arai01Avatar border
TS
arai01
6 Tipe Ending dalam Anime Beserta Contohnya


Kita semua peduli dengan akhir dari suatu karya fiksi, termasuk anime. Sebuah akhir yang seharusnya tak terelakkan. Ending disini bukan ending sequence yang ane singgung di trit ini, namun ending yang merupakan penyelesaian suatu cerita. Sebuah ending akan menceritakan resolusi dari suatu kisah, yang seringkali menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar karakter dan tujuan. Meski kadang sedih juga kalau suatu anime sudah mencapai babak akhir (terutama anime-anime favorit), namun ending itu mutlak harus ada supaya kisah anime tersebut menjadi utuh, juga karena dapat memberikan kesan spesial terhadap anime itu sendiri.

Anime ending jika dilihat dari konteks penceritaan, pada umumnya dibagi menjadi 6 kategori. Berikut ini adalah ulasannya. Contoh judulnya ane taroh di spoiler ya, supaya yang belum menonton bisa setidaknya memahami konten tulisan ini tanpa spoiler. SPOILERbuat judul-judul yang dicantumkan. Perlu diingat, tulisan ini tak ane sangkut pautkan dengan source material nya maupun aspek adaptasinya, jadi murni dari sudut pandang penikmat anime saja.

So, cekidot ganemoticon-Traveller

1. Explicit Ending
Quote:



2. Implicit Ending
Quote:



3. Unresolved Ending
Quote:



4. Surprise Ending
Quote:



5. Epilog Ending
Quote:



6. Tie-Back Ending
Quote:



Demikianlah beberapa jenis ending anime berdasarkan dari penceritaannya. Semua anime pada dasarnya harus menemui titik akhir, kecuali anime yang memang diperas entertainment value-nya, gak akan dibiarkan berakhir selama masih menghasilkan duit, alias jenis neverending. Namun, ending suatu anime tidaklah mungkin dapat memuaskan semua penonton karena masing-masing penonton mempunyai selera tersendiri. Kadang ane menemui pendapat "anime ini endingnya ngegantung, anime itu endingnya gaje". Itu memang sudah dibuat demikian. Suka atau tidak, ada ilmunya tersendiri. Jadi harapannya kalau menonton anime di masa depan kita dapat mengidentifikasi jenis ending anime tersebut untuk kemudian dapat menelaah dari sudut pandang yang berbeda.
Sekian, CMIIW.emoticon-Ngakak
El. Psy. Congroo.


Quote:
Diubah oleh arai01 30-03-2019 15:31
tata604
tata604 memberi reputasi
17
15K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
icon
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.