tafakoer
TS
tafakoer
Seberapa Kuatkah Mental Diri Untuk Menikah?
Bicara tentang pernikahan memang tak akan habis untuk dibahas karena selalu saja banyak hal menarik di dalamnya baik dari pencarian calon pasangan hidup, persiapan pra nikah dan juga saat mulai membangun rumah tangga di awal pernikahan. Semua orang pasti ingin sekali menikah namun setiap orang pastinya beda pandangan tersendiri untuk menikah sehingga ada yang menikah cepat dalam umur 20an sudah menikah dan juga ada yang menikah di umur 30 an, semua itu kembali ke setiap orang apakah ingin sesegera mungkin menikah atau menundanya sementara waktu.

Credit : mediamuslimah.com

Sebelum menikah tentunya Banyak hal yang seringkali diperhatikan dan dipersiapkan seperti dari aspek finasial yang seringkali menjadi masalah klasik yang selalu ada dalam setiap pernikahan, tak dapat dipungkiri bahwa dalam melaksanakan pernikahan dan pesta pernikahan tak sedikit dalam menghabiskan uang yang tak jarang membuat berpikir dua kali untuk segera menikah.

Selain itu ada hal lain yang harus diperhatikan dan tak kalah pentingnya yaitu masalah mental diri kita untuk menikah. Seperti yang diketahui oleh banyak orang yang sudah menikah tentunya menjalin rumah tangga itu bukan perkara yang mudah dan tidak selalu menyenangkan seperti apa yang dipikirkan orang yang ingin sekali menikah. Menikah itu tentunya menjalin hubungan jangka panjang, tentunya harus dipersiapkan matang-matang, memang usia yang semakin beranjak menjauh dari masa muda seringkali menuntut kita untuk bisa sesegera mungkin untuk menikah.

Pernahkah bertanya kepada diri apakah siap untuk menikah? Tentunya pertanyaan seperti ini tak jarang meyakinkan diri apakah siap untuk segera menikah atau tidak. Memang aspek finansial penting dalam mempersiapkan pernikahan, namun juga aspek mental pun harus diperhatikan. Karena meskipun finansial kuat untuk menjalin rumah tangga namun itu tak selalu jaminan bahagia dalam rumah tangga karena mental yang dimiliki tidak kuat sehingga rumah tangga pun kandas di tengah jalan.

Menikah bukan hanya siap atau tidak siap saja, namun mempersiapkannya itu jangan sampai terlupakan. Jangan persiapkan dadakan namun persiapkan dari jauh-jauh hari sebelum pernikahan itu datang meskipun calon pendamping hidup belum ada, karena calon pendamping hidup itu bisa kita temukan dengan berbagai cara selama kita mau untuk memperjuangkannya.

Seberapa kuatkah mental diri untuk menikah? Siap ataupun tak siap menikah tentunya harus siapkan mental diri untuk menikah, karena tak sedikit apa yang dibayangkan sebelum pernikahan itu tak selalu sama dengan realita saat kita sudah menikah. Banyak hal-hal yang ditemukan setelah menikah nanti mulai dari sifat asli pasangan, permasalahan rumah tangga dan juga hal-hal lain yang menarik setelah menikah. Apa yang kita miliki saat ini? Sudah cukupkah sebagai bekal menikah nanti? Jika sudah yakin dan mantap maka segeralah menikah jika memang mental diri dan juga hal lain yang menyertainya. Jika masih ragu maka yakinkan diri terlebih saat usia tak lagi muda disertai dengan persiapan lain seperti finansial dan juga wawasan tentang pernikahan.

Masalah KDRT, masalah Konflik rumah tangga semestinya bisa terminimalisir jika mental diri kita sudah benar-benar siap dengan apa yang terjadi saat rumah tangga nanti. Buanglah rasa egois, rasa saling curiga dan sikap buruk lainnya agar bisa membangun rumah tangga yang harmonis. Banyak hal untuk mempersiapkan mental diri untuk menikah mulai dari baca tentang buku seputar pernikahan, bertanya kepada orang lain yang sudah menikah dan juga ikut organisasi karena di organisasi kita akan mendapat gambaran tentang masalah perbedaan pendapat yang seringkali ditemukan saat berumah tangga juga.

Credit : ytimg.com

Menikah bukah hanya sekedar usia semata, namun juga kesiapan mental diri untuk menikah dan yakinkan diri bila masih ragu untuk menikah. Pikirkan dengan matang namun jangan terlalu banyak pertimbangan agar bisa menikah selayaknya orang lain membangun rumah tangga pada usia yang cukup untuk menikah. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
Diubah oleh tafakoer 21-03-2019 05:19
Gimi96swatokebnoorraini
bnoorraini dan 13 lainnya memberi reputasi
14
16.4K
135
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.