News
Batal
KATEGORI
link has been copied
92
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca87f8ba2d19533972a2875/keren-penampakan-sisi-gelap-bulan
pernah gak sih agan/sista bayangin bagaimana sih sisi gelap bulan? sisi gelap bulan itu loh gan yang gak bisa di lihat dari bumi, entah lewat mata telanjang, ataupun dengan telescope. nah pada tanggal 22 februari 2019 wahana antariksa milik israel "beresheet" (di ambil dari bahasa yahudi yang artinya asal muasal)
Lapor Hansip
06-04-2019 17:29

keren penampakan sisi gelap bulan!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
keren penampakan sisi gelap bulan!

Quote:
pernah gak sih agan/sista bayangin bagaimana sih sisi gelap bulan?
sisi gelap bulan itu loh gan yang gak bisa di lihat dari bumi, entah lewat mata telanjang, ataupun dengan telescope.

nah pada tanggal 22 februari 2019 wahana antariksa milik israel "beresheet" (di ambil dari bahasa yahudi yang artinya asal muasal)
resmi meluncur dari cape canaveral florida amerika serikat. (bersama satelit nusantara satu milik PT. pasifik satelit nusantara)

"Beresheet" dibuat oleh perusahaan swasta Israel SpaceIL bekerjasama dengan Israel Aerospace Industries (IAI). Beresheet bertujuan untuk meneliti medan magnet Bulan dan memahami asal-usulnya.

Ketika Nusantara Satu menyempurnakan orbitnya di sekitar Bumi, Beresheet akan memulai perjalanan sejauh 384.000 kilometer atau 10 kali jarak antara Bumi dan Bulan, Sebab roket tidak melalui jalur lurus, yang bisa ditempuh dalam durasi beberapa hari saja. 

Roket akan melintasi orbit membulat untuk secara bertahap mendekati Bulan. Waktu tempuhnya mungkin dua bulan, tapi hal ini akan menghemat bahan bakar. Baresheet mendarat di bulan pada bulan April nanti.

Kalian bisa melihat video penggambaran perjalanan Baresheet disini:
youtube

sebelumnya wahana antariksa "beresheet" sempat berfoto selfie dengan bumi loh gan!
CGI


Setelah berhasil memasuki orbit bulan kemarin. Beresheet, wahana antariksa Israel yang sebentar lagi akan mendarat di bulan mengirim dua fotonya di orbit bulan ke bumi.

CGI


CGI


Beresheet diluncurkan bersama dengan satelit Indonesia Nusantara Satu pada tanggal 22 Februari 2019 lalu dan dijadwalkan mendarat di Bulan pada tanggal 11 April 2019 nanti di utara Mare Serenitatis.


Saat ini beresheet akan terus mengorbit Bulan hingga orbitnya sejajar dengan Mare Serenitatis. 


Jika berhasil mendarat, Beresheet akan menjadi wahana antariksa swasta pertama yang mendarat di bulan dan juga Israel akan menjadi negara keempat yang mampu mendaratkan wahananya di Bulan. Uni Soviet adalah negara pertama yang menaklukkan misi tersebut pada Februari 1966. Nama wahananya Luna 9. Amerika Serikat menyusul dengan Surveyor 1 pada Juni di tahun yang sama. Cina menjadi yang ketiga dengan mendaratkan Chang’e 3 pada 2013.







keren penampakan sisi gelap bulan!
Diubah oleh mr.ayah
7
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
keren penampakan sisi gelap bulan!
13-04-2019 08:56
btw bulan itu gak berotasi oada porosnya kaya bumi ya ?
0 0
0
keren penampakan sisi gelap bulan!
13-04-2019 09:08
Quote:Original Posted By jamesbenlee
btw bulan itu gak berotasi oada porosnya kaya bumi ya ?

Bulan itu mengalami tidal locking dengan bumi.
Jadi kala rotasinya sama dengan kala revolusi, sehingga sisi bulan yang menghadap bumi selalu sama.
1 1
0
keren penampakan sisi gelap bulan!
13-04-2019 09:15
Quote:Original Posted By shinhikarugenji
Bulan itu mengalami tidal locking dengan bumi.
Jadi kala rotasinya sama dengan kala revolusi, sehingga sisi bulan yang menghadap bumi selalu sama.


Makasih ya gan buat pencerahannya emoticon-thumbsup
0 0
0
keren penampakan sisi gelap bulan!
13-04-2019 09:15
keren bree fotonya emoticon-Matabelo
+62 masih sibuk kopar kapir emoticon-Cape d... emoticon-Ngacir2
0 0
0
keren penampakan sisi gelap bulan!
13-04-2019 09:30
sebagai penganut bumi bengkok, ini pasti buatan Pixar studio deh emoticon-Big Grin
1 0
1
keren penampakan sisi gelap bulan!
13-04-2019 09:32
Ada alien lagi berak nggak disana?
0 0
0
keren penampakan sisi gelap bulan!
13-04-2019 09:36
dark side of the moon mantap, btw katanya ada nazi disana wkwk emoticon-Ngakak:
0 0
0
keren penampakan sisi gelap bulan!
13-04-2019 09:37
canti’na ayah
0 0
0
keren penampakan sisi gelap bulan!
13-04-2019 10:02
bopeng
0 0
0
keren penampakan sisi gelap bulan!
13-04-2019 10:19
Sebenarnya sisi gelap bulan itu ga ada emoticon-Big Grin
0 0
0
keren penampakan sisi gelap bulan!
13-04-2019 10:30
Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Astogeeeee... Ada di mari jugak ternyata...
emoticon-DP


Oh ada donk
1 0
1
keren penampakan sisi gelap bulan!
13-04-2019 10:31
Quote:Original Posted By kakekane.cell
Dia jujur nggk bakal boong.. emoticon-Kaskus Radio


Ada Nini Carlina
emoticon-Mewek
1 0
1
keren penampakan sisi gelap bulan!
13-04-2019 10:32
ouh, ternyata begitu
0 0
0
keren penampakan sisi gelap bulan!
13-04-2019 10:32
Quote:Original Posted By Xclub
Para astronotnya langsung pada auto balik ke bumi gan emoticon-Takut (S)


Bulannya marah2 pasti emoticon-Big Grin
1 0
1
keren penampakan sisi gelap bulan!
13-04-2019 10:32
wahhh cakep banget gannn, ijin bookmark gan hehe
1 0
1
keren penampakan sisi gelap bulan!
13-04-2019 10:38
Quote:Original Posted By ritsco
Ada Nini Carlina
emoticon-Mewek


Nini carlina msh hidup kah...? emoticon-Amazed
0 0
0
keren penampakan sisi gelap bulan!
13-04-2019 10:40
Informasi yang bagus gan, menambah pengetahuan kita mengenai bulan
0 0
0
keren penampakan sisi gelap bulan!
13-04-2019 10:42
Quote:Original Posted By shinhikarugenji
Palsu itu cuma shi gi ai, gak ada bintangnya! emoticon-Mad (S)

emoticon-Ngakak

Tapi bagian jarak apa gak ambigu?
Dibilang akan menempuh 384 ribu km, tapi dibilang juga itu 10x jarak bumi-bulan?
Bukannya nilai 384 ribu justru nilai rata-rata jarak bumi-bulan?


Sebab roket tidak melalui jalur lurus, yang bisa ditempuh dalam durasi beberapa hari saja. 
0 0
0
keren penampakan sisi gelap bulan!
13-04-2019 10:47
wah ini bisa jadi ada orang lagi yang kebulan emoticon-Wagelaseh emoticon-Toast emoticon-2 Jempol
bisa datang bulan neh emoticon-Ngakak
0 0
0
keren penampakan sisi gelap bulan!
13-04-2019 10:47
Quote:Original Posted By kakekane.cell
Nini carlina msh hidup kah...? emoticon-Amazed


Ane kurang paham juga nih
1 0
1
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia