hantupuskomAvatar border
TS
hantupuskom
Pabrik Mobil Esemka di Boyolali Berbenah, di Cileungsi?

Pintu gerbang bekas gudang Mobil Esemka tertutup rapat di kawasan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Petugas keamanan melarang orang tak dikenal masuk. TEMPO/Wisnu Andebar

TEMPO.CO, Bogor - Beberapa hari yang lalu tepatnya Selasa, 2 April 2019, PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali, yang menaungi mobil Esemka berbenah dengan mengecat logo dan tulisan pabrik tersebut.

Namun seperti yang diberitakan Tempo sebelumnya, berdasarkan beberapa sumber yang ditemui di sana, masih belum ada kejelasan kapan pabrik dan hasil produksinya akan diluncurkan.

Melihat pabrik Esemka di Boyolali melakukan perbaikan, Kamis, 4 April 2019, Tempo kembali menelusuri pabrik Esemka di Cileungsi, Bogor yang sebelumnya milik PT Adiperkasa Citra Esemka Hero yang sempat digalakkan sekitar tahun 2016 untuk menaungi mobil Esemka.

Saat tiba di sana, gerbang hijau terlihat tertutup rapat, Tempo mencoba mengetuk gerbang, namun tidak ada petugas keamanan yang mendengar. Akhirnya Tempo mencoba mendorong gerbang dan terlihat ada satu petugas keamanan yang berjaga.

Niat ingin meminta izin untuk menggali informasi dari petugas keamanan itu, tapi ia tidak mengizinkan dan menyuruh Tempo untuk keluar gerbang. “Dari mana mas, di luar saja,” ujarnya Kamis, 4 April 2019.


Ratusan mobil Geely diparkir di halaman pabrik mobil Esemka (PT Adiperkasa Citra Esemka Hero) di Kawasan Industri River Green, Cileungsi, Bogor, 2 Oktober 2018. TEMPO/Wisnu Andebar

Setelah berada di luar gerbang, petugas kemanan kembali menutup rapat gerbang pabrik itu, tapi Tempo sempat melontarkan beberapa pertanyaan. “Bagaimana keadaan pabrik Esemka ini pak?” ujar Tempo.

“Enggak pabrik ini tidak ada sangkut pahutnya dengan Esemka, maaf ya mas,” tutur dia sambil menutup rapat gerbang. Akhirnya penelurusan Tempo di pabrik yang beberapa tahun lalu katanya sempat digalakkan untuk mobil Esemka berakhir karena pintu sudah tertutup rapat.

Padahal beberapa waktu lalu tepatnya Oktober 2018, Tempo sudah pernah melakukan reportase ke PT Adiperkasa Citra Esemka di Cileungsi ini. saat itu Tempo diizinkan untuk masuk dan berhasil mengambil beberapa gambar serta melakukan wawancara dengan salah satu petugas keamanan.

Pada saat itu, seorang petugas keamanan yang enggan disebutkan namanya mengatakan, dulu memang sempat digalakkan sekitar tahun 2016. Pintu gerbang dengan papan nama bertuliskan mobil Esemka dan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero terpampang jelas di depan pabrik. “Sepanjang jalan kawasan industri dulu juga ramai dengan spanduk-spanduk mobil Esemka,”.

Bahkan, menurut dia, sempat ada interview untuk perekrutan tenaga kerja untuk bagian staff dan tenaga ahli bagian produksi. Sayangnya, setelah masa perekrutan tersebut tak ada kejelasan hingga saat ini. Bekas pabrik ini hanya dijadikan gudang tempat ratusan mobil Cina dengan merek Geely.

Saat ini, papan nama PT Adiperkasa Citra Esemka Hero di pintu gerbang sudah tidak ada, yang terlihat hanya gerbang dan plang berwarna hijau tanpa tulisan.

Ratusan mobil Geely dari sedan, city car, hingga SUV terparkir di area terbuka. Menurut informasi dari petugas, memang tidak ada kegiatan produksi di dalamnya sejak awal berdiri.


Sumur:
https://otomotif.tempo.co/read/11923...i/full&view=ok

akhirnya tamat jg tuh mobil emoticon-Big Grin
0
2.1K
19
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.