pog94Avatar border
TS
pog94
Pentingkah Fatwa Haram PUBG?

source: dokumentasi pribadi



Usai aksi teror di dua masjid di New Zealand, MUI Jabar berencana mengeluarkan fatwa game PUBG haram.



Seriously?emoticon-Confused


Menurut Sekretaris MUI Jabar, Rafani Achyar, awal mula wacana ini muncul karena aksi teror di New Zealand. Blio menjelaskan, seperti yang dikutip dari detik.com "Ternyata, pelaku terinspirasi oleh game PUBG. Nah jadi ini fenomina menarik kalau betul (PUBG) melahirkan tindakan (keji). Menarik dikaji untuk game ini." Kamis (21/3).

Nah, ini sesuatu yang gak masuk akal sih-kalau bukan bodoh. Apa semua orang yang main pabji juga akan terinspirasi seperti pelaku? Toh sejak dulu, game tembak-tembakan sudah ada. Contohnya Counter Strike, Point Blank.

Dan gak pernah ada sejarahnya aksi teroris di Indonesia bilang terinspirasi dari game tembak-tembakan, kan?

Psikolog anak dan Remaja, Ratih Zulhaqqi M.Psi, mengatakan dampak negatif dari game seperti PUBG sangat dipengaruhi oleh kondisi masing-masing individu. Kuncinya bukan pada gamenya, tapi pada pemainnya.

Kalaupun ingin mencegah orang-orang terinspirasi seperti pelaku aksi teror di New Zealand, ya harusnya jangan hanya game pabji yang dilarang. Semua hal yang dapat menginspirasi orang-orang untuk melakukan perbuatan keji dilarang. Termasuk acara tv, youtube, dan video-video pendek yang tersebar di media sosial.

Nyatanya, sekarang gamers sudah menjadi profesi. Tim-tim esport mulai menjamur sebagai wadah bagi para gamers. Tournament mulai banyak digelar, sampai masuk ke ASEAN Games 2018 lalu.

Akan jauh lebih baik jika pemerintah memberikan edukasi kepada masyarakat, utamanya para gamers, tentang pentingnya kehidupan nyata di luar game yang mereka mainkan.

Buat MUI, apa tidak ada yang lebih penting lagi dari ngurusin hal ini? Mungkin mengadakan sertifikasi untuk ulama-ulama, meningkatkan pendidikan agama di masyarakat, dan lain-lain.

Kalau game diharamkan, nanti apalagi yang akan difatwa haram?

FYI buat bapak-bapak di MUI, ada orang-orang yang memilih main game daripada melakukan kegiatan negatif seperti mabok atau narkoba.

Ya pokonya ramashoook ajalah alasan MUI untuk mengeluarkan fatwa haram PUBG buat ane emoticon-Ngamuk




Quote:
1
1.4K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.