HilmyAchmad
TS
HilmyAchmad
Story Of Arc One Piece Yang Merupakan Alur Cerita Yang Penting.
Hallo Minna-San

Arc Adalah Alur Cerita One Piece berdasarkan Chapter/Episode yang Bercerita disuatu Lokasi ataupun Suatu Peristiwa.

Selain itupun terdapat Timeskip yaitu kejadian setelah para Kru Bajak Laut Topi Jerami berpisah selama 2 tahun pada Pulau Sabaody dan Berkumpul lagi di Sabaody Juga.

Oke kalau begitu berikut adalah Alur cerita Arc One Piece secara garis besar baik itu dalam versi Manga maupun Anime nya.

•Arc East Blue



Merupakan Bagian awal cerita perjalanan Mugiwara Pirates. Disinilah terdapat momen penting bergabungnya para Kru Mugiwara Pirates. Didalam Arc East Blue Terdapat 6 Arc Penting. Disebut-sebut wilayah yang begitu Lemah tapi kenyataannya banyak tokoh penting yang berasal dari East Blue.

- Arc Romance Down



Awal pertemuan Luffy dengan Zoro. Saat itu zoro diikat dan babak belur yang kemudian Luffy menyelamatkannya dan Zoro merupakan Kru pertama yang bergabung.

- Arc Orange Island



Pulau Orange merupakan Tempat Lahir Sang Navigator Nami. Desanya diserang oleh Bajak laut manusia kejam Arlong. Kemudian Luffy menyelamatkannya dan mengajak Nami Bergabung.

- Arc Syrup Island



Tempat Asal Sang Penembak Jitu Usopp. Terdapat keluarga Bangsawan yang mempunyai Putri Bernama Kaya. Desanya diserang Oleh Bajak Laut Black Cat pimpinan Kapten Kuro. Luffy DKK membalas kejahatan mereka dan menyelamatkan Desa. Disinilah Mugiwara Pirates mendapatkan Kapal Pertamanya yaitu Going Merry.

- Arc Baratie



Sanji Si Kaki Hitam dibesarkan dan Dirawat di Restoran Baratie milik Zeff. Pada saat itu datang Armada Bajak Laut yang dipimpin Don Krieg dan mengacak-acak Baratie. Kemarahan Luffy DKK membuat para Armada Don Krieg Kalah. Dan Sanji ikut bergabung.

- Arc Arlong Park



Disinilah Nami disandera dan dipaksa bergabung dengan Arlong. Saat itu Luffy sangatlah marah dan menghancurkan Taman Arlong dan membawa kembali Nami untuk bergabung.

-Arc Logue Town



Logue Town disebut juga dengan Kota Awal dan Akhir. Disinilah momen paling bersejarah terjadi yaitu sebagai tempat Eksekusi Raja Bajak Laut Gold D.Roger. Pada Arc ini Luffy bertemu Mantan Kru Roger yaitu Buggy Si Badut yang Seorang Shichibukai. Saat itu terdapat Angkatan laut Smiker dan Tashigi yang ingin menangkap Luffy tetapi Ayahnya Monkey.D.Dragon muncul dan menyelamat kan Luffy.

•Arc Drum Island



Merupakan Tempat lahir Chopper Si Cerpelai. Luffy DKK berniat untuk membebaskan Kerajaan Drum dari peninsan Rajanya yaitu Wapol. Kemudian Wapol pun kalah dan Chopper Ikut bergabung dengan Mugiwara Pirates dan menjadi Dokter.

•Arc Alabasta



Arc yang dimana para Mugiwara Kru ingin menyelamatkan Kerajaan Alabasta dan Putri Vivi dari Kekejaman Organisasi Baroque Works yang dipimpin Oleh anggota Shichibukai Crocodille. Saat Itu Nico Robin adalah anggota Baroque Works yang kemudian ikut bergabung ke Mugiwara Pirates.

•Arc Sky Island



Sky Island atau Pulau langit merupakan tempat berkuasanya God Enel. Serang Bajak Laut yang Kuata dan merupakan pemakan Buah Iblis Goro-Goro No Mi hang mampu mengendalikan petir. Menyebut dirinya sebagai dewa karena kekuatannya. Pada Arc ini terdapat 2 Arc Yaitu:

- Jaya Island

Awal Perjalanan para Mugiwara Pirates Di Pulau Langit dan bertemu para Kru Bajak Laut Enel yang cukup Kuat.

- Skypiea Island



Tempat Singgasana Enel. Disini terjadi pertempuran yang sangat dahsyat antara Luffy dan Enel. Sayangnya Enel kalah karena Luffy adalah musuh alami kekuatan petirnya karena Karet Bersifat Isolator terhadap petir.

•Arc Water Seven



Water Seven merupakan Kota Air yang konsepnya diambil dari kota Air Venesia, Italia. Mugiwara Pirates singgah di Water Seven untuk mendatangi Galley La Company yaitu para tukang kayu handal untuk memperbaiki Going Merry. Disana Usopp dan Robin meniggalkan Mugiwara Pirates karena alasan mereka masing-masing. Usopp kecewa dengan keputusan Luffy sedangkan Robin ingin menyelamatkan teman-temannya agar tidak kena Buster Call. Disana pula Mereka bertemu Franky yang mempunyai Rancangan Pluton. Robin dan Franky dibawa menuju Enies Lobby oleh CP-9 untuk dihakimi.

•Enies Lobby



Enies Lobby disebut juga Pulau tanpa Malam Hari. Disana terdapat simbol keadilan yang hanya adalah keadilan semu. Robin dan Franky tiba disana dengan Kereta Api laut, sedangkan Luffy DKK Menyusul menggunakan kereta api laut yang lain bersama para sekutu dari Water Seven. Peperang terjadi disana semuanya hancur berantakan. Dan Final nya yaitu ketika Luffy melawan Rob Luccy yang seorang CP-9. Setelah Selesai mereka kembali dan Franky bergabung kedalam Mugiwara Pirates serta mereka menggunakan Kapal Baru yaitu Thousand Sunny.

•Arc Thiller Bark



Sebenarnya Thiller Bark adalah Kapal Besar seukuran Pulau milik Shichibukai Gecko Moria. Saat di Floriantriangel mereka bertemu dengan Brook yang bahangannya telah dicuri. Luffy DKK Masuk kedalam Perangkap Gecko Moria. Perang pun terjadi antara Mugiwara Pirates melawan Pasukan Zombie dan para Komandan Divisi Gecko Moria. Puncaknya yaitu ketika Luffy yang menggunakan shadow gear melawan Moria dan memenangkan pertarungannya.
Saat Bayangan Brook kembali ia bergabung dengan Mugiwara Pirates.

•Arc Sabaody Island



Pulau yang didalamnya banyak terdapat monster buas. Seorang Legendaris menetap di Pulau ini yaitu Mantan Wakil Kapten Bajak Laut Roger "Sang Raja Kelegapan" Silver Rayleig. Luffy belajar tentang Haki dan mempelajari Gear Awakening Gomu-Gomu miliknya. Disinilah tempat para Anggota Kru Mugiwara terpisah satu sama lain akibat ulah dari Bartolomew Kuma seorang Shichibukai. Dengan kekuatan milik Kuma mereka dipentalkan menuju pulau yang berbeda. Ternyata Kuma berniat menyelamatkan mereka dari Admiral Borsalino Kizaru dan Pacifista.

•Arc Amazon Lily



Tempat yang seluruh penghuninya yaitu Wanita. Pemimpin pulau ini adalah Boa Hancock yang seorang Shicibukai dan pemakan Buah iblis Mero-Mero No Mi. Bersama kedua orang adiknya yang keduanya pemakan Buah Iblis zoan Tipe ular mereka menyerang Luffy dan saat pertarungan terjadi Haki Raja Luffy bangkit dan yang menyaksikan pertarungan tersebut sebagian tak sadarkan diri. Saat itu Boa Hancock menaruh Hati kepada Luffy dan mengatakan bahwa Kakak angkat Luffy yaitu Portgas.D.Ace sedang berada di penjara Bawah laut Impel Down.

•Arc Impel Down



Penjara Bawah Laut yang mana terdapat 6 Level tahanan didalamnya. Luffy berniat membebaskan Ace dan mengacak-acak Impel Down sehingga Para Sipir Impel Down marah. Pertarungan terjadi Antara Luffy melawan para penjaga yaitu Pengguna Buah Iblis Zoan yang sudah awakening dan bertingkah layaknya Monster. Setelah pertarungan selesai dilanjutakan dengan melawan Kepala Sipir Impel Down yaitu Magellan pengguna Buah Iblis Doku-Doku No Mi Racun. Luffy dibantu Imperio Ivankov yang merupakan seorang Revolusi anak buah ayahnya Luffy.

•Arc MarineFord



Pertempuran paling bersejarah di Dunia One Piece terjadi Di Marineford yaitu markas besar angkatan Laut. Ace akan dieksekusi disini sehingga amarah muncul pada Armada Bajak Laut Shirohige karena Ace merupakan komandan Divisi kedua. Disanalah kebenaran diungkapkan oleh Sengoku sang Fleet Admiral bahwa Ace adalah Anak Roger dan Luffy Adalah Anak Dragon dan Cucu dari Sang Pahlawan Garp. Selesai pertempuran yang memporak- porandakan Marineford, Bajak Laut Kurohige datang dengan kru nya serta yang terbaru para tahanan level 6 Impel Down.

•Arc Time Skip



Alur yang bercerita setelah Para Mugiwara Kru terpisah selama 2 tahun. Kini masing-masing dari mereka memiliki penampilan yang berbeda disertai kemampuan yang meningkat setelah 2 tahun mereka berlatih di Pulau singgahannya masing-masing. Berkumpul lagi di Pulau Sabaody dan disinilah muncul para Supernova yaitu Bajak Laut generasi terburuk termasuk Luffy dan Zoro.

•Arc Fishman Island



Pulau Manusia Ikan yang terdapat dibawah laut didalam Gelembung raksasa. Disini merupakan perjalanan awal Mugiwara Pirates menuju New World. Mereka Bertemu dan Bertempur dengan Houdi Jhon serta Bajak Laut New Fishman. Mugiwara Kru dibantu oleh Jinbei yang Seorang Mantan dari Shichibukai. Kemudian disini pula mereka bertemu Shirahoshi Sang Putri dari Kerajaan Ryugu yang mampu berkomunikasi dengan Sea King.

•Arc Punk Hazard



Merupakan Pulau New World yang pertama kali disinggahi Mugiwara Pirates. Disini Mugiwara Pirates bertemu dengan Heart Pirates yang dipimpin Oleh Trafalgar.D.Water Law. Mereka beraliansi dan bekerjasama untuk mengalahkan Caesar Clown yang merupakan Kaki tangan dari Donquixote Doflamingo.

•Arc Dressrosa



Dressrosa merupakan Kota Colloseum One Piece yang dipimpin oleh Raja Riku Dolf. Sayangnya terjadi insiden 10 tahun yang lalu yaitu ketika Raja Riku membantai para Rakyat yang ternyata Ia dikendalikan oleh jurus Benang Doflamingo. Disini pula terdapat Pabrik yang membuat Buah Iblis Buatan yang bernama SMILE yang dimiliki oleh Kaido.
Yang mengejutkan adalah munculnya Saudara Luffy yang Lain yaitu Sabo yang sekarang merupakan anggota Revolusi. Setelah Luffy mengalahkan Doflamingo dan membebaskan Kota, Para Gladiator dari seluruh negeri membentuk Aliansi Armada Besar Bajak Laut Topi Jerami.

•Arc Whole Cake Island



Sebelum Ke Whole Cake Island Para Aliansi Topi jerami yang terdiri dari Suku Minks, Ninja, Bajak Laut dan Samurai yang berlokasi di Pulau Zou. Mereka berencana untuk menggulingkan Yonkou Big Mom dan Kaido. Mereka membagi Dua kelompok yaitu Pertama yang dipimpin Zoro menuju Negeri Wano untuk mengalahkan Yonkou Kaido sedangkan Kedua yang dipimpin Luffy menuju Whole cake island untuk menyelamatkan Sanji yang dijodohkan kepada Anak Big Mom. Pertempuran dimulai dengan menghancurkan pesta Teh Big Mom yang memicu Amarah para Anak-anak Big Mom. Momen Pertarungan Epik terjadi pada pertarungan Luffy dan Katakuri Sang komandan Divisi pertama. Ternyata Big Mom menghianati Germa 66 dan terjadi perang Antara Armada Big Mom dan Pasukan Germa 66.

•Arc Wano Kuni



Negeri Wano merupakan Negeri nya para samurai. 20 tahun yang lalu Negeri Wano dipimpin Oleh Kozuki Oden yang bijak hingga Akhirnya Korozumi Orochi bersekongkol dengan Kaido untuk menaklukan kerajaan Oden. Sayangnya tak seluruhnya binasa karena terdapat 9 kesatria yang dikirim ke masa depan Oleh Kozuki Toki yang pengguna Buah Iblis. Dan Sekarang mereka sedang mengumpulkan para 9 ksatria serta Aliansi besar yang terdiri dari Para samurai, bajak laut dan Suku Minks untuk mengalahkan Orochi dan Kaido.

Yaps itulah tadi penjelasan mengenai Arc di One Piece yang belum Tamat hingga sekarang. Tak terasa sudah 20 tahun One Piece menemani Para penggemarnya.

Mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan. Jika ada beberapa istilah yang tak dimengerti silahkan ditanya. Next Time akan dibuat artikel yang membahas para Organisasi dan Tokoh penying yang Ada di One Piece.

Sekian dari Saya bila ada salah silahkan dikoreksi.

Sayonara Minna-San


Diubah oleh HilmyAchmad 01-04-2019 13:47
123lalaloloawakdhewetata604
tata604 dan 32 lainnya memberi reputasi
29
32.2K
118
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
icon
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.