote:Original Posted By shinhikarugenji
Monyetisme lagi?
Emang siapa yang bilang monyet adalah moyang manusia?
Atau agan lagi-lagi temrasuk makhluk yang bahkan gagal membedakan monyet dan kera?


Yg pertama lu harus baca kata kunci gue di awal.. Gue ga suka pelajaran biologi.. Jadi gue ga perduli dengan perbedaan istilah antara monyet, kera, dlsbnya itu.. Menurut gue mereka sama aja.. emoticon-Big Grin

Quote:Terbalik, moyang manusia (dan moyang itu bukan monyet) belajar untuk beraktivitas di atas tanah selain di atas pohon, dan berangsur lebih banyak beraktivitas di atas tanah ketimbang di atas pohon, sebelum kemudian murni menjadi makhluk yang ebraktivitas di atas tanah. Kehilangan rambut (bulu itu seperti yang apa dimiliki burung) baru terjadi lama kemudian.


Ya untuk alasan apa? Bukankah itu terlalu beresiko..

Lebih banyak ancaman dimana? Di darat atau di pohon? Lebih banyak sumber makanan di mana? Di darat atau diatas pohon? Kenapa mereka turun pohon?

Menurut gue ga ada alasan yg cukup logis..

Apakah karena rantai makanan? Apa karena ancaman hewan predator? Atau karena paksaan lingkungan (pohon menghilang), setiap evolusi pasti memiliki pemicu awal..

Kenapa kera atau monyet atau beruk atau apalah namanya itu turun pohon?

Quote:Dan juga, habitat tak selalu konstan dalam jangka waktu lama.
Wilayah yang tadinya hutan, bisa berangsur berubah menjadi savana, dan lebih jauh lagi menjadi gurun tandus. Dalam kondisi itu, fitur yang tadinya adaptif bisa tak lagi adaptif.

Katakanlah hutan berubah menjadi savana, bahan makanan berkurang, kera yang beraktivitas di atas pohon tak bisa selalu di atas pohon karena satu pohon takkan menyediakan makanan yang cukup. Mereka dipaksa untuk beraktivitas di tanah untuk berpindah ke pohon lain dan aktivitas lain. Dalam kondisi itu, bipedalisme memberi beberapa keuntungan. Misal bisa membawa lebih banyak makanan dengan dua tangan ketimbang salah satu tangan harus menopang untuk berjalan. Juga memiliki sudut pandang yang lebih tinggi, sehingga bisa lebih dini mendeteksi kehadiran predator.


Nah kalo ini terjadi, harusnya penyebaran populasi manusia tidak merata...

Sama seperti spesies harimau yg hanya ada di asia.. Gajah yg hanya ada di afrika dan asia.. Dlsbnya..

Kenapa populasi kera yg turun pohon itu merata di seluruh dunia? Kalo mmg lingkungan yg memaksa mereka berubah, harusnya paksaan itu tidak merata.. Dan perubahan yg di alami pun parsial, tergantung dimana mereka berada..

Tapi yg teejadi kan ga begitu.. ciri2 para monyet turun pohon itu cendrung seragam.. Ciri manusia yg ada di afrika dan asia secara garis besar mirip2, hanya perbedaam warna kulit dan postur tubuh yang berbeda..

Harusnya ada dong manusia di mana gitu yg masih punya ekor, masih lebat bulunya, masih memiliki kaki pemanjat, dlsbnya.. emoticon-Big Grin

Kan ga semua tempat kemudia jadi savana.. Ga semua tempat kehilangan pepohonan.. Dan kalo itu terjadi, harusnya kita bisa menemukan dong speisies manusia air seperti aquaman.. Yg memiliki organ ikan, tapi berfikir seperti manusia..

Secara spesifik kenapa hanya para kera yg turun pohon itu aja yg akal pikirannya berkembang? Kenapa tidak ada ikan yg berfikir? Apakah kehidupan di dalam laut tidak cukup berat untuk membuat otak mereka berevolusi?

Quote:Ada beberapa alasan.
Misal moyang manusia banyak beraktivitas di air, dan rambut yagn lebat akan menjadi penghambat. Skenario lain seperti yang digambarkan di atas, saat hutan (yagn sejuk) berubah menjadi savana yang panas, rambut yang lebat malah akan membuat mereka kepanasan. Tentu saja kehilangan rambut bukanlah hal sempurna. Mereka akan lebih mudah kehilangan panas di siang hari, namun juga akan lebih mudah kehilangan panas di malam hari.


Tetap tidak menjawab kenapa ciri2 fisik mereka seragam..

Padahal manusia tinggal di lingkungan yg berbeda... Kenapa cirinya sama? Harusnya manusia yg hidup di daerah dingin tetap memiliki bulu lrbat dong? Dan harusnya manusia yg hidup di hutan tetap memiliki fisik seperti kera.. Punya 4 tangan.. emoticon-Big Grin

Pokoknya ini semua terlalu di paksakan.. emoticon-Big Grin

Quote:Evolusi memang tidak sempurna, termasuk evolusi manusia.
Bipedalisme memberi manusia banyak keuntungan, tapi juga memiliki beberapa sisi negatif. Diantaranya manusia menjadi satu-satunya vertabrata yang berpotensi sakit punggung. Juga membuat jalur lahir menjadi sempit, sehingga mempertinggi potensi pendarahan yang bisa membahayakan nyawa ibu melahirkan.


Terdengar seperti dugaan belaka.. emoticon-Big Grin
Diubah oleh filusufkacang
1 0
1
argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi
14-04-2019 20:38
Quote:Original Posted By exspie
Biar dijawab ahliny gan, ane bukan ahliny

Pengen komen, tumben ini belum dibilang monyetis, yaudah ane duluan,

monyetis lu ganemoticon-Ngakak (S)


Karena gue ga suka biologi.. Maka monyet dan kera adalah sama.. emoticon-Leh Uga
0 0
0
argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi
14-04-2019 20:38
Quote:Original Posted By beritapalestina
rrrrrrr....monyet bukanlah kata yg tepat

krn mereka lari lari di savana afrika utk berburu..akhirnya lama kelamaan bulu tersebut tidak lg dibutuhkan krn cm bikin gerah doang

kalau memang niat ingin tau bisa bc buku ini :

argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi

dijelasin semua pertanyaan loe,termasuk knp manusia bisa menjadi penguasa dunia jauh meninggalkan kerabat2 binatang lainnyaemoticon-Embarrassment


Berarti semua manusia yg ada di bumi ini awalnya berasal dari afrika? emoticon-Leh Uga
0 0
0
argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi
14-04-2019 20:40
Quote:Original Posted By jamie76
Bulu ane banyak om tapi ane bukan kera emoticon-Leh Uga

Selagi masih berlabel "teori" evolusi, ada kemungkinan apa yang dikemukakan charles darwin suatu saat nanti dapat dipatahkan alias "debunked".

Sebagaimana teori geosentris dan teori abiogenesis


Gue juga ga percaya tuhan sih..

Tapi tetep teori evolusi yg serta merta itu terlalu aneh..

Gue ga percaya ada yg namanya manusia pertama..

Tapi gue yakin bahwa di masa kapanpun yg namanya manusia itu ya tetaplah manusia.. emoticon-Bingung
1 0
1
argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi
14-04-2019 20:46
menurut teori evolusi, ikan di laut itu mungkin aja sodara jauh manusia..


bawah ane keturunan gurita
1 0
1
argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi
14-04-2019 20:50
Jadi. Semua makhluk di alam ini ada penciptanya atau tidak ?
0 0
0
argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi
14-04-2019 20:55
Quote:Original Posted By filusufkacang


Berarti semua manusia yg ada di bumi ini awalnya berasal dari afrika? emoticon-Leh Uga


kalau yg kamu mksd homo sapiens berjalan dua kaki yg cerdas yg dalam "waktu singkat" menaklukkan dunia yg keturunannya adalah kita,maka jawabannya iya

menurut bukti bukti yg tersaji memang "out of africa" theory plg populer dan relevan

hanya saja temuan temuan terbaru menunjukkan sepertinya mereka telah menyebar lbh lama dari yg diperkirakan para ahli
0 0
0
argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi
14-04-2019 20:57
Quote:Original Posted By Portaldugem
Jadi. Semua makhluk di alam ini ada penciptanya atau tidak ?



kalau kamu tny saya,saya agnostik,tidak percaya kun fayakun dan tuhan seperti penggambaran agama samawi,apaalgi kisah kisah penciptaan manusia nya
0 0
0
argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi
14-04-2019 21:04
Quote:Original Posted By filusufkacang
Yg pertama lu harus baca kata kunci gue di awal.. Gue ga suka pelajaran biologi.. Jadi gue ga perduli dengan perbedaan istilah antara monyet, kera, dlsbnya itu.. Menurut gue mereka sama aja.. emoticon-Big Grin

Lalu?
Jika agan gak suka biologi, agan gak paham istilah, agan gak tertarik belajar, berarti sisa post agan cuma omong kosong?

Quote:Original Posted By filusufkacang

Ya untuk alasan apa? Bukankah itu terlalu beresiko..

Lebih banyak ancaman dimana? Di darat atau di pohon? Lebih banyak sumber makanan di mana? Di darat atau diatas pohon? Kenapa mereka turun pohon?

Menurut gue ga ada alasan yg cukup logis..

Sekali lagi, jika habitat berubah, apa cara hidup lama masih bisa dipakai?

Quote:Original Posted By filusufkacang
Nah kalo ini terjadi, harusnya penyebaran populasi manusia tidak merata...

Memang tidak.
Manusia purba bermigrasi keluar Afrika pun dalam banyak gelombang, dan mayoritas berakhir dengan kepunahan.
Manusia luar Afrika sekarang berasal dari gelombang migrasi sejak puluhan ribu tahun silam, dan saat itu semua sudah merupakan sapiens sapiens.

Atau agan kira kera dari berbagai belahan dunia semua berubah jadi manusia? emoticon-Bingung (S)
4 0
4
argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi
14-04-2019 21:09
bahasan yng buat pening kepala
untungnya gua goblok ma biologi emoticon-Wakaka

kalo elu asal dari warek, kera, monyet, orangutan juga kenapa toh gak ada efeknya terhadap kehidupan sekarang
biarlah expert dan professor neliti sampe kepala mereka botak
kita tinggal manut kepada hasil toh kalo ada hasil bagus kan nnti kyk blackhole yng udah kefoto itu
1 0
1
argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi
14-04-2019 21:15
thread manusia kera nih emoticon-Big Grin gak ada obatnya haha emoticon-Ngakak (S)
1 1
0
argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi
14-04-2019 21:25
bingung jd nya
0 0
0
argumen "missing-link" tidak relevan utk mematahkan teori evolusi
14-04-2019 21:28
ane nyimak aj gan emoticon-Malu (S)
0 0
0
Halaman 3 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia