moviegangstaAvatar border
TS
moviegangsta
Singapura Surganya Instalasi Seni dan Modern Art!



Kalau kamu pecinta mural dan lukisan-lukisan kreatif di dinding, Haji Lane adalah tempat yang wajib ada di dalam itinerary kamu saat mengunjungi Singapura. Tapi kota ini nggak cuma punya mural aja lho untuk urusan seni. Di sekeliling kota Singapura, ada banyak instalasi seni yang berdiri kokoh di antara gedung-gedung tinggi, yang akan mudah kamu jumpai kala sedang melakukan city tour.


Karya seniman dari dalam dan luar negeri dipamerkan karyanya di tengah kota. Karya seni instalasi ini nggak hanya akan sekedar menambah pengetahuan kamu mengenai seni, tetapi juga tentang sejarah Singapura lebih jauh lagi lewat latar belakang dibuatnya karya seni tersebut. Selain itu, sebagai anak kekinian instalasi seni yang ada di Singapura ini pun Instagenik buat konten Instagram.


Telusuri satu per satu yuk!


1. Di sekitar Singapore River




Dalam perjalanan menuju Patung Merlion, kalau kamu turun di Stasiun MRT Raffles Place dan menelusuri jalan-jalan di antara gedung-gedung perkantoran di dekat Singapore River, kamu akan menemukan beberapa instalasi seni yang sudah ada sejak awal tahun 2000-an. Yang pertama ada di dekat Cavanagh Bridge, sebuah instalasi seni yang diberi judul 'First Generation' karya seniman Chong Fah Cheong yang dibuat tahun 2000. Patung-patung yang terbuat dari perunggu ini menampilkan lima anak laki-laki yang tengah bersenang-senang dan melompat ke Singapore River. 'First Generation' adalah karya seni instalasi yang mewakili imigran generasi pertama di negara ini. Sekaligus menggambarkan posisi sungai tersebut sebagai sarana hiburan mereka kala itu.




Tak jauh dari situ, ada lagi instalasi lain yang berjudul 'The River Merchant’s' karya seniman Aw Tee Hong (2003). Patung-patung yang juga terbuat dari perunggu ini menggambarkan transaksi perdagangan di masa lalu, di tepi Singapore River. Patung-patung tersebut menampilkan sosok Alexander Laurie Johnston yang tengah bermediasi dengan pedagang dari Tiongkok dan Malaysia.


2. Instalasi jelly warna-warni




Bergeser sedikit ke Plaza Singapura, ada sebuah instalasi yang penuh warna. Tentu saja kamu akan tertarik untuk berfoto di sini karena enam patung yang dipajang di Plaza Singapura ini terbilang unik. Patung-patung ini diberi nama Jelly Baby Family, dibuat tahun 2012 oleh seniman Mauro Perucchetti. Ide pembuatan patung ini datang dari permen kenyal berbentuk beruang atau yang dikenal sebagai gummy bears itu lho!


Keunikan patung-patung Jelly Baby Family ini tampak dari warna masing-masing patungnya. Di antaranya merah, kuning, biru, hijau, oranye, dan ungu. Meski idenya datang dari makanan manis yang menggemaskan itu, tapi makna dari instalasi seni ini sungguh dalam GanSis. Jelly Baby Family ingin menggambarkan keluarga yang selalu bersatu dan juga masyarakat modern yang multi-kultur.


3. 24 Hours in Singapore




Salah satu instalasi seni yang jadi favorit TS adalah '24 Hours in Singapore' yang ada di Asian Civilisations Museum sejak tahun 2015 ini. Waktu pertama kali ke Singapura dan juga dalam perjalanan menuju ke Patung Merlion, TS nggak sengaja lewat di depan museum tersebut dan menemukan bola-bola berkilau yang memantulkan pemandangan di sekitarnya itu.


'24 Hours in Singapore' adalah karya seniman Baet Yeok Kuan yang unik. Kalau dilihat dari jauh, memang sangat instagenik bahkan kamu bisa selfie di depan bola-bola stainless steel ini juga GanSis. Tapi kalau dilihat lebih dekat, ada lubang-lubang kecil di beberapa sudut bola-bola ini yang mengeluarkan rekaman suara kehidupan sehari-hari di Singapura. Mulai dari suara kendaraan hingga ingar-bingar di pasar.


4. Tribute untuk Sir Isaac Newton




Siapa yang tidak kenal seniman Salvador Dali? Seniman beraliran surealis asal Spanyol ini punya karya yang juga dipajang di jantung kota Singapura. Tepatnya tak jauh dari UOB Plaza. karya seni Dali ini berjudul 'Homage to Newton' yang dibuat tahun 1985 dan dijadikan sebuah persembahan khusus buat Sir Isaac Newton.


Instalasi seni karya Salvador Dali ini berbentuk manusia abstrak. Karya seni ini ingin merepresentasikan temuan Newton tentang gravitasi karena terdapat buah apel di bagian torso patung tersebut.


5. Mural-mural yang nggak kalah instagenik




Singapura juga surganya mural lho Gan! Terlihat dari banyaknya mural yang tersebar di beberapa wilayah kota. Seperti yang disinggung di depan, Haji Lane mungkin adalah yang paling terkenal. Di kawasan dekat Bugis Street ini, dinding-dinding kafe dan kedai-kedai di sekitarnya dilukis indah sehingga sepanjang lorong kamu akan merasakan sensasi dikelilingi oleh karya seni.




Selain Haji Lane, kamu juga bisa melihat mural lain yang ada di Chinatown. Di sini kamu akan melihat karya seni dengan nuansa yang berbeda. Mural di Chinatown dilukis di dinding sepanjang 40 meter oleh Yip Yew Chong di Amoy Street. Kemudian di Ann Siang Hill juga kamu bisa foto-foto di depan mural ayam jantan besar karya Didier Jaba Mathieu.


Melipir sedikit ke negara "tetangga", di Little India pun ada mural khas yang hanya ada di sini lho! Tak jauh dari stasiun MRT Little India, tepatnya di Kerbau Road, ada kerbau-kerbau penuh warna bahkan ada yang naik sepeda. Mural ini dilukis oleh Eunice Lim. Nggak hanya karya satu seniman ini saja yang ada di sini, Race Course Road punya mural karya Jaxton Su JingXiang yang menampilkan seekor kuda berlari di antara pasar. Unik banget deh!




Yang asli dari Tiongkok sudah, dari India juga sudah, nah yang terakhir ini adalah mural dengan sentuhan budaya Melayu yang ada di Kampong Gelam, di kawasan Bugis. Di sini kamu bisa menemukan mural unik karya Yip Yew Chong tentang sebuah keluarga yang sedang menikmati sate. Selain itu juga ada mural lain yang menggambarkan kegiatan berdagang penduduk Melayu yang menjual anyaman-anyaman. Menarik banget!





Dari seniman lokal hingga seniman internasional punya tempat untuk memajang karya seninya di Singapura. Nggak hanya bisa dinikmati oleh mereka yang menyukai seni, tapi juga oleh kamu para pelancong yang demen banget melakukan city tour. Itu beberapa instalasi seni di jantung kota Singapura yang bisa kamu nikmati dan jadikan bahan posting-an di Instagram. 

Tertarik untuk menjelajahi dan mencari instalasi seni lainnya? Jadwalkan liburan kamu ke Singapura akhir pekan ini GanSis!

emoticon-Traveller




10
8.8K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.