alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.78 stars - based on 18 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c98db1aa2d1955b9b7d871d/wanita-itu-cocoknya-di-rumah-udah-kodratnya-ngurus-rumah-gausah-macem-macem
Lapor Hansip
25-03-2019 20:43
Wanita itu cocoknya di rumah, udah kodratnya ngurus rumah, gausah macem-macem
Past Hot Thread
Wanita itu cocoknya di rumah, udah kodratnya ngurus rumah, gausah macem-macem



Sebelum agan2/sista2 komen, mohon baca dulu penjelasan ane di bawah ini

Ga bisa dipungkiri, seperti judul ane di atas, ketika agan2 atau sista2 sudah menikah, pandangan sebagian besar masyarakat umumnya adalah, laki2laki sebagai suami tugasnya kerja cari nafkah sedangkan wanita tugasnya ngurus rumah dan ngurus anak.



Yah, pandangan seperti itu ga salah sih. Tetapi terkadang ditemui kasus, bahwa sang suami yang merasa paling bekerja keras mencari penghidupan, merasa arogan dan tidak mau tau urusan rumah.



Pulang kerja, capek, liat rumah berantakan dikit, marah2...



Pulang kerja, capek, makanan belum siap, marah2...



Ga dilihat dulu gimana kondisi istrinya hari itu.



Ane nemuin temen kerja ane, cewek, yang cerita suaminya bener2 ga mau sama yg namanya pekerjaan rumah semacam nyuci baju, nyuci piring, masak. Pernah suatu ketika temen ane ini cerita kalau dia lagi demam dan ga bisa ngapa2in, sementara cucian bahu sama piring numpuk. Suaminya ga mau gantiin nyuciin baju, alasannya malu, akhirnya suaminya jarang ganti baju sampai dia sembuh.



Ade lagi temen kerja ane, kebetulan cewek juga, udah agak berumur sih, ibu2 gitu. Cerita kalo suaminya mau makan, maunya diambilin sama istrinya. Yang kedua, kalo pas pulang kerja, liat rumah agak berantakan gitu, bawaannya pengen marah. Lhah padahal kan temen ane yang cewek ini juga kerja.



Menurut ane, gak adil kalo mengkotak kotakkan peran di dalam sebuah tangga seperti itu.



Kenapa ?



Begini pandangan ane


Quote:Yang berhak cari nafkah buat keluarga bukan cuma suami

Wanita itu cocoknya di rumah, udah kodratnya ngurus rumah, gausah macem-macem


Jaman sekarang ini, susah nemuin ada cewek yang selesai sekolah, ga pengen kerja dan nunggu dilamar. Kebanyakan cewek2 pasti pengen punya karir juga. Dan gak adil dong, kalo cewek dipaksa ngelepas karir gara2 nikah padahal prospeknya bagus.


Ada juga kasus di mana penghasilan suami ternyata masih pas2an, sementara itu sebentar lagi akan hadir sang anak yang tentu saja membuat pengeluaran jadi tambah membengkak. Salah satu jalannya adalah istri juga ikut mencari nafkah buat menambah pemasukan rumah tangga.

Tapi perlu diingat, ketika sama2 bekerja, gak etislah ketika ada satu pihak entak suami atau istri yang kebetulan gaji atau kedudukannya lebih baik kemudian merasa lebih pantas untuk dihormati. Marriage is a mutual respect, jadi harus sama2 saling mengerti dan menghormati supaya rumah tangga berjalan dengan baik.



Quote:Mendidik dan merawat anak adalah tugas kedua orang tua

Wanita itu cocoknya di rumah, udah kodratnya ngurus rumah, gausah macem-macem



Yang namanya anak itu punya dua orang tua, ayah sama ibu. Jadi anak juga berhak mendapatkan perhatian dan pendidikan dari dua orang. Ga adil dong, kalo cuma ibu yang ditugasin ngurus sama mendidik anak, trus kalo ada sikap anak yang ga bener, si suami dengan enak bilang,"aduh, ibu itu gimana sih ngajarin anak, kok ga becus."

Yah dipikir si bapak ini tugasnya cuma buat anak kali.

Menurut ane, antara ibu dan ayah (harusnya) punya peran dan kewajiban yang sama besar dalam mendidik dan membesarkan anak.



Quote:Rumah tangga itu kerja team, bukan individu

Wanita itu cocoknya di rumah, udah kodratnya ngurus rumah, gausah macem-macem


Seperti yang ane bilang di atas, rumah tangga itu kerja tim, bukan individu, jadi harus siap buat saling subtitusi.
Ya kan kita ga pernah bisa tau gimana masa depan. Kalo ternyata mendadak istri sakit, atau harus keluar kota, ya masa suami harus kaku ga mau ngurusin pekerjaan rumah.
Atau ada juga kejadian di mana kondisi fisik suami tidak memungkinkan untuk bekerja, sehingga harus ada subtitusi, gantian istri yang bekerja.
Yah intinya, kembali lagi, tumah tangga itu dijalankan dua orang, suami sama istri, harus bisa saling berganti peran, saling melengkapi dan saling mengisi.


Quote:Kondisi di dunia nyata ga selalu ideal
Wanita itu cocoknya di rumah, udah kodratnya ngurus rumah, gausah macem-macem



Kondisi di dunia nyata ga selalu sesuai dengan rencana kita.

Mungkin di sini agan2/sista2 ada yang pernah denger istilah "bapak rumah tangga?"

Bisa jadi di suatu rumah tangga, karir istri lebih menjanjikan untuk ke depannya, sementara anak sedang dalam masa pertumbuhan krusial dan butuh perhatian ekstra. Sementara rumah tangga agan/sita jauh dari keluarga, jadi ga ada yang bisa bantuin jaga anak.

Ya kalo dijumpai situasi semacem ini, ane rasa ga masalah si suami ngalah buat jadi bapak rumah tangga. Toh sekarang kerja ga harus di kantor, si suami bisa kerja di rumah sambil ngurus anak. Kerja jadi kaskus kreator misalnya.,,misalnya loh..emoticon-Wakaka

Jadi intinya kembali lagi ke saling mengerti dan saling mengisi. Yang utama adalah rumah tangga bisa berjalan dengan lancar.


Jadi gitu gan, menurut ane dalam rumah tangga itu ga bisa dikotak2kan secara khusus peran masing. Harus saling ngisi dan mau saling subtitusi. Kembali lagi, rumah tangga itu dibangun dan dikelola oleh dua orang, team work is everything.

Sekian thread singkat dari ane gan,,

Makasih buat agan2/sista yang berkenan mampir.

Kalo agan berbaik hati boleh dong kasih cendol, atau ninggalin jejak, atau berbagi pengalaman agan2/sista mengenai mengelola rumah tangga,

Akhir kata, terima kasih dan sampai jumpa di thread ane selanjutnya.

Quote:
Wanita Indonesia, jangan manja
Karena nikah bukan cuma soal legalitas sex
Mejadi tua
Penerbitan SIM (Surat Ijin Mendaki)
Kopi pahit buat beno
Kopi pahit karyawan swasta
Kenalan sama brand outdoor populer ini gan
Hero wanita MCU paling hot

Diubah oleh wisnusatriya
22
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 8 dari 12
27-03-2019 14:15
Sejak awal kimpoy, dari numpang di pondok mertua indah trus lanjut tinggal di rumah ortu ane kemudian jadi kontraktor*) dan akhirnya bisa punya rumah sendiri; Pekerjaan nyuci piring, gelas, baju, ngepel sampe benerin atap rumah yg bocor udah biasa ane lakuin.
Kenapa ane mau melakukannya? Karena ane udah terbiasa melakukan hal² itu dan tehnik pengerjaannya udah ane kuasai jauh sebelum kenal bini ane.
Maklum, ane dari SMA sampe kelar kuliah hidup dirantau orang jauh dari ortu. Jadi bagi ane gak ada gengsi²an, kl bisa dikerjakan sendiri ya let's do it!
emoticon-shakehand
0
27-03-2019 14:32
Ane Kerja, Istri ane juga kerja. punya anak 2. Alhamdulillah Ibu mertua ane mau jagain ke dua anak ane.

Ane jga ga alergi untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Ane secapek capek nya kerja kalo pulang masih bebenah rumah.. masih harus beresin mainan anak2 gw, masih harus nyapu dan ngepel..
istri ane secapek capeknya kerja jg masih harus ngawasin pelajaran anak ane yang masih SD.
0
27-03-2019 14:47
Tergantung banyak faktor sih. Agama, ekonomi, stigma masyarakat. Asal semua sudah disepakati bersama terserah orang lain mau ngomong apa toh mereka gak ada dampak buat keluarga kita. Ane sendiri bekerja, istri ngurus rumah karena alhamdulillah income ane sudah berkecukupan buat hidup. Dan jangan dikira ngurus rumah gampang lo. Ane ga pakai pembantu buat bantu ngurus rumah jadi ya istri sama ane yang ngurus (kebanyakan istri sih hehe). Saling bagi tugas dan tanggung jawab yang sudah disepakati aja sih.
0
Lapor Hansip
27-03-2019 14:50
Balasan post uliemoetz
Quote:Original Posted By uliemoetz
Pokoknya dalam rumah tangga itu harus saling membantu,kompak,saling pengertian..

Si suami boleh ngasih ijin/ga ngasih ijin istrinya buat kerja,itu hak dia n sesuai kesepakatan bersama,,tapi si suami harus tau keadaan klo ngurus anak n rumah itu ga mudah,lebih capek drpd kerja di kantor malah,jadi saat Kondisi ga memungkinkan yah harus saling membantu..

Si istri juga harus tau kodratnya sebagai istri n wanita,walaupun kerja,urusan pekerjaan rumah tangga yah harus tetap dilakukan,kecuali si suami memang ngasih ijin dia ga usah pegang kerjaan rumah tangga n hire ART aja,yah ga masalah,terserah kesepakatan bersama..


Menurut sis, yg namanya "kodrat" wanita itu seperti apa ?
0
Lapor Hansip
27-03-2019 15:03
Balasan post d24060313
Quote:Original Posted By d24060313
Kalo buat ane sih ga masalah cewe kerja, asal saat udah jadi ibu dia ga lupa tugasnya sebagai seorang ibu


tugas seorang ibu itu kaya gimana gan ?
0
27-03-2019 15:03
Quote:Original Posted By wisnusatriya
tugas seorang ibu itu kaya gimana gan ?

Tanya emak ente deh
0
Lapor Hansip
27-03-2019 15:04
Balasan post hellboy1109
Quote:Original Posted By hellboy1109
hhmmm....seperti yang ane alami saat ini....hehehehehe...jadi curhat... istri ane skrg kerja, 2 anak ane sama mertua dirumah....maunya sih ya istri dirumah gak kerja.. tapi...........hehehehehe....


tapi kalo ga kerja ga cukup ye gan?emoticon-Stick Out Tongue
0
Lapor Hansip
27-03-2019 15:05
Balasan post karyanakbangs4
Quote:Original Posted By karyanakbangs4
Suami gak akan kerja. stay dirumah, nyuci baju, ngurus anak dan berhak menerima nafkah dari istri, gimana? Setuju gak? emoticon-Big Grin

Kodrat mau kayak gimana pun gak akan bisa dibantah. Yg jawab setuju, tuh kaum istri yg gak waras. emoticon-Cape d...


"kodrat" tuh yang dimaksud yg gimana gan ?
0
27-03-2019 15:06
Pengangguran terbuka di Indonesia bertambah? 😂😂😂😂
Gini yah, kalo cewek di rumah gak kerja mereka gak bakal disebut pengangguran! Nah kalo cowok? Nah yang harusnya pekerjaan buat cowok ada, eh malah di isi cewek! Nah apakah dengan itu angka pengangguran berkurang? No, tidak ngaruh boy,just imagine 😂😂😂😂.

Ane setuju emansipasi, tapi harus sesuai porsi yes. Kalo misal ada pekerjaan, cowok dulu di utamakan. Kalau hampir semua cowok bekerja, otomatis angka pengangguran berkurang coy. Lah yang ngenafkahi keluarga kan cowok. 😂😂😂😂
0
Lapor Hansip
27-03-2019 15:07
Balasan post adirembang
Quote:Original Posted By adirembang
Tapi bro sekarang wanita sdh setara dgn laki2 ga mau di pandang rendah mending yg sblum menikah pikir2 dulu krn istri kalo lg di atas bisanya menghina keuangan suami.
Lagian menikah ga wajib mending nikmati hidup sendiri drpd makan ati..kalo pengen Jajan sono 😂


kalo kebanyakan jajan ga baik gan..emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
0
Lapor Hansip
27-03-2019 15:08
Balasan post littlevan
Quote:Original Posted By littlevan
Itu kalau istrinya satu ya gan,
Kalo istrinya 2, 3 mungkin beda kali ngaturnya emoticon-Leh Uga


satu aja susah gan, apalagi 2, 3..emoticon-Gila
0
Lapor Hansip
27-03-2019 15:09
Balasan post rayiaja
Quote:Original Posted By rayiaja
judulnya bagus gan, auto liat


emoticon-Malu
0
27-03-2019 15:26
sekarang gini, pas sebelum nikah pasti pihak cowok ditanyain kan sama calon mertua. udah sanggup belom nafkahin anaknya?
ga ada istilahnya keluarga cowok yang nanyain ke pihak cewek udah sanggup belom nafkahin cowoknya?
kalo ibarat istri kerja suami kerja, yang ngurus anak siapa? mertua? mau anak ga deket sama orang tuanya?
kalo istri maunya kerja suami engga, pasti pihak istri ato orang lain bilang ini kok suami ga kerja. gimana sih katanya mau nafkahin. lah gimana? ujung2nya juga cowoknya yang disalahinkan? itu yang namanya kerja sama?

di agama sendiri yang bertanggung jawab atas keluarganya adalah suami sebagai kepala keluarga. istri juga kalo ga di izinkan bekerja oleh suaminya ya ga boleh. dalam situasi apapun, pihak suami pasti ingin bekerja dan membuat keluarganya makmur. ga ada suami yang ga mikir gitu kan? yang namanya kerjasama dalam keluarga yang memang seperti itu. bapak kerja untuk menafkahi, dan ibu membantu pekerjaan rumah. gue ga ngodrat2 in, tapi dirumah juga emang harus ada yang ngurus? itu namanya kerja sama. suami juga pasti bantuin urusan rumah kok. temen2 gue ga ada tuh yang malu2 nyuci baju, ngepel. toh pas kita ngekos, semua pernah kita lakuin sendiri kan?
2
27-03-2019 15:26
Quote:Original Posted By barulangit
kalau ada orang yang seperti ente sebut di thread ente berarti itu orang otaknya masih nyangkut di abad sebelum masehi wkwkwk
..dalam keluarga memang butuh satu orang yang namanya kepala keluarga tapi itu bukan berarti kepala keluarga itu seorang otoriter berkuasa absolut mutlak, kepala keluarga untuk jaman sekarang lebih sebagai keperluan administrasi kependudukan seperti untuk kartu keluarga (kk) dan kepala keluarga dianggap sebagai perwakilan/representatif dari keluarga tersebut yang bertanggung jawab atau yang dapat dihubungi oleh pihak-pihak berkepentingan seperti pemerintah atau lembaga-lembaga lainnya (sekolah, rumah sakit, dan sebagainya)


bener juga ya gan... berarti namanya kepala administratif rumah tangga yak..
0
27-03-2019 15:29
Quote:Original Posted By detektiponlen
"wanita kodratnya tdk sama dgn laki2. laki2 bagaimanapun jg diciptakan lbh unggul dr pd wanita. Laki2 itu pemimpin bagi wanita, seorang istri itu berbakti kpd suaminya. Tugas suami adalah mncari nafkah. Istri tugasnya di rumah melayani suami dan mendidik anak2. Akan tetapi si suami boleh membantu pekerjaan rumah si istri bila istri merasa kelelahan, dan istri boleh membantu urusan nafkah suami jika suami mengijinkan dan bila ekonomi kurang cukup. Asalkan msh dlm batas wajar yg tdk slg melupakan tugas intinya masing2. Jgn smpai krn slogan emansipasi trus menyamakan wanita sama dgn laki2. Ente yg laki2 memangnya mau di samain sm perempuan bro?! Ente itu laki2 bro, pemimpin buat perempuan.."Surga seorang istri itu ada di kaki suaminya, surga seorang suami itu ada di kaki ibunya....Dalam hal ini mksudnya adalah berbakti. Istri hrus berbakti kpd suaminya dan suami harus berbakti kpd ibunya."


kalo menurut ane ga ada yg kebih rendah san ga ada yg lebih unggul gan,,
tapi memang berbeda,, setara tp berbeda..
0
27-03-2019 15:31
Quote:Original Posted By apolo.10
kl yg anak2ny msh kecil kecil sih emg ga cocok sibuk di tempat kerja,
hrs lbh konsen mengurus anak2 dn rumah yg butuh perhatian banyak.

kecuali anak ny ud besar. itu br saat yg tepat utk berkarir maksimal


iya bener gan, pada saat pertumbuhan anak yg masih kecil, "orang tua" harus lebih konsen..
"orang tua" yaaa... bisa ayah bisa ibu
0
27-03-2019 15:33
"Rumah tangga yg harmonis itu rumah tangga yg ketika hak dan kewajiban dirinya sbg suami atau istri di penuhi atau terpenuhi."
0
27-03-2019 15:37
Setuju banget dengan agan TS.. yup.. rumah tangga itu kerja team jadi jangan mentang-mentang jadi suami udah kerja terus nggak mau sama sekali bantu nyelsaiin pekerjaan rumah. Ane kerja, suami ane kerja dan untuk urusan kerjaan rumah tangga ya kami kerjakan bareng. Misal ane bersih-bersih / beberes rumah, suami ane bantu jagain anak, ya mandiin anak atau nyuapin anak juga..
0
27-03-2019 16:32
Ane mah mikirnya sederhana aja, suami istri itu ibarat partneran, partneran dalam hidup.
Bayangin kalau milih partner bisnis aja ribet, apalagi buat idup. Selayaknya partner, itu berbagi, berbagi tugas dan kewenangan dengan saling menghormati dan menghargai, tujuannya ya buat mencapai kesuksesan hidup.

Apa itu kesuksesan hidup, ya tergantung dari masing2, ada yg cari tenar, ada yg sekedar duit, ada yg ga punya tujuan malah, buat ane sih ane cari kebahagiaan aja.
0
27-03-2019 16:34
ane kasih rate dulu yaa gan, nice info emoticon-Sundul
0
Halaman 8 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.