abahekhubytsany
TS
abahekhubytsany
Kepedulian Pada Wanita Adalah Sisi Lain Dari Kepedulian Pada Bangsa Dan Negara


Stop kekerasan pada wanita!
*****************************

Halo! Agan dan Sista.

Sebelumnya aku minta maaf kalau bahasaku agak berbeda dengan bahasa Kaskuser pada umumnya. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Selain newbie, aku hanyalah orang biasa yang tengah berusaha untuk bisa lebih luas mengenal dunia meski dengan bahasa alakadarnya. Semoga hal ini tidak menjadi penghalang buatku untuk bisa menyapa warga Kaskus yang menurutku semuanya luar biasa.

Thread ini memang aku ikutkan ivent di Kaskus kreator. Namun untuk lolos reviuw dan masuk nominator bagiku itu jauh dari kemungkinan. Namun setidaknya aku sudah berusaha memberi warna pada platform yang kita cintai bersama ini sekaligus bisa menyapa para Kaskuser semuanya.

Ok... Kita mulai aja yah!

Tema kali ini adalah "Stop Kekerasan pada Wanita".

Sebenarnya dalam bahasa hari-hari, banyak kata yang kita gunakan (wanita, perempuan, cewek, gadis, dll) yang kesemuanya itu mempunyai arti yang merujuk pada sosok kaum Hawa. Namun dalam ivent kali penyelenggara lebih memilih pada kata 'Wanita' untuk melengkapi tema yang ada.

Terlebih dahulu mari kita pahami dulu tentang makna dari kata wanita.

Kata 'Wanita diadopsi dari bahasa Jawa yang terdiri dari dua kata ( wani dan di tata ) yang berarti wani ditata (dibaca, wani ditoto). Artinya wanita harus berani dan siap untuk diatur oleh kaum pria yang dalam tradisi jawa mempunyai tanggung jawab untuk menjadi pemimpin sekaligus pelindung bagi kaum wanita. Hal ini selaras dengan ajaran agama islam yang kemudian datang dan semakin memperkuat tradisi tersebut di tanah Jawa khususnya dan Indonesia secara umum.
Dalam kehidupan sehari-sehari banyak sekali hukum-hukum--baik yang tertulis ataupun tidak tertulis--yang bertujuan untuk mengatur demi keseimbangan antara hak dan kewajiban pada masing-masing pihak.

Secara fisik memang kaum pria ditakdirkan mempunyai kelebihan dalam hal kekuatan dan oleh karena itulah kewajiban akan tanggung jawab melindungi serta mengayomi dibebankan pada kaum pria. Namun hal itu bukan berarti kaum pria bisa bertindak semena-mena, sak penake udhele dewe dengan dalih ingin melaksanakan tanggung jawabnya. Ada hukum-hukum yang harus dipenuhi dalam menjalankan tugas dan kewajiban tersebut baik itu hukum agama, hukum adat istiadat ataupun hukum negara yang kesemuanya itu merupakan hal yang penting untuk diketahui dan dipahami khususnya bagi kaum pria.
Pengertian dan pemahaman yang kurang dalam hukum tersebut akan menimbulkan ketimpangan dan mengakibat terjadinya hal-hal yang bisa merugikan kaum wanita.
Mungkin hal inilah yang menjadi penyebab pada era digital ini banyak terjadi kekerasan pada kaum wanita.

Hal tersebut bisa kita lihat dan kita ketahui dari berbagai macam media informasi yang dewasa ini tak luput dari berita-berita mengenai kekerasan pada wanita. Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), pelecehan seksual, pemerkosaan, dan hal-hal yang berkenaan dengan hak-hak wanita menjadi menu utama dalam setiap penayangan berita.

Sebenarnya kalau kita bicara masalah maraknya kekerasan yang terjadi pada wanita dewasa ini, hal itu menjadi PR tersendiri bagi semua pihak baik itu bagi pria yang selalu identik dengan pelaku kekerasan ataupun bagi kaum wanita yang selalu merasa menjadi korban.

Bagi pria harus bener-bener memahami bagaimana cara memperlakukan wanita dengan hukum-hukum yang sudah ada.Demikian juga bagi wanita tidak melakukan hal-hal yang keluar dari kodratnya sebagai wanita. Keduanya harus berjalan seimbang sesuai dengan kaidah yang berlaku baik dalam ajaran agama (yang dalam hal ini menjadi bagian dari tugas para ulama') maupun adat istiadat (yang menjadi tugas para tokoh masyarakat )

Quote:


Selain itu, peran serta pemerintah sangatlah berpengaruh dalam usaha menghapus kekerasan pada wanita.
Hukum perundang-undangan yang berkaitan dengan hal tersebut haruslah jelas dan tegas. Penerapannya juga tidak boleh memihak pada siapa pun dan tak boleh tebang pilih. Secara ringkasnya harus bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat tanpa membedakan golongan, suku, ataupun agama. Hal ini jelas harus dilakukan pemerintah, mengingat bangsa Indonesia adalah bangsa yang penuh dengan keberagaman.


Ilustrasi gambar: Merdeka.com

Perlu Agan dan Sista sekalian ketahui, beberapa bulan yang lalu sempat viral di media sosial tentang pembahasan rancangan perundang-undangan oleh anggota DPR. Salah satunya berkaitan dengan masalah cara mengatasi kekerasan seksual pada wanita.
Namun sampai saat ini belum ada kepastian tentang hasil ketetapan perundan-undangan dimaksud. Hal ini menunjukkan betapa sulitnya untuk bisa menghapus adanya hal tersebut. Meski demikian masalah kekerasan pada wanita--termasuk kekerasan seksual--haruslah segera bisa diatasi salah satunya dengan perundang-perundangan yang saat ini masih menjadi polemik

Agan dan Sista!

Menurutku, persoalan semakin maraknya kasus kekerasan pada wanita, tidak bisa diatasi dengan serta merta, bim salabim abra kadabra..langsung hilang. Semuanya butuh proses dan waktu yang relatif (bisa cepat bisa lambat).
Dalam hal ini, langkah para anggota dewan yang telah saya sebutkan diatas haruslah ada tindak lantjut dan berkesinambungan.

Saat ini adalah saat yang tepat bagi kita untuk turut ambil bagian dalam mengatasi masalah kekerasan pada wanita, di mana kita ketahui sebentar lagi kita akan dipertemukan dengan pesta demokrasi.
Jika kita masih merasa peduli dengan kekerasan yang selama ini masih mendominasi kaum wanita, marilah kita bulatkan tekat dan satukan semangat untuk perubahan dan hilangnya kekerasan wanita dari bumi nusantara Indonesia. Yakinkan pilihan kita pada calon-calon pemimpin yang amanah, beriman, dan bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa serta mempunyai tingkat kepedulian yang tinggi terhadap seluruh putra negeri.

Ilustrasi gambar: Tempo.com

Mari bersama-bersama kita suarakan
Stop Kekerasan pada Wanita
Semoga Indonesia semakin sejahtera dengan hadirnya pemimpin-pemimpin baru.


Hidup Indonesia!
NKRI harga mati


****
Koirul Anam
Serutim kobi 26 Maret 2019

BBB_BelajaBersamaBisa
KKI_KaskusKreatorIndonesia






Diubah oleh abahekhubytsany 26-03-2019 04:15
anasabila
anasabila memberi reputasi
19
3K
79
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & Caleg
icon
22.5KThread3.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.