fajraadhaAvatar border
TS
fajraadha
Pulau Jawa Yang Dianggap Misterius Karena Sebuah Peta


Semenjak dari zaman dahulu pulau jawa merupakan pulau yang sangat menarik dan menjadi pulau yang sangat kaya. Sebuah pulau di indonesia yang menjadi primadona bagi negara lain.

Bangsa - bangsa besar di dunia berlomba lomba untuk datang ke indonesia dan berbondong bondong untuk menjadi penguasa pulau jawa. Pada abad ke 16 pada masa penjelajahan samudra peta indonesia dan tentunya pulau jawa sudah tercipta.



Pencipta peta pulau jawa yang pertama adalah seorang kartograf yang berasal dari negara belgia. Kartograf ini bernama abraham ortellius selain terkenal sebagai kartograf abraham ortellius merupakan seorang geograf yang terkenal di belgia.

Abraham ortellius pernah menerbitkan selembar peta yang menggambarkan sebuah kawasan yang masa sekarang disebut sebagai asia tenggara. Peta ini diberi judul indiae orientalis peta ini dibuat dan diterbitkan pada tahun 1570.

Didalam lembar peta indiae orientalis yang menggambarkan wilayah asia tenggara, tentu juga terdapat peta indonesia dong. Tapi sayangnya karena peta ini dibuat dengan minim informasi serta peta ini dibuat berdasarkan pengakuan dari para penjelajah samudra maka, bentuk peta pulau jawa yang digambarkan sangat jauh berbeda dengan peta yang saat ini ada.

Pulau jawa digambarkan dengan sangat besar bahkan lebih besar dua kali lipat dibandingkan pulau kalimantan. Dengan bentuk yang bulat dan cembung.



Bahkan dalam peta yang dibuat oleh kartografer willem lodewijcksz peta pulau jawa digambarkan terpotong seolah olah pada zaman itu pulau jawa merupakan pulau yang sangat misterius.

Peta yang dibuat oleh para kartografer kuno ini berasal dari informasi para penjelajah samudra, salah satunya adalah marcopolo mengatakan bahwa pulau jawa adalah pulau terbesar di dunia.



Pulau jawa mulai berbentuk seperti sekarang dimulai pada peta yang pernah diterbitkan oleh jodocus hondius. Semua berawal dari perjalanan pelaut inggris yang menyusuri pantai selatan jawa. Sehingga bentuk rupa pulau jawapun semakin terkuak dan sudah mulai menyerupai bentuk aslinya.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Tulisan : pemikiran TS
Gambar : google
Referensi : ini
rotten7070
catros
BejhoDeViruz
BejhoDeViruz dan 26 lainnya memberi reputasi
27
20.1K
121
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.