yanuanda
TS
yanuanda
Akhir Perjalanan Windows 7, Hal yang Harus Kamu Ketahui


Windows 7 sekarang telah berusia kurang lebih 10 tahun sejak diluncurkan pada 22 Juli 2009, sistem operasi ini masih sangat populer, dengan laporan baru-baru ini oleh Netmarketshare menunjukkan bahwa Windows 7 masih digunakan pada 39% PC.

Microsoft telah mengumumkan tanggal untuk menghentikan layanannya untuk Windows 7 pada tanggal 14 Januari 2020 nanti. Ini berarti Microsoft tidak akan lagi memperbarui atau mendukung sistem operasi tersebut setelah tanggal yang telah ditentukan.

Jadi berita bahwa Windows 7 akan segera tidak lagi didukung oleh Microsoft berarti ada banyak pengguna yang harus mulai berpikir tentang akhirnya harus pindah dari sistem operasi yang telah mereka percaya.

Jika kamu salah satu dari orang-orang itu, dalam panduan ini kami akan menjelaskan bagaimana kamu dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi “Windows 7 End of Life”. Kami melihat mengapa akhir dukungan ini sangat penting, serta opsi apa saja yang kamu miliki, dan bagaimana kamu dapat beralih ke Windows 10 yang merupakan sistem operasi terbaru Microsoft, serta menggunakan sistem operasi alternatif.

1. Support Windows 7 Berakhir

Windows 7 End of Life akan dimulai pada tanggal 14 Januari 2020 mendatang. Hingga saat itu, Windows 7 berada dalam fase “perpanjangan dukungan”. Seperti halnya semua sistem operasi, setelah beberapa saat tidak masuk akal, baik dari sudut pandang keuangan maupun dalam hal waktu dan upaya, untuk menjaga perangkat lunak yang lama tetap diperbaiki dan diperbarui.

Microsoft sebenarnya telah mengakhiri dukungan utama untuk Windows 7 pada tanggal 13 Januari 2015 lalu, yang berarti fitur-fitur baru berhenti ditambahkan, dan klaim garansi tidak lagi valid. Namun, selama fase dukungan diperpanjang, sistem operasi masih ditambal dan diperbarui untuk memastikan masalah keamanan dan bug. Ketika Windows 7 memasuki fase End of Life, dukungan ini juga akan berakhir.

2. Apa yang Terjadi Selanjutnya…?

Ketika Windows 7 mencapai fase End of Life pada 14 Januari 2020, Microsoft akan berhenti merilis pembaruan dan tambalan untuk sistem operasi ini. Kemungkinan juga tidak akan menawarkan bantuan dan dukungan jika kamu menemui masalah.

Namun, itu tidak berarti Windows 7 akan berhenti bekerja pada 14 Januari 2020 mendatang, kammu masih dapat menggunakan Windows 7 selama yang kamu inginkan. Jadi, kabar baiknya adalah kamu tidak akan bangun pada tanggal 15 Januari dan melihat PC kamu tidak lagi menyala.

Tetapi hanya karena kamu dapat terus menggunakan Windows 7 dalam status End of Life, itu tidak berarti kamu harus melakukannya. Masalah terbesar dengan terus menggunakan Windows 7 adalah bahwa sistem operasi ini tidak akan mendapatkan patched untuk virus baru atau masalah keamanan setelah memasuki End of Life, dan ini membuat kamu sangat rentan terhadap ancaman yang muncul.

Terlebih lagi, jika sejumlah besar orang terus menggunakan Windows 7 setelah tanggal End of Life, itu sebenarnya bisa menjadi peluang besar bagi pengguna jahat untuk menargetkan virus dan nasties lain di WIndows 7.

Jadi, sementara Windows 7 akan masih terus bekerja sampai tanggal 14 Januari 2020, kamu harus mulai merencanakan untuk melakukan upgradee sistem operasi ke Windows 10, atau sistem operasi alternatif, sesegera mungkin.

3. Upgrade ke Windows 10

Melakukan upgrade dari ke Windows 10 memiliki sejumlah manfaat yang akan kamu dapatkan. Karena kedua sistem operasi ini dibuat oleh Microsoft, proses upgrade-nya relatif mudah, dan dalam banyak kasus kamu dapat menyimpan file kamu di PC dengan amam saat melakukan upgrade.

Ini berarti kamu akan mengalami gangguan yang sangat minim saat memutakhirkan PC kamu ke Windows 10. Sebagian besar program yang kamu gunakan akan diperbarui untuk bekerja di Windows 10 juga, dan tata letak serta antarmukanya mirip dengan Windows 7, sehingga kamu tidak akan merasa terlalu sulit untuk menyesuaikan dengan sistem operasi dari Microsoft ini.

Walaupun melakukan upgrad ke Windows 10 adalah solusi yang termudah, ada beberapa alasan mengapa itu tidak tepat untuk sebagian orang. Karena kamu harus membeli lisensi Windows 10, dan ini bisa sangat mahal, jika kamu berharap untuk mengelola Windows 7’s End of Life tanpa mengeluarkan uang, ini bukan cara terbaik untuk kamu (kecuali menggunakan Windos 10 bajakan).

Selain itu, sementara Microsoft telah melakukan pekerjaan yang mengagumkan untuk membuat Windows 10 dapat berjalan pada perangkat keras yang lebih lama, tapi masih merupakan sistem operasi modern yang mungkin kesulitan untuk bekerja dengan baik pada mesin Windows 7 lama kamu.

Artikel ini telah tayang di yanuanda.com dengan judul [url= [url]https://yanuanda.com/windows-7/]Akhir[/url] Perjalanan Windows 7, Hal yang Harus Kamu Ketahui[/url]
agusn6778
agusn6778 memberi reputasi
13
16.6K
194
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer Stuff
icon
50.4KThread8.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.