travelaroundAvatar border
TS
travelaround
[Panduan] Buat Agan yang Mau Nonton F1 Singapore Grand Prix 2019
Buat Agan pencinta Formula One alias F1, siapa sih yang nggak mau nonton langsung saat aksi balap para racers ternama? Sebut aja Kimi Raikkonen, Sebastian Vettel, dan Lewis Hamilton. Aksi mereka di lintasan balap harus banget Agan saksikan bahkan sekali dalam seumur hidup!


Foto: Instagram/f1nightrace

Nggak perlu jauh-jauh buat nonton langsung aksi balap kelas dunia ini, Agan bisa nonton di negara tetangga, Singapura! Bukan hanya nonton balapan F1, tapi kita juga bisa nonton penampilan dari berbagai musisi dunia. Iyes, format yang berbeda emang ditawarkan di Grand Prix Formula One Singapore, di mana konser musik terintegrasi dengan event balapan dunia.

Bukan hanya terintegrasi dengan konser musik dari musisi kelas dunia, tapi ada beberapa fakta seru tentang Grand Prix F1 Singapore:

1. Satu-satunya di dunia yang balapannya di malam hari alias night race. Alasannya? Suhu udara di Singapura emang cenderung panas dan lembab, begitu juga di malam hari yang mencapai 30 derajat Celcius. Kalau si pembalap lagi ada di dalam kokpit balap, suhunya bisa mencapai 2 kali lipat! Plus, mereka harus memakan pakaian anti-api yang lengkap, juga helmnya.

2. Dilakukan di jalanan umum.Iyes, fakta bahwa Sirkuit Marina Bay ini adalah jalan raya yang biasa dilewati beragam kendaraan juga membuat F1 GP Singapore ini unik banget.

3. Durasi balap terlama dengan area tikungan terbanyak. Dengan total 23 tikungan dan total lintasan 5065 km, durasi balapan akan berlangsung hingga 2 jam. Panjangnya durasi balap dikarenakan banyaknya tikungan, yang berpengaruh pada pengereman yang dilakukan para pembalap.

Tahun ini, Grand Prix Formula One Singapore akan berlangsung tanggal 20-23 September 2019. Mumpung masih lama, saat inilah waktu yang tepat buat mempersiapkan segalanya. Cekidot langsung Gan!

Pilih jenis tiket sesuai kebutuhan


Foto: singaporegp.sg

Jalur balapnya emang panjang banget ya, 5 km sendiri jadi ya sepanjang itu kita bisa menyaksikan aksi para pembalap. Namun, kita harus cerdik nih dalam menentukan posisi. Ada 4 jenis tiket yakni Formula One Paddock Club (Kelas utama dengan pemandangan balapan paling jelas dan paling dekat dengan pembalap), Grandstand (Posisi duduk dengan kursi bernomor, bertingkat, dan posisi bangkunya lebih tinggi dari jalan, jadi kita bisa lebih jelas menonton), Premier Walkabout (Bisa bebas nonton balap sambil nonton konser dan makan jajan), dan Zone 4 Walkabout (Buat yang nggak kepengen banget nonton F1 tapi pengennya nonton konser).

Setau ane, tiket ada yang dijual per hari dan juga dijual langsung 3 hari, cekidot langsung di sini gansist. Agan kepengen dateng tapi bingung urus pertiketan? Biasanya travel agent Indonesia buka paket travel ke sana, jadi nggak perlu repot urus ini itu lagi.

Masuk arena Grand Prix di sore hari


Foto: singaporegp.sg

Secara ya, ini F1 GP Singapore kan lokasinya di Marina Bay Sands, jadi bisa banget kita jalan-jalan di kawasan Marina Bay Sands sebelum menyaksikan pertandingan balap di malam harinya, kurang lebih jam 8 malam. Ohya, tipsnya adalah kita bisa datang ke arena Grand Prix dari sore nih ya.

Kenapa? Ya biar nggak buru-buru aja kalau kita datangnya udah mepet dari jam mulai balapan. Selain itu, kita juga harus antre buat nukerin tiket dulu terus jalan lagi nyari pintu masuk arena yang cukup makan waktu. Fyi, tahun lalu itu total pengunjung yang datang mencapai 263ribu orang, kebayang kan ramenya kayak apa? Datang lebih awal juga bikin kita jadi bisa keliling-keliling di arena Grand Prix sambil foto-foto dan jajan di sekitarnya.

Pilih penginapan yang strategis dari arena balapan


Foto: Singapore Guide

Kalau agan nggak pengen ketinggalan hype-nya GP F1 Singapore, agan bisa tinggal di kawasan Marina Bay Sands yang dekat dengan arena F1. Apalagi jalan raya akan dipakai buat sirkuit F1, makanya akan ditutup selama 3 hari. Namun, tinggal di kawasan Marina Bay Sands emang agak pricey, jadi agan bisa cari alternatif tempat tinggal di dekat stasiun MRT.

Perhatikan juga tiket yang agan punya, misalnya tiket Zone 4 Walkabout, agan bisa tinggal di dekat stasiun MRT City Hall atau turun MRT di stasiun ini. Buat yang masih bingung, coba cek selengkapnya di sini ya gan.

Waktunya nyusun itinerary….


Foto: Youth.sg

Segala persiapan udah oke, waktunya nyusun itinerary nih. Untuk tahun 2019 ini, beberapa line-up konser yang udah diumumkan ada Muse, Fatboy Slim, Toots and the Maytals, dan Larkin Poe. Tapiiii tenang aja ini baru segelintir line-up, masih banyak lagi yang akan segera diumumkan.


Foto: Instagram/f1nightrace

Biasanya juga sebelum dimulainya acara F1 Grand Prix-nya, akan ada beragam aksi balap yang nggak kalah seru seperti Ferrari Challenge, Porsche Carrera Cup Asia, dan GP2. Agan juga bisa ikutan ngebut dengan supercar macam Ferrari dan Lamborghini di Ultimate Drive yang lokasinya juga di Marina Bay Sands.
Sambil menunggu F1 dimulai, yuk manfaatkan waktu kamu buat cuci mata di dua tempat ini


Foto: weekendgowhere.sg

Masih belum cukup buat keliling seharian? Coba ke Garden by the Bay yang lokasinya berseberangan dengan Marina Bay. Taman modern seluas 101 hektar ini dijamin bakal bikin betah buat keliling seharian. Kita juga bisa mengunjungi Cloud Forest, Flower Dome, dan Supertree Grove yang bukan cuma keren, tapi juga futuristik. Cobain juga "menyeberang" jembatan OCBC Skyway dari satu Supertree ke Supertree lain. Bikin deg-degan tapi harus banget dicoba!



Selain lihat-lihat di Garden by the Bay, kita juga bisa shopping dulu nih di Design Orchard yang lokasinya ada di pusat shopping-nya Singapura. Mengusung konsep one-stop-shopping, ada lebih dari 60 brand lokal Singapura yang hadir di Design Orchard, jadi nggak perlu lagi keluar masuk toko yang berbeda karena berbagai brand ada di sini.

Ohya, karena Design Orchard ini baru aja dibuka akhir Januari lalu, jadi emang masih baru banget. Mulai dari beragam makanan sampai beragam aksesoris fashion yang pastinya beda dari yang biasanya bisa kamu temukan di sini! Stasiun MRT terdekat adalah Somerset MRT dan dilanjut berjalan kaki kurang lebih 6 menit ke Design Orchard.

Singapura ini se-DEKAT itu loh dari Jakarta, apalagi buat agan yang nge-fans sama F1 harus banget nonton aksinya secara langsung. Mumpung berlangsungnya masih bulan September, coba nabung beli tiket pesawatnya dulu dari sekarang kan sering tuh tiket promo. Tiket pesawat udah di tangan, lanjut beli tiket F1, pesan penginapan (ada banyak banget hotel dan hostel di Singapura;dari murah sampai mahal), siapkan kondisi fisik yang fit, dan cusss berangkat!

See you this September gansist!
4
12.5K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.