arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
Masih Adakah Stasiun TV yang Netral di Indonesia?


Untuk saat ini rasanya sangat jarang kita jumpai rumah tangga yang tidak memiliki televisi (tv). Boleh dibilang televisi merupakan salah satu media elektronik yang paling banyak diakses oleh masyarakat. Itulah sebabnya media televisi dapat memberikan pengaruh besar terhadap pola pikir masyarakat. Hal ini terkadang dimanfaatkan oleh sejumlah stasiun tv untuk melakukan pengiringan opini. Lebih-lebih pada tahun politik seperti pada saat ini.

Sudah bukan rahasia lagi kalau di tahun politik ini terdapat beberapa stasiun tv yang tidak netral dalam pemberitaannya. Ada yang mengelu-elukan capres tertentu. Adapula yang sibuk mengkampanyekan politikus tertentu karena merupakan kader dari partai politik yang dididirikan oleh pemilik stasiun tv bersangkutan. 

Namun masih ada beberapa stasiun tv yang masih netral dan tidak terpengaruh oleh hiruk-pikuk politik di negeri ini. Berikut adalah 3 diantaranya stasiun tv di Indonesia yang masih netral.

1. NET.


Sumber : Youtube.com


NET. merupakan salah satu stasiun tv paling muda di Indonesia. Stasiun tv ini resmi diluncurkan pada 26 Mei 2013. Jadi kurang lebih baru berdiri selama 6 tahun. Nama NET. sendiri diambil dari singkatan News and Entertainment Television. Pendirinya bernama Wishnutama Kusubandio.

Sesuai dengan namanya, siaran-siaran pada NET. biasanya berkaitan dengan hiburan dan berita. Meski banyak membawakan acara berita, namun berita-berita yang disajikan oleh NET. masih berimbang. Jadi boleh dibilang NET. merupakan salah salah satu stasiun tv paling netral di Indonesia. 

2. Kompas TV


Sumber : Vidio.com


Kompas TV juga tergolong stasiun Indonesia yang masih berusia muda. Stasiun tv ini diluncurkan pada 9 September 2011. Program-programnya juga hampir sama dengan Net., yaitu mengutamakan program berita dan hiburan. Kompas tv sendiri merupakan anak perusahaan dari Kompas Gramedia. 

3. TVRI


Sumber : Vidio.com


TVRI merupakan singkatan dari Televisi Republik Indonesia. Meski dimiliki oleh negara, namun TVRI masih netral dalam menyajikan berita. Hal ini sesuai dengan prinsip TVRI dimana mereka harus netral dan independen. 


Itulah 3 stasiun tv paling netral di Indonesia menurut ane. Mudah-mudahan netralitas mereka tetap terjaga sehingga selalu menyajikan informasi yang berimbang. 


Referensi :
https://indonesia.ucanews.com/2011/0...v-diluncurkan/
https://www.hipwee.com/list/kenapa-n...h-5-alasannya/
https://www.gatra.com/rubrik/hukum/3...den-dan-netral
raymandark
raymandark memberi reputasi
15
27.2K
165
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.