embeksehat212Avatar border
TS
embeksehat212
Wa..Wa..Wa..Wa.. Festival Budaya Lembah Baliem 2019
emoticon-HaiHello Agan dan Sista !!emoticon-Hai

Semoga selalu diberikan kesehatan dan rejeki yang melimpah setiap harinya


Sudah sekian lama ane libur mengisi dunia per-tri-an di jagad Kaskus ini, hehe. Semoga untuk tulisannya sudah tidak kaku dan bisa lancar jaya, aman sentosa.

Oke, ane mau share sedikit soal Festival Budaya Lembah Baliem 2019. Kebetulan sekali ane ikut andil di dalamnya dan ane mau share sedikit, siapa tau agan berminat untuk menghadiri salah satu festival budaya yang menggelegar di Indonesia tersebut.


emoticon-angel2thumbupemoticon-Jempol



emoticon-NgacirLangsung cek TKP gan emoticon-Ngacir

Wamena (Lembah Baliem) merupakan ibukota Kabupaten Jayawijaya. Wamena sejak tahun 1980-an telah menjadi salah satu daerah tujuan wisata baik bagi para wisatawan asing maupun domestik yang menyukai wisata panorama alam, wisata pegunungan, trekking, wisata budaya, wisata petualangan dan wisata etnik.




Festival Budaya Lembah Baliem


Festival Budaya Lembah Baliem adalah salah satu pagelaran budaya yang awalnya acara perang antara Suku Dani, Suku Lani dan Suku Yali.

Lembah Bailem ditemukan pertama kali secara tidak sengaja oleh sebuah ekspedisi ilmiah pimpinan Richard Archbold ketika tim ekspedisi yang disponsori oleh American Museum of Naturally History ini melintas dan menemukan lembah ini pada tahun 1938. Richar Archbold Ketua Tim Ekspedisi AMNH, saat melintas di udara, ia melihat lembah yang luas dari kaca jendela pesawat pada tanggal 23 Juni 1938 dan melakukan pendaratan. Lembah ini kemudian disebut “Lembah Agung”.



Spoiler for Festival Budaya Lembah Baliem Sebagai Ikon Pariwisata Papua di Mata Dunia:




Yang pasti kalau agan dan sista menghadiri acara ini jangan khawatir terdapat panah nyasar, karena dijamin aman. emoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Traveller

Festival Budaya ini juga salah satu ikon Papua dan juga daya tarik baik lokal maupun internasional. Tanpa disadari festival ini dapat mengajak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk turut serta dalam budaya dan menikmati segala keindahan alam yang terdapat di Papua.

Oh iya, untuk festival ini akan diselenggarakan pada:
7-10 Agustus 2019
Distrik Walesi, Kabupaten Jaya Wijaya, Papua



emoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundul

Sebelum masuk ke Inti pembahasan, ane mau share untuk arti kata dari Wa..Wa..Wa..Wa..

Agan/Sista jangan salah untuk arti Wa-Wa-Wa-Wa itu bukan singkatan dari toko cat sebelah yang buka lebih pagi dan tutup lebih malam (ane pikir sih ini exploitasi pegawainya, siapa yang mau beli cat jam setengah 7 pagi, tukangnya aja masih ngopi hahah)

Arti Wa-Wa-Wa-Wa sendiri adalah salam khas dari warga Wamena yang artinya"Selamat Datang !" atau "Damai Sejahtera untuk Kamu". Menarik kan?


Spoiler for Bahasa:




Spoiler for Karakteristik Masyarakat Baliem:




Spoiler for Budaya:




Event Utama

Konsep inti pelaksanaan SENI PERTUNJUKAN Lembah Baliem kali ini tetap akan menampilkan atraksi budaya masyarakat Suku Hubula di Lembah Baliem Papua berupa simulasi budaya kehidupan dari nenek moyang yang ditampilkan secara teatrikal oleh masyarakat dari 40 Distrik di Kabupaten Jayawijaya.

Festival Budaya Lembah Baliem tahun 2019 akan ditandai dengan drama musikal (teatrikal kolosal) bertema JEJAK PERADABAN SUKU HUBULA SEBAGAI WARISAN DUNIAyang menceritakan kehidupan masyarakat Suku Hubula dari lahir hingga meninggal dunia yang dikemas dengan melibatkan Guru Besar bidang seni pertunjukan sebagai koreografer, yaitu Titov.

Diiringi dengan musik teaterikal yang sangat luar biasa dengan diiringi oleh 500 performer membuat festival ini sangat hidup dan menegangkan yang menceritakan kehidupan masyarakat Suku Hubula Papua.emoticon-Cipok


Spoiler for Sekilas Gambaran:



Penduduk asli Suku Dani pada umumnya terbuka terhadap wisatawan baik asing maupun domestic, tetapi alangkah baiknya para wisatawan memperhatikan beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan sehingga tidak menimbulkan ketidaknyamanan bagi wisatawan tersebut sendiri. emoticon-Jempol


Spoiler for Catatan Penting Gan:



Sekian dulu seputar Festival Budaya Lembah Baliem 2019. Nanti ane share lagi dari informasi teknis dan non-teknis nya. Dari Transportasi & Akomodasi, Tempat Pariwisata, dan lainnya yang pastinya seru dan menarik. emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir




Oh iya Agan/Sista bisa cek langsung informasi terkait Festival Budaya Lembah Baliem 2019 pada akun resminya dibawah ini:


Website:



Instagram:

Festival Budaya Lembah Baliem-2019

@festivallembahbaliem



Baik itu adalah sekilas mengenai Festival Budaya Lembah Baliem 2019
Semoga bisa menginspirasi dan siapa tau agan/sista tertarik untuk datang memeriahkan emoticon-Smilie

Boleh dong dikasih
emoticon-Toastemoticon-Pelukemoticon-Matabelo





Diubah oleh embeksehat212 28-03-2019 05:13
5
5.2K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23KThread10.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.