• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ternyata Pemaes Harus Melakukan Meditasi Sebelum Merias Sang Manten GanSis!

surayrus
TS
surayrus
Ternyata Pemaes Harus Melakukan Meditasi Sebelum Merias Sang Manten GanSis!
Agan Sista ingin menyelenggarakan pernikahan? Pakai adat apa?



Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki banyak provinsi tentu memiliki banyak kebudayaan GanSis. Tidak hanya soal pakaian, tarian, atau alat musiknya saja, tapi dalam hal pernikahan pun ternyata Indonesia memiliki banyak sekali adat istiadat yang harus dilakukan sebelum pernikahan.



Sebagai orang yang sering dateng ke pesta pernikahan dengan adat jawa, ane cukup penasaran sama riasan pada wajah dan rambut yang digunakan oleh manten-manten beradat Jawa. Pasti Agan Sista tau kan kalau manten perempuan beradat jawa pasti ada riasan lekukan berwarna hitam pada dahi dan menyatu dengan rambut? Itu namanya paes, GanSis. Lekukan-lekukan paes ini ternyata ga sembarangan loh, setiap lekukannya memiliki makna-makna tersendiri berupa doa untuk sang manten perempuan loh. Misalnya, penunggul yang berarti paling tinggi/paling baik, pengapit yang berarti keseimbangan, penitis sebagai simbol kearifan, serta godheg artinya mengetahui asal usulnya/kembali ke asal.



Nah, karena paes memiliki arti dan doa yang begitu mendalam, jadi ga sembarangan orang yang boleh melukiskan paes pada wajah manten. Orang yang boleh melalukannya adalah pemaes/dukun manten. Untuk jadi seorang pemaes, banyak banget ritual-ritual yang harus dilakukan GanSis, karena menjadi pemaes bukan hanya membutuhkan skill tapi juga membutuhkan keseriusan dan kesungguhan hati dalam setiap ritualnya. Salah satu hal yang harus dilakukan untuk menjadi seorang pemaes adalah meditasi.



Meditasi merupakan hal yang penting GanSis, karena meditasi akan membuat pikiran dan tubuh seseorang menjadi lebih tenang, lebih bisa mengontrol diri, dan lebih mudah konsentrasi. Pemaes hanya tinggal mencari tempat tenang dan jauh dari keributan, menggunakan pakaian yang nyaman, merilekskan seluruh otot tubuh tanpa melihat apapun sambil mengatur pernapasan, untuk bisa mendapatkan manfaat dari meditasi. Hal-hal yang didapatkan dari meditasi ini sangat bermanfaat bagi seorang pemaes GanSis, dengan begitu seorang pemaes akan mudah berkonsentrasi saat merias manten, sehingga makna dan doa dari setiap riasannya dapat tersampaikan dengan baik.

Itu dia GanSis alasan betapa pentingnya meditasi bagi seorang pemaes. Ternyata jadi seorang pemaes itu ga mudah ya, banyak banget ritual yang harus dilakukan. Tapi walaupun sulit, ternyata ritual-ritual ini berhasil dilakukan oleh Yasnina (Atiqah Hasiholan) untuk menjadi seorang pemaes loh. Kalau Agan dan Sista yang penasaran ritual apa saja yang harus dilakukan untuk menjadi seorang pemaes, GanSis bisa langsung aja nonton film Mantan Mantenmulai tanggal 4 April 2019 di bioskop kesayangan anda!


Diubah oleh surayrus 05-04-2019 09:35
1
5.5K
37
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.