News
Batal
KATEGORI
link has been copied
9
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50b53683e374b4506a000092/tembok-bekas-kerajaan-jadi-pematang-sawah
Situs sejarah yang diduga bekas Keraton Purbosari di Situbondo Jawa Timur, kondisinya kini sangat memprihatinkan. Akibat tidak dirawat, bekas tembok yang menunjukkan lokasi keraton pada tahun 1400-an itu sudah banyak rusak akibat ulah tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Selain akibat tergerus pematang sawah, situs dan benda-benda bersejarah yang ditemukan di sekitar bekas keraton Purbosari,
Lapor Hansip
28-11-2012 04:54

Tembok Bekas Kerajaan Jadi Pematang Sawah

Tembok Bekas Kerajaan Jadi Pematang Sawah


Quote:Situs sejarah yang diduga bekas Keraton Purbosari di Situbondo Jawa Timur, kondisinya kini sangat memprihatinkan. Akibat tidak dirawat, bekas tembok yang menunjukkan lokasi keraton pada tahun 1400-an itu sudah banyak rusak akibat ulah tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Selain akibat tergerus pematang sawah, situs dan benda-benda bersejarah yang ditemukan di sekitar bekas keraton Purbosari, Dusun Tabedde, Desa Peleyan, Kecamatan Panarukan, itu raib dicuri. Benda dimaksud seperti batu bata tembok yang rata-rata berukuran besar. Termasuk benda-benda pusaka seperti keris, mahkota dan kalung raja, piring kuno, serta benda-benda bersejarah lainnya juga raib.

"Pada masa kejayaan Leraton Purbosari, lebar tembok ini 3 meter dengan panjang 1,5 x 1 km. Namun saat ini banyak hilang. Selain rusak dimakan usia serta tertimbun karena kurangnya perhatian dari pemerintah, batu batanya sering diambil untuk kepentingan warga. Kami sangat sangat menyesalkan sikap pemerintah, yang tidak memperhatikan situs sejarah tersebut," terang Candra, salah seorang pemerhati Cagar Budaya yang tergabung dalam Fori Abang Situbondo, Selasa (27/11/2012).

Candra menuturkan, bekas tembok itu dipastikan sebagai tanda perbatasan atau pagar Keraton Purbosari yang dibangun di antara tahun 1400-1500-an. Sedangkan Keraton Purbosari itu sendiri dibangun Minak Jinggo selaku Raja Blambangan, Banyuwangi, seusai menang dalam perang Parekrek melawan Majapahit.

"Konon Keraton Purbosari ini dibangun sebagai tanda terima kasih Raja Blambangan kepada Raja Sadeng sebagai penguasa Ketah, karena Raja Sadeng membantu Blambangan dalam peperangan Parekrek melawan Majapahit. Sayang, situs ini tak dirawat," bebernya.

Sementara itu, tembok berukuran tebal bekas Keraton Purbosari itu memanjang yang di kanan dan kirinya area persawahan. Tinggi tembok yang tinggal setengah meteran itu kini bahkan dijadikan pematang sawah. Di sepanjang pematang itu, batu bata berukuran besar banyak muncul di permukaan tembok, yang sebagian besar kini sudah tertimbun tanah.


SUMBER


waduh....sayang sekali jika sisa2 bekas kerajaan tdk terawat seperti itu....seharusnya pemerintah dan masyarakat sekitar sama2 bertanggungjawab utk merawatnya......emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
j4k4pntura memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Tembok Bekas Kerajaan Jadi Pematang Sawah
03-02-2013 23:45
ini nih mental bngsa ini, kagak prnh menghargai peninggalan nenek moyang emoticon-Matabelo
0 0
0
Tembok Bekas Kerajaan Jadi Pematang Sawah
04-02-2013 00:02
waduh... sayang banget gan..
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh blue_danube
Tembok Bekas Kerajaan Jadi Pematang Sawah
04-02-2013 00:08
pemerintah jg tidak ada tindakan penyelamatan cagar budaya
0 0
0
Tembok Bekas Kerajaan Jadi Pematang Sawah
04-02-2013 00:09
BANGSA YANG BESAR ADALAH TAHU SEJARAH, KALAU KAYAK GINI BANGSA YANG HANCUR
0 0
0
Tembok Bekas Kerajaan Jadi Pematang Sawah
04-02-2013 00:14
Masyarakat sekitar gak ada yang peduli...

pemerintah nya juga sama ...emoticon-Nohope
0 0
0
Tembok Bekas Kerajaan Jadi Pematang Sawah
28-03-2019 07:53
wihh sayang euy jadi nggak bisa di lestarikan,,,,
0 0
0
Tembok Bekas Kerajaan Jadi Pematang Sawah
28-03-2019 08:03
anggaran perawatan budaya masih dipakai untuk infrastrukur emoticon-Traveller
0 0
0
Tembok Bekas Kerajaan Jadi Pematang Sawah
28-03-2019 08:16
Kalau lihat tahun pembangunannya bisa jadi situsnya audah rusak dan terbengkalai sejak masa penjajahan belanda. Jadi jgan terlalu menyalahkan pemerintah toh ditempat lain ada juga bangunan tua tapi dijaga dan dikramatkan masyarakat sekitar, bisa jadi leluhur masyarakat disekitar sana jg tidak melihat situs itu sebagai bangunan yang penting malah sampai ada pematang sawah disitu
0 0
0
Tembok Bekas Kerajaan Jadi Pematang Sawah
12-07-2019 10:08
Wah Dinas CagarBudaya ada situs sejarah kayak gini kenapa diem saja ya ? apa ngga ada dana operasional ? nggak menguntungkan ? .....Sangat disayangkan kalo sampai hilang situs tersebut , kasihan generasi selanjutnya yangtidak tahu sejarah bangsa nenek moyangnya sendiri ..
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia