kakekupdateAvatar border
TS
kakekupdate
Selain Dibalik Kelezatannya, Ini 5 Fakta Tentang Rumah Makan Padang
Foto:dok.detikFood

Makanan Minang tak pernah gagal tingkatkan nafsu makan. Rumah makan Padang juga sudah menjadi bagian tempat makan enak di Ibu kota selain warteg. 
Beragam menu pilihan khas Minang tersaji apik dalam lemari etalase kaca. Berpadu dengan bumbu yang kuat dan porsi yang melimpah. Rumah makan Padang selalu jadi pilihan ketika makan siang atau pun makan malam.
Dibalik kelezatannya, Rumah Makan Padang ternyata menyimpan beberapa rahasia. Mulai dari sosok kakek yang sering ada di rumah makan sampai porsi yang ternyata lebih banyak kalau di bungkus. Semua ini tentu tak semua orang tahu.

1. Sosok foto kakek berkopiah hitam

Foto:Istimewa

Kalau rumah makan tersebut milik orang Minang asli. Tentu beberapa ada yang memajang sosok kakek ini. Ia adalah Syech Kiramatulla Ungku Saliah yang fotonya sering dipajang di rumah makan orang Minang. 
Konon kakek ini merupakan sesepuh sekaligus sosok ulama besar yang lahir di Pasa Panjang Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman. Beliau merupakan sosok yang pintar dan ahli beribadah, bahkan beliau sering disebut sebagai Wali Songo dari Sumatra.


2. Di Sumatra Barat tidak ada nama 'Rumah Makan Padang'


Foto: Restoran Fastfood, Rumah Makan Padang, dan Kaki Lima soal Antisedotan Plastik. (Ardhi Indra Prasetya/detikcom)

Di Ibu kota menemukan rumah makan Padang sangat mudah. Hanya beberapa Kilometer sudah ada rumah makan Padang. Di kantor pun selalu ada pilihan makanan Minang yang tak pernah absen jadi pilihan. 
Namun, di kota aslinya. Nama rumah makan Padang ini tak ada. Karena dianggap sebagai tempat lahirnya nasi Padang, penduduk Sumatra Barat tidak lagi menggunakan papan nama 'Rumah Makan Padang' pada etalase rumahnya. Berbeda dengan kota lain yang memberi keterangan 'Padang' sebagai pembeda antara rumah makan biasa.

3. Porsinya lebih banyak kalau dibungkus

FotodetikFood

Agan lebih suka makan di tempatnya atau dibungkus. Kalau dibungkus pasti porsinya akan lebih banyak. Konon ceritanya, orang dulu menyebut tempat makan atau restoran hanya bisa dinikmati oleh kaum elite atau saudagar kaya.
Sedang makanan yang dibungkus dengan kertas nasi identik dengan kaum pribumi atau pekerja pabrik. Sehingga kalau nasi Padang dibungkus lebih banyak porsi nasinya.

4. Lebih nikmat dimakan dengan tangan

Foto: Instagram

Tak afdol rasanya kalau menikmati nasi Padang dengan sendok dan garpu. Dengan menggunakan tangan, Anda bisa mengaduk nasi dengan campuran kuah gulai, bumbu rendang hingga lauk dan sambalnya.
Semuanya akan bersatu menjadi satu sehingga menghasilkan kenikmatan tersendiri saat menyantapnya.


5. Daun singkong dan gulai nangka tak pernah absen

Foto: Dok. detikFood

Apapun lauknya, pasti pelengkap nasi Padang adalah daun singkong rebus dan sayur nangka. Kuah gulai pun selalu disiram untuk menambah kelezatan dari seporsi masakan Minang. Jangan lupa menambahkan sambal ijo ya. 


Diubah oleh kakekupdate 23-03-2019 05:32
gegeemlnaa
tata604
nona212
nona212 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
8.8K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)
icon
9KThread6.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.