secretpassageAvatar border
TS
secretpassage
3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee
Jadi ceritanya bulan Juni  2018 tanggal 10 yang lalu gue mau beli jam tangan Casio di Shopee (nomor pesanan: 180610042462VCD). Tapi setelah gue melakukan pemesanan ke toko retail nya ternyata barang yang gue mau pesen warnanya nggak sesuai dengan yang gue mau (silver). Gue minta batalin dong pesanannya…**

** FYI: ini sebelumya gw udah melakukan pembayarannya via debit online, karena di lapak toko dibilang untuk jam tangan dengan dengan kode: MTP-V001D-7D itu warna platnya SILVER dan status barang: READY STOCK. Tapi ternyata plat warna silvernya kosong dan gw malah ditawarin warna black. Auto nolak dong gue pastinya.











Lanjut…

Singkat cerita gue tunggu dong pengembalian dana gue (dengan penuh kesabaran) sesuai ketentuan (SOP) Shopee YANG KATANYA hanya 7-14 hari kerja. 14 hari kerja pun berlalu terhitung dari tanggal 11 Juni 218… Lapor dong via telepon ke CS/Team Support Shopee. Setelah lapor via telepon nggak lama email dari Team Support, Customer Service, atau Team Terkait Shopee, dkk atau apalah itu, masuk ke inbox email gue.. nah, dimulailah surat-menyurat via email dari sini.

Lanjut…

Ini email yang pertama kali masuk. Tanggal 14 Juli 2018.



Sok… gue kirimin semua informasi dan dokumen yang mereka minta.

Lanjut…. Tanggal 15 Juli 2018.



Kenapa nggak sekalian ajaaaa mintanya pas waktu ngirim email tanggal 14 Juli 2018..??!! Mangkanya yang jelas dan spesifik minta mutasi rekeningnya dari tanggal brp ke tanggal brp! Singkat cerita gue kirim deh tuh mutasi rekening dari tanggal 10-30 Juni 2018. Doi nggak percaya rupanya kalau gue udah melakukan pembayaran tanggal 10 Juni 2018.



Lanjut….. Tanggal 16 Juli 2018.



Disuruh nunggu untuk pengecekan dan verifikasi data. Tapi NGGAK DIKASIH ESTIMASI WAKTU BERAPA LAMA pngecekannya. Gondok nggak? Ingget udeh lewat 7-14 kerja nih…

Lanjut….. Tanggal 17 Juli 2018.



Minta waktu menuggu konfirmasi dari pihak ketiga. Tapi gue nggak dikasih tau siapa itu “pihak ketiga”? WTF..?

Lanjut….. Tanggal 18 Juli 2018.



Setelah gue tanya, baru dijelasin… [Dasar..] Kucluk.

Lanjut….. Tanggal 21 Juli 2018.



Masih disuruh nunggu… alasannya menunggu konfirmasi dari pihak bank terkait. (sabar… sabar… *ngepelin tangan*)

Lanjut….. Tanggal 25 Juli 2018.



Kata doi keterlambatan dalam proses pegembalian dana kamu oleh (baca: karena) bank terkait (BNI 46). Kalu udeh kayak gini, paling jago emang mayoritas (nggak semuanya) orang Indonesia lempar-lemparan kesalahan. Ada pegawai BNI 46 yang baca thread gue ini nggak? Lo pada mau kasih pembelaan/sanggahan nggak? Kalo gw sih malu… Ini secara tidak langsung pegawai Shopee seolah-olah ingin mengatakan: “(pegawai) BNI 46 aja yang nggak becus (kerjanya). Jangan salahkan kami.”

Lanjut….. Tanggal 29 Juli 2018.



Wii… “HEBAT” kan? Gue disuruh nunggu LAGI 7-14 hari kerja terhitung dari 27 Juli 2018 untuk pengembalian dana ke rekening guw. Ajiibb… *tepok tangan*. You know what the another funny thing is? Nomor pelaporan yang mereka kasih diatas itu setelah gue cek ke call center BNI 46 ternyata kata call center agent BNI 46 mereka tidak memiliki nomor pelaporan yang (sangat panjang) seperti itu. WTF??!!

Lanjut….. Tanggal 1 Agustus 2018.



WTF…??!! Gw malah disuruh buat double reports.. udah lapor Shopee, disuruh lapor BNI46 terkait nomor pelaporan diatas.. ARE YOU OUT OF YOUR MIND?! Terus kerja kalian apa aja selama ini kalau gue disuruh mengirimkan bukti tangkap layar konfirmasi balasan dari pihak BNI??!! Memang kalian nggak bisa menghubungi call center BNI 46 untuk ngecek/konfirmasi langsung via telepon kalau lo ragu dengan info gue?!

BERSAMBUNG…….


Lanjut….. Tanggal 2 Agustus 2018.





Karena diminta ngirim bukti tangkap layar yang menyatakan bahwa pihak Bank terkait (BNI46) gw tidak memiliki nomor pelapora tersebut, akhirnya gue insiatif dulu untuk bertanya balik dan minta bukti tangkap layar (screenshot) bahwa mereka telah melakukan pengembalian dana (refund) ke rekening gue. Nah… dikirim deh tuh oleh doi screenshot bukti pengembalian dana nya yang mana disitu tertera dana telah diproses pada tanggal 11 Juni 2018. Tapi jujur gue ragu/ kurang paham dengan screenshot bukti refund diatas. Jadi gue tanya: “Itu bukannya dana yang kalian transfer itu keteranggannya dibatalkan (cancelled) pada tanggal 11-06-2018 pada pukul 15:14?! dan dana itu balik kembali (settlement) ke saldo rekening kalian pada tanggal 18-06-2018. Bukan begitu?”

Lanjut….. Tanggal 10 Agustus 2018.



Ternyata CS atau team support Shopee nya juga kurang paham. Doi minta waktu untuk kordinasi informasi dari departmet terkait untuk ngejawab pertanyaan gue diatas. Sok… Gue kasih waktu dan menunggu dengan sabar.. (kurang sabar apa lagi cobaaa?!!)

Lanjut….. Masih ditanggal 10 Agustus 2018.



And… you know what?! Gue kaget + heran + kesel liat info yang mereka kasih!
Mereka bilang: “Dapat kami informasikan bahwa Bank Mandiri berperan sebagai penerus penggunaan kartu kredit/debit online pada pembelanjaan Shopee. Sehingga pengguna kartu kredit/debit online selain Bank Madiri, maka proses transaksi pembelajaan akan melalui Bank Mandiri.” WTF?!!!!!! Kenapa lo nggak ngomong dari kemaren2 kalau “bank terkait” itu maksudnya adalah Bank Mandiri sebagai penerus penggunaan kartu kredit/debit online pada pembelanjaan Shopee?!! Ngapain kemarin2 ngebacot pake istilah absurb/ambigu seperti “pihak bank terkait”?! (lihat email tgl 25 Juli 2018) Gue pake bank, Bank BNI46, ya otomatis gue mikirnya pasti BNI46 lah yang mesti gue hubungin.. Sumpah, a*u bener dah Shopee! Udah informasinya bertela-tele, nggak jelas pula! Sekarang gue harus berurusan dengan bank Mandiri gituh? *jari tengah*

Lanjut….. skip skip skippp tanggal 16 Agustus 2018.

Karena gue diminta kirimkan bukti tangkap layar dari BNI46 oleh Shopee yang menyatakan bahwa pihak BNI46 tidak memiliki nomor pelaporan diatas, dan gue juga udah menelepon ke ke call center dan mengirim email BNI46 beserta dokumen2 yang mereka minta. Lalu kata mereka (BNI46) prosesnya paling lama 45 hari kerja. Akan tetapi setelah gue kirim email ke BNI46 ternyata enggak ada email balesan apapun dari pihak BNI46 terkait status perkembangan proses refund dana dan/atau nomor pelaporan diatas (75126768163007023407993). Akhirnya gue geregetan dong...? Nah, mampirlah gue ke KCP BNI46, disitu dilayanin oleh CS cowok, Farouq namanya. Gue ngomong ngasih tau masalah pengemabalian dana gue dengan shopee, bla.. bla.. bla.... . Singkat kata setelah verifikasi data, sharing, dan kordinasi dengan pihak terkait by phone. Doi bilang, "mas ditunggu aja.. Ini proses 45 hari kerjanya diitung dari tanggal 11 Juni 2018 sesuai dengan pelaporan yang dibuat Shopee ke BNI46" *. Terus gue tanya lagi, "terkait nomor pelaporan tersebut bener mas diterbitkan oleh BNI?". Mas'e jawab: "Iya benar, pak" .

* FYI, sebelumya gw juga ngirim laporan ke BNI pd tgl 1 Agustus 2018)

Kemudian nggak lama, muncul dah tuh peberitahuan masuknya refund gue dari Shopee. YEY...!!!!!!!!!!!!! F**K YEAH..! emoticon-Big Grin






See..? Lo liat di akun Shopee gue terposting dana terkirim tanggal 11 Juni 2018. Tapi dana baru masuk ke rekening gue tanggal 16 Agustus 2018. Munurut lo jadi siapa nih yang salah, gan? Shopee kah? BNI46 kah? Bodo amatlah.. yang penting apa yang menjadi hak gue udah kembali! Tapi kenyang juga ya mereka.... dana gue Rp277,750 rb udah diputer2 kemana aja tuh yaa...? Kalau duit segitu di pinjemenin selama 3 bulan terus dibungain, kira2 bunganya udah berapa yaa..? (puas2in deh tuh makan riba..)


KESIMPULAN:
1. (InsyaAllah) GUE NGGAK BAKAL BELANJA2 ONLINE LAGI DI SHOPEE! DAN SETELAH INI GUE MAU HAPUS AKAN SHOPEE GUE. KECEWA BERAT, BRO! Sebagai perbandingan, gue terbilang udah sering belanja online di MDS Matahari repond pelayanan ramah-cepat, tuker barang tepat, refund dana nggak pake lambat!
2. GUE KECEWA BERAT DENGAN PELAYANAN BNI46! Kok email saya nggak dibaless.. gimana teh? mang? Kenapa pengetahuan Call Center (CC) nya minim..??? Masa nomor pelaporannya (75126768163007023407993) waktu gue telpon, do'i bilang 'nggak tau/ belum bisa dipastikan'? Alasanya apaaa? Keterbatasan akses sistem? Di integrasikan dong kalo gitu sistemnya! Giliran gue datang langsung ke BNI46 dan ngomong langsung dengan Customer Service (CS) nya, do'i bisa koordinasi langsung dengan bagian terkait (yang mengurusi pembayaran debit online) by telepon dan memastikan bahwa nomor pelaporan tersebut memang diterbitkan oleh BNI46. Nah, kayak gitukan enak... Kalau bukan karena diwajibin kantor pakai BNI46, gue juga males buka rekening di BNI46. Mending pakai BCA, pelayanannya super ramah dan saldo minimum yang mengendap cuma Rp10.000 lagih.. Ini perasaan gue doang atau memang (menurut pengamatan gue) hampir SEMUA bank BUMN pelayanannya kurang memuasakan ya? Mungkin karena punya negara, bukan swasta, jadi yaa... gitu deh, "banyak tingkah".
3. Dah, itu aja.


SARAN:
1. Kalo agan2 ada kasus kayak ane gini dan setelah telpon2an dan menyerahkan dokumen2 via email/ email2an, tp kasusnya masih tetep molor, saran ane: SAMPERIN LANGSUNG KE KANTORNYA (kantor pihak yang terlibat)! Asumsi gue, MUNGKIN, Mereka nganggep remeh kasus kita kalau cuma lapor via telpon atau email.


Relevance cases:
+ https://news.detik.com/suara-pembaca...ang-dibatalkan
+ https://news.detik.com/suara-pembaca...batal-otomatis
+ https://www.kaskus.co.id/thread/5767...e-lama-banget/
+ https://loveorbread.wordpress.com/20...und-di-shopee/
+ https://mediakonsumen.com/2018/02/28...n-bertele-tele
+ https://mediakonsumen.com/2018/05/22...it-dari-shopee


#shopee #ShopeeIndonesia #BNI46 #YLKI #pengembaliandana
Diubah oleh secretpassage 18-08-2018 01:29
0
19.8K
24
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.