• Beranda
  • ...
  • Sports
  • 7 Bintang Sepakbola Yang Juara Liga Champions Sebagai Pemain dan Pelatih

cintadineAvatar border
TS
cintadine
7 Bintang Sepakbola Yang Juara Liga Champions Sebagai Pemain dan Pelatih
Liga Champions adalah kejuaraan yang sangat bergengsi dan persaingannya sangat keras. Sejatinya kejuaraan ini bukanlah yang tertua di dunia namun sudah digelar sejak 1955. Tidak semua pemain bintang bisa merasakan gelar juara Liga Champions, dan juga sulit bagi para pelatih kelas dunia untuk mengantarkan timnya juara di UCL. Tapi, faktanya ada segelintir pemain yang menjuarai Liga Champions, lalu juara lagi sebagai pelatih. Hal tersebut tentunya luar biasa, lalu siapa sajakah mereka?

1. Pep Guardiola

Guardiola adalah bagian dari skuat Barcelona pada saat juara UCL 1992 yang merupakan gelar pertama bagi Blaugrana, saat itu Barca dilatih oleh Johan Cruyff. Sebagai pelatih, Pep membawa Barcelona juara pada 2009 dan 2011 dan dua-duanya merupakan hasil kemenangan atas Manchester United di final.


2. Frank Rijkaard


Pria asal Belanda yang pernah melatih timnas Arab Saudi ini juara tiga kali UCL sebagai pemain di dua klub yang berbeda. Yaitu AC Milan pada 1989 dan 1990, serta Ajax pada 1995. Sementara sebagai pelatih, Rijkaard sukses juara UCL 2006 saat melatih Barcelona, usai Ronaldinho menundukan Arsenal di final

3. Carlo Ancelotti

Ancelotti sukses dua kali juara UCL bersama AC Milan secara beruntun, yaitu pada 1989 dan 1990. Sedangkan sebagai pelatih, Ancelotti bahkan juara sebanyak tiga kali. Dua kali di AC Milan pada 2003 dan 2007, dan satu kali Real Madrid yang kala itu Los Blancos mengalahkan rival sekota, Atletico Madrid di partai puncak.

4. Johan Cruyff

Ikon sepakbola Belanda dan dunia ini merupakan legenda di dua klub berbeda, Ajax dan Barcelona. Di Ajax, Cruyff juara sebagai pemain pada 1971 dan sebagai pelatih, Cruyff mempersembahkan trofi Liga Champions pertama bagi Barcelona pada musim 1991/92.

5. Giovanni Trapattoni

Pria asal Italia ini cukup terkenal di dunia sepakbola. Trapattoni sebagai pemain turut mempersembahkan gelar Liga Champions 1963 dan 1969 bagi AC Milan, posisinya sebagai pemain adalah gelandang bertahan. Pada 1985, yang kala itu karirnya sudah menjadi pelatih Juventus, Trapattoni sukses mengantarkan gelar UCL pertama si nyonya tua setelah mengalahkan Liverpool.

6. Miguel Munoz

Legenda El Real ini memang sangat terkenal di kalangan Madridista sejati, bagaimana tidak? Munoz adalah pemain yang turut mengantarkan Los Blancos juara Liga Champions 1955/56 dan 1956/57. Usai pensiun, Munoz lalu menjadi pelatih dan membawa Madrid juara UCL sebanyak dua kali, yaitu pada 1960 dan 1966.

7. Zinedine Zidane

Kalau yang satu ini pasti semuanya sudah pada tahu, ya. Zizou adalah bagian dari skuat Madrid saat juara Liga Champions 2002 yang baru saja datang dari Juventus. Sebagai pelatih, Zidane membawa Madrid tiga juara UCL secara beruntun. 2016, 2017, dan 2018. Mampukah musim depan Zidane mengulang prestasinya?

Nah itulah thread singkat dari ane yang lagi-lagi tentang sepakbola emoticon-Big Grin

Quote:
STARBRAND21
nona212
nona212 dan STARBRAND21 memberi reputasi
8
7.7K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
SportsKASKUS Official
22.9KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.