• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Budaya Betawi dengan Sentuhan Kontemporer Unjuk Gigi di Superdesign Show Milan 2019!

kucingnyaditaAvatar border
TS
kucingnyadita
Budaya Betawi dengan Sentuhan Kontemporer Unjuk Gigi di Superdesign Show Milan 2019!



Nggak ada yang lebih membanggakan daripada melihat budaya Indonesia terkenal di dunia. Salah satunya dengan ikut berpartisipasi di acara desain terbesar di dunia, Milan Design Week 2019! ICAD (Indonesia Contemporary Art & Design)berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan tampil sebagai perwakilan Indonesia dalam ajang Superdesign Show di Milan dengan mengangkat budaya dan tradisi Betawi sebagai tema utama.

Dengan menampilkan sejumlah karya desain hasil kolaborasi dengan berbagai seniman dan desainer Indonesia pilihan melalui proses kurasi yang ketat. Bukan sekedar pameran dengan menjual produk-produk lokal, tapi di acara Superdesign Show yang berkelas ini justru lebih mengincar networking untuk mengembangkan potensi bisnis seni kontemporer Indonesia.

Acara yang akan diselenggarakan pada tanggal 7 hingga 14 April 2019 ini mengusung tema “Essential Jakarta”. Desainer dan seniman yang terlibat antara lain Desainer dan seniman yang terpilih yaitu ; Aloysius Baskoro Junianto (desain produk), Ayang Kalake (fotografi), Danton Sihombing (desain grafis), Du’Anyam (desain produk), Eldwin Pradipta (mapping), Felicia Budi (fesyen), Pala Nusantara (desain produk), Savira Lavinia (fesyen), Studio Dapur (desain produk), Tommy Ambiyo (desain produk). Bertindak sebagai kurator adalah Diana Nazir dan Itjuk, serta pengarah artistik Andika Frestian.


Kebaya kerancang dan Batik Betawi karya Felicia Budi

Kenapa budaya Betawi yang dipilih untuk dipamerkan? Karena Betawi sendiri merupakan salah satu suku Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya mendiami kota Jakarta. Masyarakat Betawi mengaku secara biologis adalah keturunan kaum berdarah campuran aneka suku dan bangsa yang didatangkan oleh Belanda ke Batavia. Sebagai salah satu suku multikultur, Betawi kaya akan budaya dan tradisi turun temurun. Lewat “Essential Jakarta”, ICAD dan Pemprov DKI Jakarta mencoba untuk menyampaikan ikon-ikon Betawi melalui desain kontemporer.


Produk desain yang terinspirasi dari budaya Betawi

Ada 8 ikon betawi yang diangkat, yaitu ondel-ondel, kembang kelapa, ornamen gigi balang, baju sadariah, kebaya kerancang, batik Betawi, Kerak Telor, dan Bir Pletok. Sedangkan untuk kuliner, selama pameran pengunjung disuguhi gado-gado dan Soto Betawi. Beragam kreasi yang unik bisa dlihat yaitu, desain produk yang mengusung bentuk salah satu ikon Betawi, Ondel-ondel, pertunjukan tari Betawi yang dikolaborasikan dengan video mapping, serta mode kebaya kerancang dan batik Betawi yang khas dan terinspirasi dari sejarah Betawi.

Semoga setelah mengikuti acara yang sangat prestisius ini makin banyak menarik atensi masyarakat internasional akan budaya Betawi dan tertarik untuk jalan-jalan ke Jakarta!

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


2
2K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.