alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca32fbfa72768143f4a0e50/menurut-agan-sista-anak-harus-diajarkan-bahasa-inggris-sejak-dini-atau-nanti-aja
Lapor Hansip
02-04-2019 16:47
Menurut Agan Sista, Anak Harus Diajarkan Bahasa Inggris Sejak Dini Atau Nanti Aja?
Past Hot Thread
Sebagai orang tua baru banyak hal yang pengen diberikan ke anak yang terbaik dari yang paling baik. Dari ASI yang melimpah dan berkualitas, pakaian yang nyaman di kulit bayi sampai ajaran-ajaran menuju anak yang cerdas dan berpengetahuan luas. 
Menurut Agan Sista, Anak Harus Diajarkan Bahasa Inggris Sejak Dini Atau Nanti Aja?


Salah satu hal yang sampai dengan hari ini masih bergejolak dalam benak ane. Banyak sekali orang tua dari kalangan bangsawan, kalangan artis maupun kalangan rakyat jelata yang berlomba-lomba mengajarkan anaknya bahasa asing terutama bahasa inggris di usia anak yang masih amat dini. Di saat anak masih belajar bicara dan baru ada kata "aaaaaah", "mamaaaa", "papaaaa" dan kata-kata yang masih polos terucap dari bibirnya. 

Anak ane memang bukan lahir dari ibu yang cerdas-cerdas amat soal bahasa inggris. belepotan bisa dibilang. iya, ane. Ane ga jago melintirkan bibir dan lidah untuk mengeluarkan kalimat inggris yang terdengar natural. Pernah suatu ketika ane tanya sama salah satu temen ane yang jago banget bahasa inggris (dia seorang bapak), 

"bro, lu kalo di rumah ngobrol sama anak lu pake bahasa inggris dong?"

Dan jawaban dia bikin ane mikir. tau ga jawabannya apa? 

"ga, biarin anak gw memahami bahasa ibu-nya dulu

waaaaaw...amazing ga? menurut ane, iya. mungkin ane berlebihan. Dan mungkin ane ngerasa ada temennya..hihi..secara kan ane lemah bahasa inggrisnya. Jadi jawaban yang diberikan temen ane ini bikin ane happy dan menguatkan ane untuk mengajarkan anak ane bahasa ibu dulu. 

Bukan, bukan ga mau mengajarkan bahasa inggris ke anak ane. Justru ane pengen anak ane lebih jago bahasa inggrisnya dari ibu dan ayahnya. Seorang ibu pasti ingin anaknya lebih dari ibunya saat ini. Cuma ane pengen ada waktu yang tepat untuk anak ane dikenalkan dengan bahasa inggris ini. 

Tapi kata salah satu psikolog anak dan keluarga, Roslina Verauli : 

Quote:
Pada dasarnya tahap perkembangan bahasa anak dimulai sejak tahap pralinguistik. Faktanya, anak mulai mengenal bahasa bahkan sejak bayi, lalu berlanjut sampai tahap dewasa. 

Menurut Vera, 'golden age' untuk mengasah kemampuan bahasa anak adalah sejak usia 0 sampai dengan 6 tahun. Pada fase ini, kemampuan bahasa pertama anak sudah semakin matang dan ia mulai bisa diperkenalkan dengan bahasa asing.

"Kalau ditunda katanya sampai bahasa Indonesianya dikuasai dulu, ya bisa sekian lamanya. Justru area bahasa anak itu berkembang puncaknya di usia 0 sampai 6 tahun. Inilah momen emasnya," tutur Vera dalam talkshow 'Multilingual Sejak Dini, Kenapa Tidak?' 


Nah, ternyata kata psikolog harus diajarin dari awal gan sis. Biar lebih gampang memahaminya. hmmmm...gimana menurut gansis? ane bikin polling yah.


Ditunggu pastisipasinya yah emoticon-Cendol Gan

Salam, 
Anak Cerdas

Ibu Bangga
emoticon-Peluk



contekan
Polling
80 Suara
Menurut Agan Sista, Anak Harus Diajarkan Bahasa Inggris Sejak Dini Atau Nanti Aja?  
Diubah oleh snhikmaw
14
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 6
05-04-2019 19:01
anak ane ntar sedikit belajar dari ane... meskipun ane gak jago2 juga emoticon-Hammer (S)
1
05-04-2019 19:10
ntr gan kalo ane udag berkembang biak
1
05-04-2019 19:33
Quote:Original Posted By bigbabyirl
ane mulai tau bahasa inggris, lebih dari 6 thn itu juga cuma sebatas angka, salam, kosakata yg sering di pakai. selagi beranjak ane mulai susah ngapalin kosakata emoticon-Frown


Jangan dihafal, tapi dibiasakan. Mau lisan atau tulisan.
1
05-04-2019 19:37
Kalo ane, anak ane sejak dini Gan. Soalnya masa-masa kecil lagi kayak spons, semua terserap secara terutama bahasa.
1
05-04-2019 19:37
menurut ane, sebaiknya diajak ngomong pake bahasa ibu aja dulu, karena bahasa inggris bisa diajarkan setelah dia sd atau smp, soalnya menurut pengalaman ane, ibu ane waktu ane kecil gk pernah ngajarin atau ngajak ngomong bahasa inggris sama ane tapi sekarang bahasa inggris ane bagus setelah waktu smp ngambil les bahasa inggris sampe tingkat intermediate, sekarang ane punya banyak teman di dunia maya yg notabene bisa bahasa inggris, semua itu hasil dari belajar waktu smp dan banyak membaca artikel bahasa inggris.
Ane pernah coba ngajarin bahasa inggris ke keponakan ane, tapi ya, nggak ada yg special dengan itu. Waktu dia bermain dengan temen2nya dia pake bahasa indonesia. Memang dia cepat menangkap dan mengingat apa yg ane ajarin, klo ane ajak dia ngomong pake bahasa inggris dia ngerti dan dia bisa jawab, tapi secara psikologi dia kurang tertarik dan terkesan lebih senang maen sama ane klo ane ngomong pake bahasa indonesia.
Menurut ane, asalkan anak usia dini dikasih asupan gizi dan makanan sehat yg baik, secara otomatis kualitas otak dan daya ingatnya akan semakin baik pula. Dan tentunya ini merupakan modal besar bagi si anak untuk menggunakan kecerdasannya sewaktu dia mulai menempuh pendidikan, baik itu sd, smp atau sma. Kebetulan ibu ane punya usaha buka warung makan dari ane kecil, ane makan gk kekurangan gizi dan ane banyak makan makanan yg berprotein tinggi seperti ikan, telur atau daging. Alhasil ane sering dapat ranking satu atau dua di kelas.
Sistem pendidikan kita sudah mempersiapkan materi pembelajaran bahasa inggris yg cukup untuk anak sesuai usianya di waktu sekolah. Jadi, agan jangan khawatir. Asalkan tadi, yaitu selama agan peduli akan asupan gizi anak agan, insya Allah bahasa inggris bisa menyusul untuk dipelajari dengan kecerdasan yg dimiliki anak agan di usia yg akan datang.
1
05-04-2019 20:09
Ane blm punya anak😅
1
05-04-2019 21:16
wajib gan... masih kecil pikiran nya masih fresh lagi gampang2nya buat di ajarin semuanya ... kalau udah 9 tahun keatas udah susah
1
05-04-2019 21:45
Quote:Original Posted By ushirota
Harus dong, bahasa inggris itu penting
Jangan kaya rakyat cina+jepang, pas ane kesana susah tanya2 pake bahasa inggrisemoticon-Hammer (S)
Semua harus dicatat, mau kemana aja, naik apa aja
Bahkan donlot aplikasi translate, susah banget klo buta bahasa inggrisemoticon-Cape d...


Yang susah elu kan, bukan mereka? emoticon-Big Grin
Jepang & China mah negara maju. Elu ke sono gak ngerti bahasa mereka kan ribet. emoticon-Ngakak (S)
0
Lihat 1 balasan
05-04-2019 22:03
Sejak awal/dini lah..kalo dah gede dah susah buat belajar. Ponakan ane ada 2, keduanya bisa dua bahasa indo & englsh aktif
1
05-04-2019 22:56
Multi language bukan beban untuk anak kecil. Mereka menyerap bahasa, bukan memikirkan bahasa kyk menyelesaikan soal bahasa inggris di sekolah
1
05-04-2019 23:21
menurut ane lbh baik dari kecil. kenapa? karna masih kecil pertumbuhan dan ingatan lbh cepat dibanding ketika sudah besar. tdk perlu memaksakan utk bisa bhs lainnya yg terpenting pelan2 aja emoticon-Peace
1
06-04-2019 00:43
oke..saya akan belajar mengajari anak
.
1
06-04-2019 01:33
misal ada pasutri pake bhs inggris sebagai bahasa sehari2 trus diajarin ke anak ane, tanpa bhs indo sama sekali. apa jadinya ntar? emoticon-Bingung
1
Lapor Hansip
06-04-2019 04:39
Balasan post wahyuraharjo
Iya, makanya semua udah dicatat mau kemana aja
Soalnya ga bisa tanya2 penduduk setempatemoticon-Wakaka
Sedihnya daku tuh melalang buana tanpa ngobrol dengan penduduk setempatemoticon-Frown
1
06-04-2019 07:37
Quote:Original Posted By snhikmaw
Iya, gan..ane salut jg tuh sama jepang..konsisten banget sama bahasanya sendiri..tapi ada ruginya juga sih..kesian yang lagi melancong kesanah..



nah, iya gan..sebagai orang tua harusnya ga maksain kehendak..tapi ga keterlaluan juga ngebebasin anak..ya sedang2 aja lah klo veti vera..


Keknya masih pada rancu dg golden age ya.... Mentang2 paling baik menerima segala sesuatu bukan berarti semua diajarkan saat itu.....

Yg harus disiapkan saat golden age adalah pola pikir, kesiapan belajar dan kebiasaan yg baik.
Istilah ane menyiapkan wadah yg besar dan kuat. Nah giliran menerima ilmu dapat langsung disimpan rapi dan muat banyak. Kl blm siap wadahnya udah dijejalin ilmu bakal tumpah kemana2 dan rusak.

Soal bilingual, kl ortunya indo dan inggris ya gpp.

Masalahnya kl ortunya jawa semua, trus anaknya diajak bicara inggris dg skill inggris ortu yg pas2 an jdnya anak bicara inggris apa itu? Inggris cacat.
Sementara bahasa ibu jg ga diajarkan dg baik krn sok inggris, jadinya cacat semua bahasa. Yg mengganggu mental anak krn sulit berkomunikasi.

Skali lagi, ini tergantung anaknya jg, observasi thd kesiapan anak menerima sesuatu itu paling penting...
1
06-04-2019 09:31
sejak dini juga oke
1
06-04-2019 10:45
Ane kasih lagu anak anak bahasa indonesia dan bahasa inggris

yang primer bahasa indo
yang secondary inggris (serapan, istilah) agak gedean baru konteks

ane sekalian ajarin bahasa isyarat biar bisa crossborder sama semua kalangan komunikasi
1
06-04-2019 10:50
Diajarkan dikit" sambil jadikan bahasa indonesia jadi bahasa sehari" emoticon-Toast
1
06-04-2019 11:21
Ja Englisk, Rusisk, Indonesisk, et mai govoryu. Moja persha limba e Indonesisk, ale ja manga limba rozumiyu. Zodat, zaraz ja mozhu "limba gado gado" snakke.

Percayalah gan, ini ane gak pake gugel translet. Bahasa gado gado ala ane.
Diubah oleh doombringer2211
1
06-04-2019 11:22
Quote:Original Posted By angopmaksimal
Keknya masih pada rancu dg golden age ya.... Mentang2 paling baik menerima segala sesuatu bukan berarti semua diajarkan saat itu.....

Yg harus disiapkan saat golden age adalah pola pikir, kesiapan belajar dan kebiasaan yg baik.
Istilah ane menyiapkan wadah yg besar dan kuat. Nah giliran menerima ilmu dapat langsung disimpan rapi dan muat banyak. Kl blm siap wadahnya udah dijejalin ilmu bakal tumpah kemana2 dan rusak.

Soal bilingual, kl ortunya indo dan inggris ya gpp.

Masalahnya kl ortunya jawa semua, trus anaknya diajak bicara inggris dg skill inggris ortu yg pas2 an jdnya anak bicara inggris apa itu? Inggris cacat.
Sementara bahasa ibu jg ga diajarkan dg baik krn sok inggris, jadinya cacat semua bahasa. Yg mengganggu mental anak krn sulit berkomunikasi.

Skali lagi, ini tergantung anaknya jg, observasi thd kesiapan anak menerima sesuatu itu paling penting...


Ya kalo begitu akan tercipta bahasa gado gado gan. Atau istilah linguistiknya "Creole". Inggris + Indo + Jawa.
Diubah oleh doombringer2211
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.