• Beranda
  • ...
  • Inspirasi
  • Wejangan dari Akira Kurosawa buat Agan yang Kehilangan Motivasi Menulis

Papa.T.BobAvatar border
TS
Papa.T.Bob
Wejangan dari Akira Kurosawa buat Agan yang Kehilangan Motivasi Menulis

animenewsnetwork.com

*Itu gambar Akira Kurosawa ya gan, bukan Pak Harto emoticon-Peace

*****


mentorless.com

Akira Kurosawa(1910-1998) adalah seorang filmmaker asal Jepang yang punya pengaruh besar di dunia perfilman. Dia telah mendapat pengakuan dari berbagai media internasional, seperti "Asian of The Century" dari Asianweek dan "Lifetime Achievement" dari Academy Awards.

Karya-karyanya, antara lain Rashomon dan Seven Samurai, disebut-sebut sebagai film terpenting sepanjang masa. Filmmaker besar, sebut saja Tarkovsky, Herzog, Kubrick, Coppola, Scorsese, Spielberg, hingga Wes Anderson, juga menaruh hormat padanya.

*****


mentorless.com

Nasihat Akira Kurosawa yang ada dalam threadini ane ambil dari video bertajuk "Akira Kurosawa's great advice to aspiring filmmakers", yang bisa agan temukan dengan mudah di youtube. Video itu sendiri aslinya merupakan cuplikan dari dokumenter berjudul "Akira Kurosawa: My Life in Cinema (Waga Eiga Jinsei)" yang disiarkan pertama kali pada tahun 1993, di saluran TV di negeri sakura. Dalam dokumenter tersebut, Akira Kurosawa menjadi narasumber tunggal yang diwawancarai oleh Nagisa Oshima.

Nah, dalam video pendek youtube yang ane sebutkan di awal, Akira Kurosawa diminta memberi wejangan untuk generasi muda, khususnya yang ingin menjadi filmmaker. Inti dari wejangan yang ia sampaikan adalah modal dasar yang harus dimiliki setiap filmmaker, yaitu bisa menulis skrip, yang ane rasa bisa diterapkan juga di kalangan penulis pemula dari genre apapun.

Ane yang punya ketertarikan menulis, meski cuma sebatas nulis artikel konten, merasa "kesetrum" dan jadi semangat nulis lagi setelah mendengar masukan Akira Kurosawa. Bahkan menurut ane pribadi, petuah dari Akira Kurosawa ini juga bisa dijadikan motivasi bagi para pejuang skripsi atau tugas akhir.

*****

Diledek "Seniornya" Baby Boomers


youtube.com

Barangkali nasihat yang disampaikan cukup mengena bagi ane, terutama karena penyampaian "babah" Akira Kurosawa dalam video ini ringan dan mudah dicerna. Sambil memberi wejangan, sesekali dia "meledek" generasi muda.

Karena video ini diambil bertahun-tahun lalu kemungkinan yang beliau maksud adalah Generasi X (kelahiran sebelum 1980). Tapi ane sebagai Generasi Y, alias milenial, juga merasa "ditampar". Jadi petuahnya beliau ini seakan menampar seluruh generasi di bawahnya. Ya jelas ane gak terima dong, maka dari itu ane ingin membuktikan bahwa anggapan Akira Kurosawa tentang generasi yang lebih muda darinya itu salah.

Meski begitu ane tetap respek sama beliau, sebab kritiknya itu membangunkan ane tanpa terkesan menggurui. Sambil pegang ududdia menyelingi obrolan dengan trivia ringan tentang Balzac (sastrawan besar Perancis dari abad 19) dan Naruse (kawan dekat Akira Kurosawa). Ngobrol santai mengalir ngalor ngidul. Bahasa yang beliau pakai untuk menasihati pun sama sekali tidak berat atau tinggi di awang-awang. Oleh karenanya alih-alih mencoba memodifikasi, ane mencoba menuliskan kembali saja nasihat dari beliau untuk agan-agan sekalian.

*****

#1 "Mampu mengatasi kebosanan ..."


youtube.com

Menulis bukan pekerjaan yang mudah. Balzac, seorang sastrawan besar Perancis, pernah bilang bahwa hal paling penting dan mendasar yang harus dimiliki seorang penulis adalah "kemampuan untuk mengatasi kebosanan saat menuliskan kata demi kata". Menurut Akira Kurosawa itulah syarat utama jika agan ingin menjadi penulis. Sekali agan berhasil menguasai diri agan untuk tetap sabar. Agan akan lancar menulis apapun tanpa masalah berarti.

*****

#2 "... yang kamu butuhkan cuma pensil dan kertas."


openculture.com

Bukan literally, hanya kiasan. Modal peralatan yang dibutuhkan untuk menulis, entah digital atau analog, sangat sederhana, mudah dicari, dan ada di sekitar kita. Bisa di buku, kertas, memo, pakai pulpen, mesin tik, komputer, laptop, smartphone, cari wifi gratisan, numpang hotspot dari tethering ponsel teman, dll. Agan bisa mendayagunakan apa yang agan miliki.

*****

#3 "Bayangkan aktivitas menulis seperti mendaki gunung."



studiodaily.com

Jadikan aktivitas menulis sebagai kebiasaan atau habit agan. Selesaikan misalnya 2 atau 3 halaman per hari, walau mungkin bagi agan itu adalah tugas yang mahaberat. Tapi jika agan berhasil melakukannya secara konsisten dalam beberapa hari, lama kelamaan tulisan agan akan berjumlah ratusan halaman. Kebanyakan penulis pemula ingin memulai menulis dan langsung sampai pada tahap akhir penulisan secara instan, padahal ada proses di balik itu.

Triknya, seperti yang dikatakan oleh Akira Kurosawa, adalah dengan membayangkan aktivitas menulis seperti mendaki gunung. Aturan pertama saat mendaki gunung adalah dengan tidak melihat ke arah puncak, melainkan terus mendaki sambil melihat ke bawah. Saat mendaki akan lebih baik jika agan berjalan selangkah demi selangkah sambil memperhatikan trek pendakian. Sebab jika agan mendaki sambil terus memperhatikan puncak gunung, agan bakalan stres dan frustasi. Jujur, ini petuah yang paling mengena bagi ane.

*****

#4 "Tetap fokus dan yaqueen"



theseventhart.org

Banyak penulis yang berpendapat bahwa aktivitas menulis adalah aktivitas yang berat. Padahal bila sudah menjadi kebiasaan, aktivitas menulis akan terasa ringan. Banyak penulis yang kemudian menyerah di tengah jalan, dengan tidak menyelesaikan tulisan yang sudah ia mulai.

Akira Kurosawa berkata bahwa sekali agan menyerah, maka seterusnya akan begitu. Bila agan biasa menyerah, maka itu akan menjadi habit. Habit itu kemudian membentuk mentalitas menulis agan. Sekali mendapat kesulitan saat sedang menulis, agan akan memilih untuk menyerah.

Akira Kurosawa menganjurkan agan untuk menulis sampai akhir, apapun yang terjadi. Fokus dan percayalah bahwa agan bisa menyelesaikan tulisan agan.

*****

#5 "Banyak membaca dan mengalami."



youtube.com

Untuk menjadi penulis agan harus banyak membaca. Bagi Akira Kurosawa "... creating comes from memory, memory is the source for your creation. You can't create something out of nothing". Jika agan ingin menciptakan sesuatu agan harus "menabung" memori, yang bisa agan dapatkan dari bacaan dan pengalaman sehari-hari.

Menurut Akira Kurosawa sendiri jika agan ingin menjadi penulis, agan perlu membaca beragam bacaan. Akira pribadi merekomendasikan literatur berupa novel-novel klasik Rusia (dia penggemar berat Fyodor Dostoevsky). Tapi yang ane tangkap sih bacaan atau pengalaman apa saja bisa jadi sumber inspirasi bagi agan.

*****

Kalau agan ingin menonton langsung nasihat dari Akira Kurosawa, agan bisa akses video berikut. Thread ini nyaris sepenuhnya mengambil referensi dari situ. Cuma 6 menit kok gan, ada subtitle bahasa inggrisnya juga.



*****

Sekian dari ane Bre & Sis, semoga bermanfaat.
Buatlah "babah" Akira Kurosawa bangga pada agan emoticon-Big Grin
Salam dan sampai jumpa di threadCipt. Papa.T.Bob selanjutnya.
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Toast
Diubah oleh Papa.T.Bob 02-04-2019 09:37
boni1973
king.aslan
tata604
tata604 dan 14 lainnya memberi reputasi
13
6.1K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
Inspirasi
icon
10.5KThread6.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.