alexa-tracking
Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca58ef1337f934d660269e4/motor-matik-apa-manual
Lapor Hansip
04-04-2019 11:58
Motor Matik apa Manual?
Past Hot Thread
Motor Matik apa Manual?

Ane punya 1 motor manual, berkopling malah, sama 1 motor matik. Tapi plis jangan tanya taun berapanya ya Gan, dua-duanya udah tuwir, huehehehe.
Meskipun ane pada awalnya suka motor manual, tapi lama-lama ane jatuh cinta juga ma motor matik. Nah ini mau ane bahas plus minusnya dulu nih, berdasara pengalaman ane.

Kelebihan Motor Manual

Motor manual tarikannya OK, apalagi yang berkopling manual. Kan motor manual ada yang kopling otomatis, tinggal injek gigi aja ga perlu tarik tuas kopling. Ada juga yang tarik tuas kopling dulu buat pindahin gigi. Dua-duanya akselerasinya lebih OK dibanding motor matik. Gk malu-maluin lah.
Motor manual lebih tahan banting dibanding motor matik. Ini terbukti bahwa motor manual jarang bermasalah seperti motor matik. Apalagi kalo menghadapi medan banjir. Meskipun tidak disarankan menerobos banjir dalam kondisi mesin nyala, motor manual lebih bisa diandalkan. Pake matik, hmmm.. siap-siap ngedorong aja Gan.
Motor manual mudah ngerawatnya. Bisa jadi karena konstruksi mesinnya lebih simpel dan memang teknologinya sudah ada sejak lama.
Bandrol motor manual lebih bersahabat dibanding motor matik, Gan.
Hemat BBM. Nah, ini yang paling penting, Gan! Hehehe

Kekurangan motor manual

Kurang praktis, terutama bagi pemula. Karena laju motor bergantung pada ketrampilan memindah gigi perseneling. Apalagi motor manual berkopling, bisa tiba-tiba loncat tuh Gan kalo pas awal-awal belajar, ehehehe. Ketemu tanjakan dan macet? Wassalam…
Model terbatas. Mungkin karena kurang laku dibanding motor matik, produsen motor seperti males-malesan ngembangin motor manual Gan. Makin ke sini ya pilihannya makin dikit, ga kaya motor matik yang pilihannya bejibun.

Kelebihan motor matik:

Praktis, pake banget. Kan tinggal starter, tarik gas doang udah langsung jalan. Gas rem, gas rem. Udh gitu aja. Apalagi rem ada di tangan semua, ga pake rem kaki. Bisa naik motor sambil ongkang-ongkang kaki… eh, becanda ding. Jangan ya, Gan, bahaya. Kepraktisan ini berasa buat lalu-lintas hari-hari yang macet. Di kondisi jalan yang stop n go, motor matik ini nyaman banget, ga ribet pindah-pindah gigi.
Desain lebih futuristik. Sebenernya poin desain ini subyektif sih, selera orang beda-beda. Kesan motor cewek pada awal kehadirannya, makin ke sini makin hilang seiring hadirnya desain-desain baru motor matik yang lebih macho.

Kekurangan motor matik:

Konsumsi BBM, pastinya motor matik lebih boros dibandingkan dengan motor manual. Koq bisa? Ya karena pasti ada power loss saat pemindahan tenaga dari mesin ke transmisi CVT. Jadi kita perlu puter gas lebih dalem saat akselerasi.
Engine brake gak ada. Apa sih engine brake? Saat ketemu jalan turunan yang curam dan panjang, motor manual bisa dijaga di gigi rendah, jadi laju motor terjaga dan mudah dikendalikan. Motor matik ya hati-hati aja kalo nemu medan turunan yang panjang karena sangat bergantung pada performa remnya aja buat kendaliin motornya. Kalo rem sampe overheat ya biasanya bakal ngelos.
Motor matik tarikannya gak sebagus motor manual. Iyalah, apalagi dibanding motor manual berkopling, pasti berasa banget lemotnya.
Perawatan berkala, motor matik emang lebih repot karena harus bongkar motor. Koq bisa? Ya karena mesinnya tersembunyi dibalik dek motor.
Bandrol motor matik masih lebih mahal dibandingkan motor manual.

Nah, itu sekilas pengalaman ane, kesimpulannya sih ya masing-masing punya kelebihan dan kekurangan motor-motor ane itu. Buat ane sih yang paling penting ya menjaga performanya dengan menjaga ‘minum’nya Gan. Kan biar dikata udah ga muda lagi juga itu motor-motor yang berhasil ane beli pake keringat sendiri, hehehe…

Jadi ane istimewain tunggangan ane pake BBM berkualitas, dan pilihan ane jatuh ke Shell V-Power, Gan. Masa iya majikannya kalo ngopi milih-milih, tapi kalo kasi minum motornya sembarangan. Sebenernya alasan ane pilih Shell V-Power buat motor-motor ane sih emang karena ane udah nyobain dan hasilnya ga ngecewain. Tadinya sih pertimbangan ane ada harga ada rupa, tapi pas ane cari tahu lebih jauh tentang apa dan bagaimana Shell V-Power, ane jadi makin yakin kalo keputusan ane selama ini bener.
Oh ya Gan, kalo pas mandi, rajin ngecek bak mandi ga? Kalo pas ngecek dasar bak mandi, bersih apa kotor? Ane yakin sih kotor Gan, ehehe. Nah, bak mandi yang bisa kita liat setiap saat aja gampang jadi kotor, kebayang gak, gimana kondisi ruang bakar motor yang ga bisa kita liat setiap saat? Pasti kotor juga Gan, apalagi kan terjadi pembakaran di situ. Pas gw browsing, ternyata Shell V-Power itu sekarang ada kandungan Dynaflex, yang fungsinya membersihkan deposit kotoran dalam ruang bakar. No wonder motor ane makin ke sini, meskipun umurnya makin tuwir, tetep enak dibejek Gan. Pastinya karena kebersihan ruang bakar terjaga, jadi pembakaran BBM dan oksigen bisa berlangsung optimal.

Pesen ane sih Gan, apapun motornya, mau manual apa matik, biar bisa tetep OK performanya, kasi minum BBM yang bagus deh.

Diubah oleh kaskus.infoforum
13
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 11
06-04-2019 17:20
pernah make Supra XX yg kopling manual... tangan kiri pegel emoticon-Big Grin
0
06-04-2019 17:21
manual, kerena gw suka ada suara cekrek cekrek pas ganti gigi emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2

profile-picture
clover911 memberi reputasi
1
06-04-2019 17:21
gw sihg mending motor matic
0
06-04-2019 17:32
kalo ane suka manual gan lebih nyaman menurut ane
0
06-04-2019 17:33
nyari yg praktis aja ane mah, scara ane tinggal di daerah langganan macet
0
06-04-2019 17:39
Ane cowok pengendara matic....kadang suka ngerasa minder bray kalo sebelahan sama cewek yg make motor sport atau trail, he..he..
0
06-04-2019 17:40
lebih seneng manual kopling gan, lebih laki~~~
0
06-04-2019 17:51
cowok tampang pas2an pasti pilih manual (biar dianggap keren sama cewek)

cowok keren, pilih matic lah,... ngapain ribet klo bisa simple

pria sejati.. punya 22nya. dipake sesuai kebutuhan dan suasana hati 😎
0
06-04-2019 18:01
ane pilih bebek aja om
0
06-04-2019 18:02
Quote:Original Posted By arjuxo
Kata siape matic boros. Ane pake matic 150cc pake bensin pertalite bisa tembus 51km/l


emoticon-Ngakak


Bebek ane bisa 80km/l gan, emoticon-Ngakak
0
06-04-2019 18:04
Quote:Original Posted By artpeople26

Perawatan berkala, motor matik emang lebih repot karena harus bongkar motor. Koq bisa? Ya karena mesinnya tersembunyi dibalik dek motor. 



Motor Matik apa Manual?



Motor Matik apa Manual?

Klo yg model bebek matic gini gmana?
0
06-04-2019 18:08
manual aje gannn lebih safety
0
06-04-2019 18:13
kopling naked buat jarak jauh
matic buat harian
0
06-04-2019 18:14
Dulu ane selalu make motor kopling manual...tp lama2 pindah juga ke motor matic...praktis, lebih santai, bagasi luas
0
06-04-2019 18:16
serem banget tuh gan, kayaknya kalo kejadian beneran bakalan menakutkan.
0
06-04-2019 18:21
Matik dalam kota lebih enak sih. Klo dibawa keluar kota ya lebih enak pake manual.
0
06-04-2019 18:27
matic khusus dlm kota aja...kalo manual enak luar kota
1
06-04-2019 18:28
Ane lbh suka motor yg Manual.
Lebih ada seninya bermain kopling
0
06-04-2019 18:29
Motor enakan manual berkopling mobil enakan matic cvt
0
06-04-2019 18:29
sesuai kondosi jalan yg akan dilalui gan.

kalo antar kota enak matic. tapi kalo sdh masuk jalan yg gak enak. manual pilihan yg tepat. emoticon-Coblos
0
Halaman 4 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.