Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fancewAvatar border
TS
fancew
Ngaku Runners, Harus Coba Event Lari yang Ada di Singapura!
Beberapa tahun terakhir ini, olahraga lari itu bukan hanya sekadar olahraga biasa ya gansist. Ane sih perhatiin dari temen-temen ane yang sering update di sosmed, mereka sering ikutan event running sampai ke luar negeri, jadi sekalian travelling juga. Dari mereka juga lah ane jadi tau event running keren yang ada di luar negeri, salah satunya Singapura yang cuma sepelemparan batu dari Indonesia.




Berlari di Henderson Wave Bridge. Foto: JustMove Asia

Sebenarnya banyak banget event lari yang bisa agan sista ikutin di Singapura, tapi di thread ini ane mau berbagi 4 events lari dengan track yang beda dari pada yang lain. Mulai dari mengelilingi landmark Singapura yang ikonik, menjajal night run, sampai berlari di Singapore Zoo yang bakalan bikin pengalaman liburan agan di Singapura beda dari biasanya. Tanpa lama-lama, langsung aja baca rekomendasi dari ane ya!


OSIM Sundown Marathon Singapore



Mau merasakan sensasi kompetisi lari di malam hari? OSIM Sundown Marathon jawabannya! Disebut sebagai Asia's biggest night run, event ini pertama kali diadakan di Singapura pada tahun 2008 jadi tahun ini adalah tahun ke-11 pelaksanaannya. Bukan hanya konsep night run, tapi track larinya juga istimewa banget. Tepatnya di F1 Pit Building dengan pemandangan Singapore Flyer, National Stadium, Marina Bay Sands, Gardens by the Bay dan Marina Barrage Singapore banget!


Foto: sundownmarathon.com

Mengusung slogan Sleep Can Wait, ada 4 kategori lari: 42,195 km full marathon, 21,1 km half-marathon, 10 km Challenge (individual dan team beranggotakan 4 orang), dan kategori 5 km untuk orang dewasa dan anak-anak. Tiap runner akan mendapatkan race pack berupa baju lari, nomor dada, 1 pak Salonpas Pain Relieving Patch, dan OSIM voucher. Untuk setiap tiket slot race yang kita beli, kita juga turut berdonasi untuk beberapa badan amal seperti Singapore Disability Sports Council, The Straits Times School Pocket Money Funddan RunningHour.

Bukan hanya event running aja, tapi gansist juga bisa datang ke Sundown Summer Night Festbuat nonton film secara open-air di bawah langit bertaburkan bintang, menikmati bazaar makanan dan juga minuman, serta penampilan dari berbagai musisi di sepanjang malam! Mau tau info lebih lanjut? Cek langsung ke mari gan!

2XU Compression Run Singapore 2019



Pertama kali hadir di Singapura 9 tahun lalu, tepatnya apda tahun 2010, 2XU bisa jadi salah satu pilihan buat agan yang mau ke Singapura di awal bulan April ini, tepatnya tanggal 7 April 2019. Buat agan yang emang penyuka olahraga lari, pasti tau brand apparel2XU yang berasal dari Australia dan terkenal dengan teknologi pakaiannya. Setelah mendaftar, kita akan mendapat race pack yang berisi t-shirt dan singlet berteknologi compression.


Foto: RunSociety

Ada 3 kategori yang dipertandingkan yakni 21,1 km yang dimulai pada pukul 4.30 pagi, 10km yang dimulai pada pukul 6.30 pagi, dan 5 km yang dimulai pada pukul 8 pagi. Semua race berlangsung di F1 Pit Buildingyang terkenal dengan beragam bangunan ikonik khas Singapura di sekitarnya. Kalau agan pengen merasakan running mulai dari dini hari dan tentunya suasana yang beda dari biasanya, buruan daftar!


Standard-Chartered Singapore Marathon (SCSM)


Foto: Runsociety.com

Ini dia salah satu marathon terbesar dan juga bergengsi di dunia! Singapore Marathon ini bisa dikatakan annual event yang berlangsung pada Minggu pertama bulan Desember di Singapore. Di tahun lalu, event marathon ini diikuti oleh 40ribu pelari dari berbagai belahan dunia. Dibagi dalam 4 kategori: full marathon, half marathon, 10 km run, dan pertandingan kursi roda 10 km serta kategori anak-anak. Bukan hanya event olahraga, tapi ada expo gratis untuk umum di mana ratusan vendor membuka booths mulai dari snack sehat, pijat sebelum pertandingan, dan peralatan running. Lengkap semuanya!


Di tahun 2017 lalu, track yang dilewati dalam SCSM ini dimulai dari titik start di Orchard Road. Kemudian para pelari akan diajak "berkeliling" wisata sejarah seperti Masjid Sultan untuk sekalian salat subuh, dilanjut rute ke arah Bugis, Chinatown, Marina Bay, dan menuju Marina Barrage yang terhubung ke Gardens by the Bay.


Foto: Ironman Triathlon


Sementara di tahun 2018 lalu, untuk nomor half dan full marathon akan melewati The Padang, dekat area National Gallery of Singapore, menuju kawasan pusat bisnisnya Singapura dan menuju lapangan Golf Marina Bay. Menuju garis finish di Marina Bay, pelari akan diajak menikmati pemandangan landscape kota Singapura dengan melintasi Singapore Flyer yang mempesona. Kira-kira, pada tahun 2019 ini rute marathonnya lewat mana ya? Jadi penasaran! Tunggu update-nya di siniya.


Safari Zoo Run


Foto: Runsociety


Ini dia event lari yang punya track beda dari yang lainnya. Safari Zoo Run ini punya misi untuk membuat para pelari menjadi lebih menyayangi lingkungan hidup di sekitarnya, lewat kegiatan lari di kawasan Singapore Zoo, Night Safari, dan River Safari. Bahkan untuk pertama kalinya, kita bisa menyapa ikon hewan di sana yakni Canola the manatee di Amazon Flooded Forest.

Pada tahun ke-11 pelaksanaannya, Safari Zoo Run 2019 dan Wildlife Reserves Singapore (WRS) ini mendorong para pelari buat semakin go green dengan penggunaan botol minum sekali pakai yang udah termasuk dalam race pack lari.



Foto: Wildlife Reserves Singapore


Uniknya lagi, kita bisa memilih akan masuk dalam tim mana saat berlari. Jadi ada4 ikon WRS yang mewakili tiap tim yang masing-masing punya misi yakni Jurong Bird Park's Sunny si Rangkong (berlari untuk membantu Sunny mewujudkan mimpinya yakni udara bersih untuk semua orang, salah satunya dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan berganti ke kendaraan umum), Night Safari's Chawang si gajah (berlari untuk mendukung teman-teman para hewan di Night Safari, terutama trenggiling yang semakin langka), River Safari's Canola si ikan duyung (berlari bersama Canola untuk menjaga ketersediaan air bersih dan mengurangi penggunaan plastik), dan Singapore Zoo's Ah Meng si orangutan (berlari untuk kelestarian hutan dan turut menjaga kelestarian primata salah satunya lutung kokah yang terancam punah).


Foto: Runsociety

Selain tiap tim yang punya misi khusus, sepanjang track lari, kita bisa melihat berbagai jenis binatang yang ada di kawasan ini. Mulai dari babirusa, singa Asiatic yang hanya ada di India, sampai ke orangutan. Berbeda dari event lari biasanya, event ini juga punya misi family bonding untuk kategori Safari Zoo Duo Dash and Safari Zoo Junior Dash karena anak-anak pun bisa ikut berlari bersama orang tuanya. Namun, buat agan yang mau "lari beneran" bisa ikuti Safari Zoo Challenge dengan track sepanjang 12km. Selain olahraga lari yang bermanfaat untuk kesehatan, agan bakalan dapat banyak ilmu baru tentang kehidupan para hewan di habitatnya. Keren banget kan?


Meski Safari Zoo Run 2019 udah berlangsung bulan Februari kemarin, tapi bakalan ada lagi di tahun depan nih! Pantengin terus websitenya buat tau info pendaftaran early bird dibuka sambil nunggu tiket promo ke Singapura!


Menarik banget kan running eventsdi Singapura?

Buat agan yang pengen ikutan menjajal running di Singapura, coba lihat dulu kalendernyadi sini dan cocokin dengan jadwal gansist.

Tiket pesawat dan tiket event udah dikantongi, jangan lupa siapkan hal-hal berikut ini gansist:


1. Ambil race pack di tempat yang udah ditentukan


Biasanya, race pack yang berisi baju lari dan nomor lari bisa diambil 1 minggu sebelum hari H. Namun tenang aja, kalau agan nggak punya temen/orang buat tolong ambilin race pack agan, biasanya pihak penyelenggara menyediakan waktu khusus buat foreigner buat ambil race pack-nya. Jangan lupa bawa dokumen yang disyaratkan buat ambil race pack-nya.


2. Mulai latihan beberapa minggu sebelum hari H


Buat agan yang mau ambil full dan half marathon, jangan lupakan latihan beberapa minggu sebelum hari H. Kenapa? Latihan rutin misalnya 3 kali dalam seminggu serta perbanyak jalan kaki untuk latihan jalan santai dan peregangan ringan untuk memliharan stamina tubuh. Selain lari atau jalan santai, agan juga bisa coba olahraga renang, yoga, pilates, sepedaan, atau lari dengan treadmill.


3. Atur pola makan dan cukup istirahat


Berlari berpuluh kilometer itu bakalan jadi aktivitas berat, jadi selain harus cukup asupan cairan juga harus atur pola makan. Agan harus banyak minum dan juga makan makanan yang mengandung banyak air, zat besi, vitamin C, serta makanan yang berprotein tinggi untuk mempertahankan energi kita saat beraktivitas berat.


Jangan remehkan pola istirahat yang cukup dan nyenyak karena istirahat adalah cara untuk memulihkan kondisi tubuh serta memperkuat sistem kekebalan tubuh, membangun otot sehingga berujung ke performa tubuh yang lebih kuat saat latihan dan pada hari H.


4. Lengkapi peralatan lari yang nyaman


Lari berpuluh kilometer selama berjam-jam bukan hanya butuh energi dan tubuh yang fit, tapi didukung dengan peralatan lari yang nyaman. Jangan ujug-ujug beli sepatu baru yang belum dicoba hanya demi event lari. Sebelum dipakai di hari-H, kita harus pakai dulu buat mencoba kenyamanan dan kekuatannya. Sesuaikan juga baju yang mau dipakai dengan kondisi cuaca tempat kita berlari, misalnya jika di malam hari atau cuaca mendung, kita bisa pakai running jacket dan persiapan jas hujan. Kalau cuaca panas, jangan lupa bawa topi. Buat sista, cek juga sport bra yang terbuat dari bahan yang nyaman misalnya terbuat dari polypropylene supaya tubuh kita tetap kering selama lari. Plus, selalu pakai sunblock ya!


5. Running light


Biasanya, tiap running event menyediakan bag deposit untuk penitipan barang bawaan. Saran ane, daripada ribet buat antre nitip tas, lebih baik kita bawa peralatan seperlunya aja demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.



Sebagai newbie di dunia perlarian (kecuali lari dari kenyataan), jujur ane kepengen ikutan salah satu event lari di atas nih gansist, waktunya berburu tiket promo! Dari sekian event lari yang ane udah jelasin di thread ane, agan paling pengen ikutan yang mana nih? Orang Indonesia banyak juga loh yang ikutan event lari di Singapura. Coba bisikin ane dengan komen di bawah ya gansist, siapa tau kita bisa ketemuan di TKP.

See you there~~~



8
8.2K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread11.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.