totok1112Avatar border
TS
totok1112
Obyek Wisata Religi Syaikh Maulana AL Maghrobi Dan Sumur Kramat
Makam Syekh Maulana Al -Maghrobi adalah Makam Syaikh Tajudin Abdul Qodir bin Abdurrahmam Al-'Alawi(wafat 1095H/1674) terletak di Desa Pesantren Kec Ulujami Kab Pemalang Prov Jawa Tengah.

Sebuah desa yang letaknya di sebelah utara kec petarukan dan kec comal tidak jauh dari pantai.

Syaikh Maulana Tajudin Abdul Qodir adalah sosok ulama tempo dulu yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa beliau meninggal di Pesantren.

Beliau adalah sosok wali yang memberi nama gunung Slamet(Jabal Salamah) yang dulunya bernama gunung Karo.

Habib Luthfi Bin Yahya menuturkan bahwa kakeknya Al-Allamah Al-Habib Hasyim bin Umar bin Yahya setiap hari jum'at bersama santrinya selalu mengunjungi tiga makam di Pekalongan dan sekitarnya,yaitu Makam Wonobodro,Makam Gritan Al-Habib Abubakar bin Yhoha bin Yahya dan Makam Syaikh Maulana Al Maghrobi di Pesantren.

Selain berukuran panjang dengan batu nisan yang khas kerajaan Mataram sebagaimana Makam Syaikh Maulana Al Maghrobi yang lain dengan usia kurang lebih empat abad,makam ini juga memiliki keistimewaan yang lain.Di antaranya adalah terdapatnya sebuah sumur(tuk) di sekitar makam yang airnya terus mengalir.Masyarakat menamainya Sumur Kramat.



Konon menurut cerita para nenek moyang,sumur tersebut muncul akibat pukulan tongkat Syaikh Maulana Al Maghrobi.Sehingga banyak masyarakat yang meyakini bahwa aie tersebut sangat mujarab untuk wasilah pengobatan.
Diubah oleh totok1112 11-01-2019 11:36
0
2.4K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.