alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cad193d97751339a27f03cf/inilah-yang-semestinya-harus-dipahami-suami-istri-tentang-keuangan-keluarga
Lapor Hansip
10-04-2019 05:14
Inilah yang Semestinya Harus Dipahami Suami Istri Tentang Keuangan Keluarga
Past Hot Thread
Bicara tentang keuangan memang sesuatu hal yang sensitif, tak jarang karena masalah uang menjadi sebuah konflik dan keributan. Hilangnya uang walaupun sedikit seringkali diperbincangkan dan dipermasalahkan terlebih jika itu uang yang buat kepentingan yang mendesak dan harus segera dipenuhi. Semua orang memang butuh uang baik tua maupun muda, maka janganlah heran bila jika membahas tentang uang pasti selalu sensitif.
Inilah yang Semestinya Harus Dipahami Suami Istri Tentang Keuangan Keluarga

Credit : gurusyam.com

Bicara tentang permasalahan rumah tangga tentunya tak sesimpel yang dikira, karena tak sedikit permasalahan-permasalahan rumah tangga yang hadir mulai dari sesuatu yang sepele hingga yang serius. Permasalahan yang ada bisa saja disebabkan oleh beberapa hal mulai dari masalah cinta seperti adanya orang ketiga dalam rumah tangga, cemburu dan lain sebagainya. Bukan hanya permasalahan cinta semata namun juga masalah lain pun tak jarang menerpa, yaitu masalah tentang keuangan di keluarga.

Bicara tentang keuangan di keluarga memang sesuatu yang terkadang rumit, tak jarang konflik dan permasalahan yang terjadi karena sebab kondisi ekonomi dan keuangan. Menjalani rumah tangga memang tak jarang ada godaannya, bagi mereka yang tak kuat seringkali rumah tangga yang dibangun ujung-ujungnya kandas di tengah jalan. Perceraian dalam rumah tangga sebaiknya harus bisa dihindari terlebih saat sudah punya anak. Permasalahan keuangan di keluarga baiknya bisa dicari solusinya agar bisa menjalin rumah tangga yang bahagia dan harmonis.

Dalam keuangan keluarga baik istri ataupun suami harus bisa mengerti dan memahami satu sama lain terkait dengan keuangan keluarga. Bagi suami sebagai kepala keluarga tentunya harus bisa mencari nafkah sebanyak mungkin demi membahagiakan istri dan anak, saat kebutuhan semakin banyak tentu penghasilan pun harus dinaikkan. Saat mengasih uang ke istri pun sudah semestinya tidak membatasi atau pelit selama itu dalam hal batas kewajaran, saat istri punya keinginan maka baiknya dituruti selama tidak berlebihan. Namun saar istri menuntut lebih sedangkan penghasilan suami hanya itu-itu saja dan sulit bertambah tentu suami harus bisa mengajarkan dan menasehati istri untuk bisa menggunakan uang secara bijak agar tidak boros dalam pengeluaran. Begitu juga saat suami ingin beli kebutuhan pribadi yang sekiranya mahal tentu harus dirundingkan terlebih dahulu dengan istri agar tidak ada percekcokan di kemudian hari.

Bagi istri tentunya harus bisa menahan diri dan melihat kondisi keuangan keluarga, Tahanlah diri dari keinginan yang tak perlu karena bagi suami mencari uang itu bukan perkara yang mudah. Jikapun banyak keinginan baiknya cari pekerjaan yang dapat menghasilkan namun tidak mengganggu pada tugas seorang istri di rumah tangga, istri boleh-boleh saja bekerja selama ada izin dari suami dan tak lupa dengan urusan rumah tangga. Jangan sampai saat banyak keinginan malah terlalu berharap dan bergantung pada suami yang ujungnya suami berhutang kesana kemari demi membahagiakan istri tercinta, bahkan yang lebih ironis saat suaminya jatuh miskin karena berhutang malah istrinya tersebut minta cerai pada suaminya yang telah berkorban mati-matian untuknya.
Inilah yang Semestinya Harus Dipahami Suami Istri Tentang Keuangan Keluarga

Credit : kompas.com

Keuangan keluarga sudah semestinya bisa dipahami secara benar oleh suami dan juga istri, untuk itulah demi menghindari dari berbagai permasalahan yang di inginkan tentu harus bisa saling mengerti satu sama lain terkait keuangan keluarga. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi, Pengalaman Pribadi dan Inspirasi dari kehidupan
Sumber gambar via google images
9
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 4
12-04-2019 09:56
Quote:Original Posted By hard.line
Bukan gaya kodok gan? emoticon-Ngakak


Ya enggak dong emoticon-Cool
0
12-04-2019 09:57
Quote:Original Posted By falconersoul
kelas persiapan sebelum menikah ya gan emoticon-Toast


Untuk yang belum dan yang udah nikah gan emoticon-Big Grin
0
12-04-2019 10:18
bisa juga dimulai dengan sama-sama membahas tabungan rutin, pengeluaran rutin dan biaya tak terduga.
0
12-04-2019 10:18
Quote:Original Posted By tafakoer
Bicara tentang keuangan memang sesuatu hal yang sensitif, tak jarang karena masalah uang menjadi sebuah konflik dan keributan. Hilangnya uang walaupun sedikit seringkali diperbincangkan dan dipermasalahkan terlebih jika itu uang yang buat kepentingan yang mendesak dan harus segera dipenuhi. Semua orang memang butuh uang baik tua maupun muda, maka janganlah heran bila jika membahas tentang uang pasti selalu sensitif.
Inilah yang Semestinya Harus Dipahami Suami Istri Tentang Keuangan Keluarga

Credit : gurusyam.com

Bicara tentang permasalahan rumah tangga tentunya tak sesimpel yang dikira, karena tak sedikit permasalahan-permasalahan rumah tangga yang hadir mulai dari sesuatu yang sepele hingga yang serius. Permasalahan yang ada bisa saja disebabkan oleh beberapa hal mulai dari masalah cinta seperti adanya orang ketiga dalam rumah tangga, cemburu dan lain sebagainya. Bukan hanya permasalahan cinta semata namun juga masalah lain pun tak jarang menerpa, yaitu masalah tentang keuangan di keluarga.

Bicara tentang keuangan di keluarga memang sesuatu yang terkadang rumit, tak jarang konflik dan permasalahan yang terjadi karena sebab kondisi ekonomi dan keuangan. Menjalani rumah tangga memang tak jarang ada godaannya, bagi mereka yang tak kuat seringkali rumah tangga yang dibangun ujung-ujungnya kandas di tengah jalan. Perceraian dalam rumah tangga sebaiknya harus bisa dihindari terlebih saat sudah punya anak. Permasalahan keuangan di keluarga baiknya bisa dicari solusinya agar bisa menjalin rumah tangga yang bahagia dan harmonis.

Dalam keuangan keluarga baik istri ataupun suami harus bisa mengerti dan memahami satu sama lain terkait dengan keuangan keluarga. Bagi suami sebagai kepala keluarga tentunya harus bisa mencari nafkah sebanyak mungkin demi membahagiakan istri dan anak, saat kebutuhan semakin banyak tentu penghasilan pun harus dinaikkan. Saat mengasih uang ke istri pun sudah semestinya tidak membatasi atau pelit selama itu dalam hal batas kewajaran, saat istri punya keinginan maka baiknya dituruti selama tidak berlebihan. Namun saar istri menuntut lebih sedangkan penghasilan suami hanya itu-itu saja dan sulit bertambah tentu suami harus bisa mengajarkan dan menasehati istri untuk bisa menggunakan uang secara bijak agar tidak boros dalam pengeluaran. Begitu juga saat suami ingin beli kebutuhan pribadi yang sekiranya mahal tentu harus dirundingkan terlebih dahulu dengan istri agar tidak ada percekcokan di kemudian hari.

Bagi istri tentunya harus bisa menahan diri dan melihat kondisi keuangan keluarga, Tahanlah diri dari keinginan yang tak perlu karena bagi suami mencari uang itu bukan perkara yang mudah. Jikapun banyak keinginan baiknya cari pekerjaan yang dapat menghasilkan namun tidak mengganggu pada tugas seorang istri di rumah tangga, istri boleh-boleh saja bekerja selama ada izin dari suami dan tak lupa dengan urusan rumah tangga. Jangan sampai saat banyak keinginan malah terlalu berharap dan bergantung pada suami yang ujungnya suami berhutang kesana kemari demi membahagiakan istri tercinta, bahkan yang lebih ironis saat suaminya jatuh miskin karena berhutang malah istrinya tersebut minta cerai pada suaminya yang telah berkorban mati-matian untuknya.
Inilah yang Semestinya Harus Dipahami Suami Istri Tentang Keuangan Keluarga

Credit : kompas.com

Keuangan keluarga sudah semestinya bisa dipahami secara benar oleh suami dan juga istri, untuk itulah demi menghindari dari berbagai permasalahan yang di inginkan tentu harus bisa saling mengerti satu sama lain terkait keuangan keluarga. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi, Pengalaman Pribadi dan Inspirasi dari kehidupan
Sumber gambar via google images


Harus bijak bersikap
1
12-04-2019 10:28
enaknya kalo bisa cari uang sendiri si istri ga melulu jagain suami, suami emang tetap hrs kasih nafkah itu pasti emoticon-Toast
kerja jg terserah mo dirumah pun jg ITS oke, asalkan sih sama2 tahu cara memanage keuangannya aja gmn emoticon-Toast
1
12-04-2019 10:30
makanya kalau pacaran jangan cuma mikir enak2an aja emoticon-Hammer2
giliran nikah, baru beberapa bulan sudah cerai ninggalin benih di rahim emoticon-Cape d...
1
12-04-2019 10:44
WOW, topik yang sangat serius sekali ya hehe.

ane sih alhamdulillah ga pernah ya ribut karena finansial. dengan kondisi yang cari nafkah dimana hanya ane yang berprofesi jual kursi direktur sementara istri sengaja ane amanahkan untuk menjadi ibu profesional full time.

kita sama-sama sepakat bahwa segalanya mesti transparan, termasuk pendapatan jualan yang tak menentu pun ane suka sampaikan ke istri.
demikian pula apa yang istri belanjakan.

ga harus sampai bikin laporan sistematis meski sebenarnya kita bisa bikin. kita cukup saling percaya aja. ga masalah keluar duit berapa banyak dan untuk apa. asalkan dibicarakan.

selain itu kita ngindarin banget tuh yang namanya ngutang, gadai, dsb. karena masing-masing kita udah punya pengalaman pait. mending kita beratahan diawal sesulit apapun daripada, sulit belakangan.
emoticon-Jempol
Alhamdulillah gan kita tentram aja, ga defisit... dan bahkan dengan konsep menabung di awal. jadi ya kadang sisa ya kadang ngepas.
0
12-04-2019 10:55
alhamdulillah bini ane bisa ngatur keuangan dengan baik emoticon-Malu (S)
1
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
12-04-2019 11:05
nice tips nya gan.,.

Ane seorang suami yang bekerja dan istri ane juga pekerja..

ane udah berbagi pos pengeluaran dengan istri sih gan..
0
12-04-2019 11:32
yang harus di pahami istri adalah;
habiskan uang suami biar gak ngalir dana ke ayam ayam suami ya kan??? udah ngaku ajalah emoticon-Angkat Beer
0
12-04-2019 12:15
hoaaaahem
0
12-04-2019 12:23
itu om, pan katanya pernikahan itu macem workshop ya emoticon-Bingung (S)
Suami yg work, istri yg shop. Begitu bukan emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngacir
2
12-04-2019 12:25
perna ketemu cewe yg kalo berkeluarga harus punya kendaraan roda 4 dulu baru beli rumah.
piye to emoticon-Leh Uga
0
12-04-2019 12:50
ane masih suka dengan pembukuan terpisah.

Bikin 3 rekening
1. Untuk suami
2. Untuk istri
3. Untuk kebutuhan keluarga dan nabung.

Guna rekening suami & rekening istri, masing2 untuk kebutuhan pribadinya. Mau ditabung untuk pribadi juga boleh. Tidak lupa, pembagian besar nominalnya disarankan "sama besarnya"

Guna rekening keluarga ya untuk beli sayur, susu, perbaikan rumah, beli perabot RT, dan lainnya.
1
12-04-2019 12:53
lebih enak hidup pas2an aja om emoticon-Big Grin

pas mau jalan2 pas punya duit...
pas mau beli rumah pas punya duit...
pas mau beli ferrari pas punya duit...
1
12-04-2019 12:54
Quote:Original Posted By sheedzzz
perna ketemu cewe yg kalo berkeluarga harus punya kendaraan roda 4 dulu baru beli rumah.
piye to emoticon-Leh Uga


Biar kalo ena-ena di mobil aja om emoticon-Leh Uga
0
12-04-2019 13:05
Duit gaji semua di berikan ke istri....disaat kita butuh bensin tinggal bilang "yank bensinku entek hehehe" sambil pringas pringis emoticon-Big Grin
1
12-04-2019 13:27
Quote:Original Posted By .hades
itu om, pan katanya pernikahan itu macem workshop ya emoticon-Bingung (S)
Suami yg work, istri yg shop. Begitu bukan emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngacir


Eh iya juga yak seringnya gitu emoticon-Wakaka

Quote:Original Posted By sheedzzz
perna ketemu cewe yg kalo berkeluarga harus punya kendaraan roda 4 dulu baru beli rumah.
piye to emoticon-Leh Uga


Kasian suaminya donk emoticon-Hammer2

Quote:Original Posted By mozillafirefox
ane masih suka dengan pembukuan terpisah.

Bikin 3 rekening
1. Untuk suami
2. Untuk istri
3. Untuk kebutuhan keluarga dan nabung.

Guna rekening suami & rekening istri, masing2 untuk kebutuhan pribadinya. Mau ditabung untuk pribadi juga boleh. Tidak lupa, pembagian besar nominalnya disarankan "sama besarnya"

Guna rekening keluarga ya untuk beli sayur, susu, perbaikan rumah, beli perabot RT, dan lainnya.


Nice info gan emoticon-Recommended Seller

Quote:Original Posted By megatron21
lebih enak hidup pas2an aja om emoticon-Big Grin

pas mau jalan2 pas punya duit...
pas mau beli rumah pas punya duit...
pas mau beli ferrari pas punya duit...


Iya dong harusnya gitu emoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By banyu suro
Duit gaji semua di berikan ke istri....disaat kita butuh bensin tinggal bilang "yank bensinku entek hehehe" sambil pringas pringis emoticon-Big Grin


emoticon-Leh Uga
0
12-04-2019 13:37
yoi gan harus bisa saling ngerti
mesti saling musyawarah di keluarga biar ketahuan enak nya gimana emoticon-Big Grin
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.