abbecedeAvatar border
TS
abbecede
Review Samsung Harga Sejutaan Galaxy M10. Layak Beli Kah?

Selamat pagi/siang/sore/malam
Ketemu lagi sama abbecede!

Kali ini, gue mau sharing pengalaman nyobain smartphone terbaru dari Samsung yaitu Samsung Galaxy M10. Smartphone ini udah dipake semingguan lebih. Gimana rasanya?


Buat yang belum tau Samsung Galaxy M10, ini adalah ‘adik’ dari Samsung Galaxy M20, yang sempet dicari-cari sama gadget loverdi Indonesia. Adiknya ini juga udah ditunggu-tunggu, karena harganya yang murah untuk smartphone sekelas Samsung. Yaitu 1,6 jutaan aja. Nggak heran kan, munculnya Samsung Galaxy M10 ini bikin rame jagat per-gadget-an tanah air.


Layaknya membeli hape baru, kelengkapan yang kita dapet seperti unit smartphone-nya (pasti lah ya!), kabel charger tipe usb, kepala charger, buku panduan, sim ejector dan earphone. Kalo brand lain, biasanya suka jarang nih ada earphone-nya. Iya gak? Cuman sayang nih GanSis, kita nggak dapet case bawaannya, padahal biasanya Samsung suka ada. Tapi gapapa, masih bisa kita beli. Nggak pake pun gak masalah.

Judge a smartphone by its design!

Kata-kata di atas tepat sih menurut gue. Karena gue nggak cuma liat spek tapi juga desain dan kenyamanan. Samsung Galaxy M10 memiliki layar 6.2 inchi dengan poni unik yang Samsung kasih nama Infinity-V Display. Jujur ya, dengan layar segede itu, hape ini masih nyaman banget digenggamnya. Mungkin karena bodi-nya tipis kali ya, Gansis. Kombinasi layar yang lebar dan Infinity-V Display tadi, bikin asik sih buat nonton video dan main game. Berasa lapang.


Layar Samsung Galaxy M10 beratio 19:9 dengan resolusi HD+ 720 x 1520 pixel. Meski cuma berpanel LCD, tapi layarnya seperti layar AMOLED. Gonjreng. Kalo kata istri gue, “Ini mah orang nggak bakal tau kalo harganya 1 jutaan”. Hahaha.

emoticon-Coolemoticon-Cool emoticon-Cool

Nggak jauh beda dari hape-hape Samsung lain, di sisi kanan itu ada tombol power, juga volume up & down. Di bagian bawah, ada lubang charger, lubang jack audio, dan mic. Yang lucunya, lubang speaker ada di bagian belakang nih Gansis, barengan sama kamera dan flash. Di sisi kiri, ada tempat untuk menaruh sim card 2 buah dan micro SD.


Jujur sih Gan, dari segi bodi dan desain, gue suka sama Samsung Galaxy M10 ini. Bodi belakangnya emang terbuat dari plastik kokoh, tapi yang gue suka, desain bodi belakangnya nggak kayak hape-hape lain yang warnanya ngejreng. Ini cukup kalem sih kalo kita nggak mau pake case.

Dual kamera yang ….

Ini wajib gue bahas sih. Karena Samsung menjadikan dual kamera ini sebagai daya tarik Samsung Galaxy M10. Berada di kelas bawah, Samsung membenamkan Galaxy M10 dengan kamera utama 13 MP dan 5 MP dan kamera depan 5 MP. Pada kamera utamanya, Samsung memberikan fitur-fitur seperti Beauty, Pro, Panorama dan Live Focus yang bisa bikin efek bokeh.


Dan hasilnya sangat mengejutkan Gansis, untuk ukuran smartphoneseharga satu jutaan. Apik! Buat Agan dan Sista yang punya budget di bawah dua juta dan mau punya hape yang kameranya bagus, gue saranin sih beli Samsung Galaxy M10 ini. Nggak percaya? Cek deh hasil foto-foto gue pake nih smartphone!


Difoto pakai Live Focus (10 April 2019)


Difoto pakai Live Focus (10 April 2019)


Foto gedung depan kantor (4 April 2019)


Foto cricket tanpa Live Focus juga bokeh(6 April 2019)


Biarkan temen yang selfie pake kamera depan 5 Mp (8 April 2019)

Terus, speknya bagaimana?

Kita lanjut ke bagian yang nggak kalah pentingnya Gansis. Samsung Galaxy M10 dipersenjatai RAM 2 GB dengan ROM 16 GB serta menggunakan prosesor 1.6 GHz Octa Core. Berdasarkan pengalaman gue selama semingguan ini, buat kebutuhan sehari-hari kayak chattingan, browsingan, nonton video, dan main game-game ringan kayak Ludo King, Dinner Dash, dan Mario Run sih masih bisa dilibas dengan baik. Kalo kata kaskuser, lanjar jaya Gan!

Terus bagaimana kalo buat game-game berat? Sejujurnya, gue nggak biasa main game kayak PUBG, Speed Drifter, atau Asphalt. Tapi demi mencoba pengalaman pake Samsung Galaxy M10 ini, gue bakal coba main.


Hasilnya bagaimana? Pas gue mainin Asphalt di Galaxy M10 ini, masih enak banget. Tanpa pengaturan apapun, balap-balapan di smartphone ini lancar banget dan gue menang terus. Hahaha karena masih babak awal. Kalo untuk main PUBG, dengan settingan grafis balance, frame rate medium alhamdulillah tanpa lag Gansis. Udah gitu karena layarnya yang lega, pengalaman main game gue jadi tambah nyaman.

Lanjut ke segi baterainya, dengan baterai 3400 mAh kalo lagi pemakaian standar Samsung Galaxy M10 ini bisa tahan seharian lebih. Kalo untuk main game terus-terusan, buka video di instagram, buka youtube, alias pemakaian lumayan berat, smartphone ini bisa bertahan kurang lebih setengah hari. Bisa dibilang, awet juga baterai yang ada di Samsung Galaxy M10 ini.


Overall, dilihat dari harganya yang sejutaan dan spek yang dibawanya, Samsung Galaxy M10 ini bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari kayak chattingan, media sosial, nonton video, foto-foto, main game, dan ngecek lampiran di email, mantul banget Gan. Nggak nyesel gue udah beli ini hape. Nah buat Gansis yang udah beli Samsung Galaxy M10 ini juga, alias samaan kayak gue, boleh dong berbagi pengalamannya di thread ini.

Buat yang belum punya dan pengen nanya-nanya, silahkan tanyain aja. Kalo gue bisa jawab bakal gue jawab, kalo gue nggak bisa jawab, siapa tau ada kaskuser lainnya yang bisa bantu jawab. Terima kasih Agan dan Sista. Keep sharing!



Diubah oleh abbecede 11-04-2019 08:21
creztian
orgbekasi67
nona212
nona212 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
16.1K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.8KThread8.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.