Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
2336
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58986fd2ddd770cc458b4576/kaskus-android-lounge---part-2
Pengenalan Lebih Dekat Dengan Android Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, diben
Lapor Hansip
06-02-2017 19:45

Kaskus Android Lounge - Tempat Santai User Forum Android

Kaskus Android Lounge - Part 2



Quote:

Pengenalan Lebih Dekat Dengan Android


Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Pada Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubi, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler. versi android terbaru yaitu versi 3.0. Android juga sudah bergabung dengan beberapa smart mobile seperti Nokia, Sony Ericsson, dan lainnya.

Sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintar yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010).

Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat mobile yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.

Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.

Quote:

Android versi 1.1


Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.


Quote:

Android versi 1.5 (Cupcake)


Kaskus Android Lounge - Part 2


Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

Quote:

Android versi 1.6 (Donut)


Kaskus Android Lounge - Part 2


Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.


Quote:
Android versi 2.0/2.1 (Eclair)


Kaskus Android Lounge - Part 2


Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps - aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.

Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.


Quote:

Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)


Kaskus Android Lounge - Part 2


Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

Quote:

Android versi 2.3 (Gingerbread)


Kaskus Android Lounge - Part 2


Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

Quote:

Android versi 3.0 (Honeycomb)


Kaskus Android Lounge - Part 2


Android 3.0 adalah versi yg secara khusus dioptimalkan untuk gadget dengan layar lebar, khususnya, dan yaitu tablet. Dalam versi ini diperkenalkan desain UI yang baru, virtual dan holografis tapi juga elegan dengan model interaksi memfokuskan pada konten.

Dalam versi ini Google membuat multitasking, notifications, Home screen customization, widgets, dan yang lainya juga menjadi lebih interaktif, vibrant, dan memberikan pengalaman 3D tapi tetap familiar dan juga lebih baik dari sebelumnya

Perubahan-perubahan yang dilakukan di versi ini antara lain pada System Bar (di bagian global status dan notifikasi), Action Bar (di bagian application control), customizable Home screens, recent Apps (untuk multitasking yang lebih mudah), keyboard (di desain ulang agar mengetik bisa lebih cepat dan akurat), text selection (copy dan paste yang lebih baik lagi), opsi connectivity yang baru, browser, camera dan gallery, contact, dan email.

Semuanya itu ditujukan agar lebih maksimal di dalam tablet. dan memang versi ini sampai saat versi 4.0 resmi diumumkan hanya beredar dan dipakai di tablet
Diubah oleh rifkonhakiki
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 102 dari 119
Kaskus Android Lounge - Part 2
15-03-2019 09:15
permisi agan2
saya mau tnya camera lenovo k5 play dong..
fungsi nya dual kamera d lenovo itu buat apa ya?dan cara gunain nya gimana

terimakasih

emoticon-Shakehand2
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
17-03-2019 12:55
SD SIP1, banyak komponen eksternal sekarang jadi terintegrasi. Sisi postifnya dengan banyak komponen yang terintegrasi, proses manufaktur jadi lebih simpel, bisa menghemat ruang di dalem ponsel, bisa nambah komponene lain kalau perlu. harga juga bisa lebih murah. Gak enaknya produsen hape gak bisa main kombinasi fitur yang biasanya campur-campur racikan chipset untuk fitur tertentu. Biasanya hape dengan SoC "A" yang sama bisa punya fitur dan harga yang sangat bervariasi. Sekarang hape dengan SIP yang sama variasi antar-hape lebih sedikit dan harga mungkin gak beda amat. Paling kamera, layar, frame, desain, dll yang jadi pembeda.
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
17-03-2019 16:13
gan, dh ada yg coba GSI di hpnya ?
Pngn tau itu asal udh ada base vendornya di hp ,
apa jadi bisa pakai semua rom gsi ?
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
18-03-2019 10:01

Private DNS VPN on Android 9 Pie

Maaf salah kamar , mod, tlg dihapus 🙏
Terima kasih.
Diubah oleh kenshiro
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
19-03-2019 11:15
Siang para suhu,cara pasang gcam di oppo a7 Gcam ya,bisa gak
Makasih sebelumnya
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
25-03-2019 11:17
Mo tanya
Ini touch screen knapa suka freeze ya?
Bahkan suka gerak sendiri macem jelangkung?
Mi 6x
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
26-03-2019 21:07
Gan Samsung M Series tuh ada brp ya yg msk Indo?

Terakhir ane liat ada M10 bs beli online
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
28-03-2019 10:37
lenovo k5play (k350t) os nya hanya mentok di 7.0 apa udah bisa di 9.0 ya??
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
28-03-2019 22:19
Rekomendasi HP Best Bang for the Buck apa ya ?

Samsung M20 Kah ? atau S10 sekalian ? atau Mi 8 ? atau ada rekomendasi lain ?

Cuma kalau xiaomi hoki hokian, kadang dapat yg build quality bagus, kadang dapat yg jelek. ini dari 5 HP xiaomi di rumah, 2 bermasalah. Ada yg tombol power susah di tekan, ada yg touchscreen nya ndak responsif. Kalau mau digaransikan jelas tidak mungkin, itu hp umurnya sudah di atas setahun semua.
Diubah oleh yokowasis
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
29-03-2019 11:24
Quote:Original Posted By erwaleste
Guys, threadnya moto e4 plus ga ada ya emoticon-Confused


kenapa HP nya gan?
punya ane kena ghost touch emoticon-Frown
sekitar seminggu ini
udah cari sana sini, belum nemu cara perbaikinya

0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
29-03-2019 16:46


Quote:Original Posted By Tuk.Bayan.Tula
kenapa HP nya gan?
punya ane kena ghost touch emoticon-Frown
sekitar seminggu ini
udah cari sana sini, belum nemu cara perbaikinya

Gak kenapa2 gan, hanya ingin tau wadahnya di kaskus aja emoticon-Big Grin



Hehahuhiho...
Post gw yg pada tanggal 12 feb 2019 jam 04.20 menanyakan ada thread khusus pengguna moto e4+
Dapet kuot di tanggal 29 maret jam 11.24
Diubah oleh erwaleste
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
30-03-2019 10:34
Redmi Note 7 kok belom ada lounge-nya yak? Tumben bener? emoticon-Embarrassment
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
30-03-2019 18:07
Hallo gan semua, mau tanya ibu ane pake realme c1 dari bulan desember, nah ini kok tiba-tiba mati sendiri di charge ga nyala sama sekali, padahal gak jatoh gak apa, pemakaian juga sewajarnya ga kasar. Ada yang pernah ngalamin atau punya solusinya? soalnya cari-cari ga nemu solusinya. Solusi selain service ya gan kalo bisa hehehehe. Thank youuu
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
31-03-2019 09:01
halo om mau minta pencerahan
ane pake oneplus 5
akhir2 ini sering banget muncul iklan fullscreen.. kadang di home dia muncul, kadang buka wa dia muncul, main game pun dia muncul..

help. me to fix this.. udh install mallwarebytes ga ngaruh
pic
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
01-04-2019 11:32
Siang suhu”
Mau minta pencerahan dong ane mau beli xiaomi airdots pro tws, disini ada yg pake? Bisikin cons & pros nya dong gan emoticon-Malu (S)

Makasih sebelumnya emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh co.id.
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
01-04-2019 19:03
Suhu2 semua, mau nanya nih. Ane pengguna Samsung Galaxy A7 2018 yang flash firmware Android Pie versi Vietnam menggunakan tools Odin. Sebenarnya semua baik2 aja kecuali ada 2 hal :
1. Hari besar yang muncul di Samsung Calendar adalah hari besar Vietnam
2. Bixby Vision : hasil yang ditampilkan dalam Bahasa Vietnam/Online shop Vietnam (Bixby Vision Shopping).
Selain 2 hal diatas kira2 perbedaan apa lagi yang kita temui jika kita flash firmware negara lain? So far Google Play, Samsung Themes Store, Samsung Members masih berjalan normal (Pembayaran dengan Rupiah), kekuatan sinyal masih oke gak ada masalah sedikitpun.
Terima kasih
Diubah oleh matadogas91
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
01-04-2019 19:03
longue untuk redmi note 7 dmn ya gan?
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
03-04-2019 00:27
Quote:Original Posted By iphunkz
menurut agan2 dsini SD 636 masih worth it kah? untuk penggunaan normal, game ringan macem ludo,fruit ninja, omnyoji arena

sama mau tanya, yg pakai app dual WA gitu batere jd boros kah? thanks

worth banget, apalagi hpnya 4000 mah

Quote:Original Posted By kana.kamishima
Awal taun, brand2 legend mulai bangkit
LG dengan dual screen V50 nya
Sony dengan layar rasio 21:9 + SS 30detik di Xepria 1
Nokia dengan 5 kamera belakang di Nokia 9
Ntabs emoticon-Matabelo jadi banyak pilihan

Brand2 tiongkok masih duduk manis, nyontek lalu bikin versi murahnya buat Q2 2019 emoticon-Ngakak

sony 21:9 keliatan ga nyaman banget ditangan, panjang betemoticon-Frown
0 0
0
Lihat 1 balasan
Kaskus Android Lounge - Part 2
Lapor Hansip
03-04-2019 08:15
Balasan post ridhoda
thanks bos, 636 mg masih worth banget, batere awet biarpun cuman 3300 mah . hoho

betul,21:9 auto nongol pas masuk kantong ahaha
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
03-04-2019 13:49
thread official tentang samsung note 9 ada gan ?
0 0
0
Halaman 102 dari 119
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Programmer Forum
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia