alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c91f445c8393a43f224bbe7/ujian-nasioan-harus-di-hapuskan-ini-alasan-ane
Lapor Hansip
20-03-2019 15:05
Ujian Nasioan Harus di Hapuskan, Ini Alasan Ane
Past Hot Thread
Ujian Nasioan Harus di Hapuskan, Ini Alasan Ane
Ujian Nasional, ini adalah momen paling seram dalam kehidupan seorang siswa yang belajar di Indonesia. Sebenarnya sistem Ujian Nasional ini di terapkan untuk meningkatkan taraf kualitas lulusan sekolah di Indonesia.


Wacana penghapusan Ujian nasional sebenarnya sudah sering di munculkan. Ibarat banjir, wacana ini naik dan surut seiring waktu.


Belakangan wacana ini naik lagi setelah pak Sandi ingin menghapuskan Ujian Nasional dari sistem pendidikan.



Mendengar wacana ini, sontak ane ingin mendukung penghapusan ujian nasional ini. Apa alasannya?



Ujian Nasional adalah lambang ketidak-adilan.


Ya, ketidak-adilan.


Pada dasarnya semua soal di ujian nasional itu sama diseluruh Indonesia, memang ada penggolongan paket A, paket B, dll.. Namun pada dasarnya semua soal ini memiliki tingkat kesulitan yang hampir sama di seluruh Indonesia.


Hal ini tidak menjadi masalah jika pemerintah bisa menjamin bahwa skill guru, fasilitas, lingkungan, kondisi ekonomi dan kesetaraan sudah merata di seluruh Indonesia.


Contohnya,  hampir semua guru di Ibukota Provinsi memiliki skill yang lebih baik di banding guru di pelosok daerah, insentif yang di terima oleh guru di Ibukota juga jauh lebih besar daripada guru yang di daerah. Ketidak setaraan ini justru membuat guru di daerah mencari pekerjaan sampingan yang justru membuat mereka kurang professional dalam mengajar.



Selain itu, tidak semua siswa berasal dari keluarga yang mapan. Banyak siswa berasal dari keluarga yang miskin sehingga si siswa harus bekerja membantu orangtuanya. Tak jarang ada siswa yang terlambat masuk sekolah karena harus membantu orangtuanya kerja di pagi hari. Tentu siswa yang kelelahan tidak akan mampu menangkap pelajaran sebaik siswa lain yang dalam kondisi fit.


Ujian Nasional menunjukkan disorientasi sistem pendidikan.

Ada banyak mata pelajaran di sekolah. Mulai dari bidang seni, olahraga, sains, matematik dan lain sebagainya. Banyaknya mata pelajaran ini harusnya menjadi bukti bahwa minat setiap orang pasti berbeda-beda.

Namun masa depan mereka di tentukan oleh 4 mata pelajaran yang kebetulan tidak mereka sukai. Menurut ane, inilah yang menyebabkan generasi kreatif Indonesia belum berkembang, karena generasi muda di tuntut untuk menguasai 4 mata pelajaran. Mau tidak mau, mereka akan kekurangan waktu untuk mengembangkan minat dan bakat.

Ujian Nasional menimbulkan beberapa hal negatif.

Tidak lulus ujian nasional adalah salah satu hal yang paling memalukan bagi banyak siswa. Mereka malu ke orang tua, malu ke teman sekelas dan bahkan lebih malu lagi untuk mengulang 1 tahun bersama dengan adik kelas mereka. Percaya atau tidak, pasti banyak yang tidak siap menerima kenyataan ini. Tidak sedikit dari mereka yang melakukan hal-hal yang tak masuk akal demi lulus, contohnya bertanya ke dukun, membeli kunci jawaban dan bahkan ada yang stress karena tekanan.

Jika hanya sebagai standar uji kompetensi, sebaiknya Ujian Nasional di hapuskan karena sudah saatnya generasi muda di kembangkan niat dan bakatnya. Tentu sekolah masing-masing lah yang paling tau bakat siswa mereka. Oleh karena itu cukup di berikan ujian Akhir sekolah, tugas pemerintah adalah melakukan pemerataan standar skill guru dan fasilitas sekolah.

Referensi: here!

Diubah oleh bear89800
9
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 9 dari 10
25-03-2019 06:37
UN dihapus?

Bakal didemo sama lembaga2 bimbel ntar wkwkwk
Gak ada paket2 "pasti lulus" emoticon-Leh Uga

Klo menurut saya, UN ini adalah bukti ke"malas"an pemerintah dalam mengelola pendidikan. Mereka gamau pusing mikir a,b,c dan d untuk patokan kompetensi siswa, jadi ya udah bikin 1 standar baku nasional yg bernama UN.
0
25-03-2019 06:38
Sekarang kan kelulusan juga udah pake nilai ujian sekolah, jadi esensi UN juga engga terlalu kerasa. Ada yang bilang UN buat menentukan dapet univ, sekarang masuk univ juga pake SNMPTN sama SBMPTN. Jadi menurut ane, UN udah enggak terlalu signifikan banget dampaknya, cuman keberadaan UN jadi momok buat orang-orang, gak jarang kan banyak yang stress gara-gara UN
0
25-03-2019 07:23
nice info
0
25-03-2019 08:25
Ujian Nasioan Harus di Hapuskan, Ini Alasan Ane
0
25-03-2019 08:33
Quote:Original Posted By parto.klepat
Ujian Nasioan Harus di Hapuskan, Ini Alasan Ane


Gw demen yg satu ini... Hahahahaemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
1
25-03-2019 08:43
kenapa di tahun politik ini ujian nasional mau dihapuskan? mengapa tidak dari dulu? emoticon-I Love Indonesia
0
Lihat 2 balasan
Lapor Hansip
25-03-2019 08:49
Balasan post Ichalzt
Quote:Original Posted By Ichalzt


Lu mau di analogiin kyk binatang ? emoticon-Bingung


Manusia bukan binatang gan emoticon-Ngakak (S)
0
25-03-2019 08:51
harus dihapuskan supaya tidak ada lagi alasan, "aku ga bisa pacaran sekarang karena mau fokus ke UN"
0
Lapor Hansip
25-03-2019 08:56
Balasan post ichiworld
boss, lw pikir SMNPTN itu gratis? gw bukan mempermasalahkan tu orang klo emang cerdas pasti lulus dimana2, gw juga tahu mas

kenapa gw lebih mendukung model ujian di Jepang karena itu, pemborosan, SMNPTN itu jadi ladang duit buat kampus2, makanya gw yakin gak bakal didukung klo ada model ujian negara kayak di jepang yang hasil dari ujian tersebut bisa menentukan lw bisa kuliah dimana tanpa harus tes masuk lg yang keluar biaya dan gak buang2 waktu

inget dulu NEM menjadi modal buat bisa cap cip cup masuk ke jenjang sekolah berikutnya? atau lw belum lahir? nah itu maksud gw sistemnya seperti NEM dulu, NEM tinggi bisa kemana aja bebas, NEM rendah ya limited pilihannya, g perlu ujian2 masuk lg yang buang2 waktu dan biaya, sayangnya NEM g akan ada yang murni karena mental sekolah yang masih korup, mental siswa conteker, dan pemerintah yang memaksakan UN tanpa pemerataan kualitas pendidikan.

kenapa gw compare ke Jepang karena jelas sistem dan kualitas pendidikan jauh lebih bagus daripada disini

otak ente kali yang selama ini kemana aja bro, wawasan koq dangkal banget

gw gak bilang yang berduit pasti bisa lulus, perbedaan generasi SMNPTN dengan generasi emak2 lw dulu UMPTN, dimana PTN terkemuka di Indo itu belum berubah jadi BHMN aka ladang bisnis bukan institusi pendidikan, artinya zaman dulu, hanya orang2 yang bener2 terbaik yang berhak untuk kuliah di PTN2 terbaik, terlepas dia miskin ataupun kaya, miskin? beasiswa pasti disediakan, sekarang?? otak2 medioker aka average pun bisa lulus selama ada duit, karena ada ujian mandiri, miskin? kalau gak bener2 jenius ga akan ada beasiswa disediakan PTN.

benar, tanpa mereka2 yang berduit gak akan ada fasilitas-fasilitas mewah dsb, tapi itu artinya sama saja menurunkan kualitas lulusan demi fasilitas-fasilitas yang harusnya jadi tanggung jawab pemerintah untuk memajukan pendidikan dengan anggaran 20%nya, tapi semenjak jadi BHMN dimana pemerintah lepas tangan terhadap kampus2, jadilah kampus = ladang bisnis, namanya bisnis ya mesti putar otak gimana kampus bisa dapat dana besar untuk meningkatkan kualitas fasilitasnya bisa sekelas kampus dunia tanpa bergantung pada pemerintah, ya satu2nya jalan ya menurunkan kualitas lulusan PTN, yang dulu jaman emak bapak mungkin 99,9% orang-orang terbaik, sekarang bisa 50%nya saja, sisanya medioker

masalah lulus mah, klo gak neko2 gak macem selama kuliah pasti lulus, sama aja kayak sekolah SD-SMA klo gak macem2, ngampus masuk, menjelang ujian belajar, ya lulus2 aja tuh, mau kaya mau miskin mau jenius mau medioker, intinya jalani normal aja pasti lulus

haha, elu yang mikir bro, pendidikan itu hak setiap rakyat yang mestinya dijamin oleh negara dan sudah tercantum dalam Undang-Undang Dasar, bukan seperti faktanya yang berduit aka bermodal doank atau yang juara-juara olimpiade doank yang bisa mendapat pendidikan, hidup emang pilihan, tapi kalau lw mantan mahasiswa yang gak medioker pasti berpikir kritis, dan itulah komentar gw, komentar kritis khas mahasiswa

beda dengan komentar2 situ yang terkesan menyerah pada nasib dan serba pembenaran, padahal sudah jelas sistem pendidikan negeri ini terutama pendidikan tinggi itu sangat bobrok, mindset "ya negara kita udah sampah begini terima ajalah" itu contoh pola pikir mahasiswa2 medioker

salam dari mantan babu negara yang sudah merasakan dan lulus saringan ujian best of the best buat masuk sekolah kedinasan
0
25-03-2019 08:56
yang harus dihapuskan itu PR dan tugas, banyakin aja cerita+jamkos emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0
25-03-2019 09:14
Quote:Original Posted By wanbillion
Hal ini gak berlaku untuk kita gan analoginya gak cocok soalnya hampir semua manusia sama gan punya otak untuk berpikir jadi seharusnya bisa melakukan ujian yang sama kecuali yang rada" ya pasti masuk sekolah luar biasa (SLB)



Sarpras sekolah, kompetensi dan kapabilitas pengajaran bidang studi adalah hal yang sangat menentukan kualitas siswa di sekolah menurut ane.
Tidak semua sekolah memiliki sarpras yg memadai begitupun pengajar yg bersertifikasi dg daya kompetensi dan kapabilitas yg mumpuni. Contohnya aja jika dibandingkan sekolah yg ada di daerah perkotaan dg sekolah yg berada di beranda depan NKRI sungguh sangat kontras.
Akan sangat menyusahkan apabila tingkat kesulitan di dlm soal² UN disamaratakan.


IMHO
0
25-03-2019 09:29
menurut ane biar kan orang tua yg ngajarin anak nya.... nggak usah ada sekolah....
udah gitu aja
Ujian Nasioan Harus di Hapuskan, Ini Alasan Ane

Ujian Nasioan Harus di Hapuskan, Ini Alasan AneUjian Nasioan Harus di Hapuskan, Ini Alasan AneUjian Nasioan Harus di Hapuskan, Ini Alasan Ane

Ujian Nasioan Harus di Hapuskan, Ini Alasan Ane Ujian Nasioan Harus di Hapuskan, Ini Alasan Ane Ujian Nasioan Harus di Hapuskan, Ini Alasan Ane

Ujian Nasioan Harus di Hapuskan, Ini Alasan Ane Ujian Nasioan Harus di Hapuskan, Ini Alasan Ane Ujian Nasioan Harus di Hapuskan, Ini Alasan Ane
0
25-03-2019 09:29
Quote:Original Posted By Ichalzt
Lu mau di analogiin kyk binatang ? emoticon-Bingung


Tu kan ada sumurnya, lu baca dulu deh.
Image yg ane post sbg ilustrasi aja gimana kesamarataan dlm UN.
Ok sip emoticon-thumbsup
0
Lapor Hansip
25-03-2019 09:29
Balasan post uray24
emang UN sekarang nentuin kelulusan? udah lama gak dipake kali gan
0
25-03-2019 09:30
kl mnurut ane, ane malah PRO ujian nasional gan. krn saat selesai suatu pendidikan kn harus ada penilaian yg objektif, apakah agan pantas lulus atw tidak. masa iya belajar bertahun2 tp orang lain ga ada yg tw hasil pembelajarannya, baik orang tua, pemberi kerja, pihak sekolah, dll kayanya harus tw d gan hasil yang anda lakukan selama bertahun2..

cuma ane jg sepakat sama agan, standarisasi boleh dengan catatan semua sarana dan prasarana harus kurang lebih sama dan terstandar juga, baru bisa ngomong fair mengenai penilaian tsb..

cmiiw
0
Lapor Hansip
25-03-2019 09:31
Balasan post ariefspeed
maunya dari dulu. mungkin sayang sama proyeknya ($) /oops
0
25-03-2019 10:01
kalo sayah masih jamannya EBTA-EBTANAS
0
Lapor Hansip
25-03-2019 10:46
Balasan post romisuntara
harap bersabar gan, ini hanya ujian emoticon-Smilie
0
25-03-2019 12:15
Quote:Original Posted By rea.sky
S7 ane, enak bener mereka gk berusaha,...
Makin lama kesini makin enak ya jamannya,... Tapi menurut yg laen makin susahemoticon-Bingung
Gk peduli besok jamannya owi atau owoemoticon-DP


Kalo semua orang kayak elu berdua , ga akan ada teknologi kayak sekarang.
Misalnya pembuat smartphone akan bilang, ngapain gw buat smartphone ,dlu aja gw kirim pesan masih pakai kantor pos berhari hari.
Ngapain gw bikin smartphone, dlu aja kamera pake kodak
1
25-03-2019 12:58
sebenrnya cmn gara gara malu kliatan goblok tingkat nasional aja kan emoticon-Leh Uga
0
Halaman 9 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.