metaliqueAvatar border
TS
metalique
Zdenek Zeman: Kebenaran Di Balik Kultus 'Zemanlandia'


Dalam sepak bola modern tabel liga adalah penilaian final yang tidak terhindarkan, apa yang disajikannya tidak dapat disangkal: Apakah berhasil juara atau tidak. Pertama tujuannya yaitu agar menjadi juara, terakhir hasilnya kadang berbeda atau tidak dapat diterima dan nuansa di antara dua perbedaan tadi akan bercampur dengan investasi keuangan, tradisi dan harapan untuk membentuk jawaban konklusif ditambah dengan ide-ide yang dirumuskan selama bertahun-tahun seperti analisis pertandingan, sesi pelatihan, teori dan praktik, banyak yang tersandung dan jatuh ketika dihadapkan dengan hasil akhir.

Hal ini pada gilirannya mengarah pada negativitas yang tak terhindarkan. Jika hasil sangat penting, maka hasil yang buruk harus dihindari. Dan jika hasil buruk harus dihindari maka kepraktisan pun terjadi. Hasil akhirnya adalah bahwa banyak idealis sepak bola yang paling terkenal dipenuhi dengan pragmatisme implisit yaitu kesediaan untuk menyesuaikan diri dengan hasil akhir.

Namun Zdenek Zeman tidak setuju dengan hal ini. Menurutnya “Hasil 0-0 itu membosankan, Lebih baik kalah 5-4, setidaknya hasil itu memberi kegembiraan."

Dengan sikap inilah Zeman mendapatkan predikat moniker Il Boemo atau The Bohemian. Keyakinannya pada saat itu cukup kontra dengan budaya liga italia pada awal 1990-an karena keyakinan semacam itu sangat radikal. Selama periode tersebut ia melatih klub seperti Foggia, Lazio dan Roma, dan menyebarkan ide-idenya tentang sepak bola, ide-ide yang kadang bertentangan dengan akal sehat.
Quote:

Penyanyi Italia dan penggemar Roma, Antonello Venditti, merilis sebuah lagu yang didedikasikan untuk Zeman berjudul La Coscienza di Zeman pada tahun 1999. Lagu ini ditutup dengan tepat dengan pengulangan baris yang sama yaitu "Perche non cambi mai" yang artinya karena anda tidak pernah berubah. Sekian.

Sumber : Hasil Pemikiran TS
Referensi : Zeman. Un marziano a Roma
Courtesy Google Image



-- Terima Kasih --
greynimation
greynimation memberi reputasi
12
13.1K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Liga Italia
Liga Italia
icon
1.5KThread7.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.