thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
5 Alasan Milih Kampus Buat Kuliah, Agan yang Mana?


Peralihan dari anak SMA jadi anak kuliah tuh bisa dibilang udah ditunggu-tunggu banget. Kenapa? Bisa belajar pake baju bebas! 

Selain tentunya pake seragam tiap hari terasa mengekang, bosen, kuliah itu dianggap sebagai masa kebebasan. Padahal mah, nggak juga. Bosen juga ke kampus pake baju itu mulu, akhirnya berujung lebih konsumtif dengan alibi beli baju buat kuliah.

Di kelas 12, buat siapapun yang berencana buat lanjut kuliah mulai timbul kegalauan mau kuliah di mana? yang diawali dengan kuliah jurusan apa ya? #beentheredonethat

Mengusut beberapa tahun lalu ane mulai kuliah, ada beberapa faktor penentu tempat kuliah. Menurut agan, ini #yajugaya atau #yanggakya?

Pilihan orang tua


Alasan pertama: Masih dibiayain orang tua, jadi ngikut aja.

Nggak sedikit temen ane yang kuliah dengan alasan ini, bahkan mulai dari konsentrasi IPA/IPS pas SMA aja masih manut kata orang tua. Nggak nggak bukan ngajarin membangkang, tapi kuliah ini bisa dibilang penentu dan juga jadi salah satu faktor penentu masa depan kita loh. Kalau emang kita punya pilihan yang menurut kita sesuai passion kita, coba diomongin dan dirembukin baik-baik sama mam-pap.

Pengen merantau jauh dari tempat tinggal


"YES KULIAH GUE BISA BEBAS"

Bebas tapi tetap bertanggung jawab. Kalo yang ini, banyak juga teman SMA ane yang kuliah di luar kota demi belajar merantau, belajar mandiri, belajar menata kehidupan dewasa muda #anjayyyy

Berbasis keinginan merantau, akhirnya mulai mencari kampus mana yang jadi rekomendasi di kota X. Ane juga nih pengen merantau pas kuliah tapi nggak dibolehin HIKSSSS #mengoreklukalama

Deket dari rumah


Kalo ini alasan salah satu temen ane waktu milih tempat kuliah. Dia ini tipikal yang mager banget nggak ngerti lagi. Pas ditanya mau kuliah di mana, dia jawab nama kampus yang mana deket banget dari rumah. Bahkan SMP dan SMA-nya aja lebih jauh dari kampusnya itu, yang mana sebelahan sama SD-nya. Tiap makan siang dia pulang ke rumah, kalo ada jam nanggung dia pulang tidur siang. Berangkat cuma 5 menit sebelum kelas dimulai.

Kakak kelas yang jadi gebetan kuliah di kampus X


Alasan absurd tapi #yajugaya3 

Ada nih temen ane karena dia pengen deket-deket sama gebetannya yang mana adalah kakak kelasnya pas SMA, dia sampe bela-belain masuk ke kampus yang sama. Untungnya otaknya nyampe karena si kakak kelas ini kuliah di kampus yang oke juga di kota itu. Tapi pas kuliah dia malah jadian sama orang lain. Jodoh emang gak ada yang tau!

Selain gebetan, tentunya kita sering ngikut-ngikut temen yang deket pas SMA. Biasanya kan pas SMA kita cenderung deket dengan beberapa orang ya. Dulu tuh temen-temen ane pada kuliah di Bandung, tapi ane nggak boleh tuh sama orang tua ane ikutan ke Bandung karena dibilang ikut-ikutan emoticon-Frown

Biar bisa update status dari kampus sebelah


Kalo ini cerita dari temen ane di salah satu kampus swasta di wilayah Depok. Jadi pas dia masuk kampus kan masih basa basi gitu ya dosennya, nanya kenapa sih masuk ke kampus ini? Ada lah salah satu mahasiswanya yang jawab, "Biar bisa update status Path dari UI pak"

Oke baik. Jaman dulu emang masih jamannya Path yang sering share status lokasi gitu kan. Gak tau itu dia seriusan apa gimana, tapi dia bilang emang pengen masuk UI tapi nggak diterima, jadi masuklah dia ke kampus tetangga UI. Ok.

Dari 5 alasan di atas, ada yang sesuai sama alasan Agan? Atau Agan punya alasan lain? Komeng dong.

:butuhpacar:butuhpacar

4
4.6K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.