• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Nenek Berusia 70 Tahun Behasil Membersihkan 52 Pantai Hanya Dalam Waktu 1 Tahun

bintanghuAvatar border
TS
bintanghu
Nenek Berusia 70 Tahun Behasil Membersihkan 52 Pantai Hanya Dalam Waktu 1 Tahun

Quote:

Beberapa orang,tentu menyadari akan hal ini,dan berusaha semaksimal mungkin dimulai dari diri sendiri.Contohnya adalah seorang nenek yang bernama Pat Smith,beliau berkewarganegaraan Inggris.
Kisah heroik ini bermula saat Pat Smith menonton sebuah film dokumenter tentang sampah plastik dan dia merasa bersedih.Setelah menonton film dokumenter itu,dia tak bisa tidur semalaman hingga keesokan paginya dia memutuskan melakukan sesuatu untuk permasalahan tersebut.Dia menantang dirinya sendiri bahwa di tahun yang akan datang (2018) dia akan membersihkan satu pantai setiap satu minggu.
Spoiler for Nenek Pat:

Orang-orang dari kampung halamannya,Cornwall mendukung penuh rencananya untuk membersihkan pantai.
Bersama para sukarelawan dan cucu-cucu nya,Pat Smith berhasil membersihkan 52 pantai di tahun 2018.Namun perjuangannya tak terhenti disitu,beliau tetap berkomitmen untuk melanjutkan aksinya agar bumi menjadi tempat yang lebih layak.
Spoiler for Pantai kotor:

Nenek Pat Smith selain membersihkan pantai juga meluncurkan sebuah kampanye yang disebut The Final Straw,tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran orang-orang tentang bahayanya sampah sedotan plastik.Beliau juga ingin membuat kotanya Cornwall serta serta seluruh dunia bebas dari sampah sedotan plastik.
Spoiler for Sedotan plastik:

Faktanya sedotan adalah salah satu plastik sekali pakai yang jumlahnya sangat banyak di bumi.Dan yang namanya plastik akan berakhir di tempat pembuangan,bahkan ke laut,gan.Akibatnya,sedotan plastik tadi bisa merusak bahkan membunuh kehidupan di laut.Dan untuk bisa terurai dia membutuhkan waktu yang jauh lebih panjang ketimbang umur hidup rata-rata manusia di bumi.Inilah yang membuat nenek Pat Smith tergerak untuk mengkampanyekan gerakan The Final Straw.
Spoiler for Kondisi Pantai:

Hal-hal negatif yang kita anggap kecil namun jika dilakukan terus menerus serta banyak orang yang beranggapan diseluruh dunia seperti kita,maka itu akan jadi masalah besar.Contoh,bungkusan permen yang kecil,kita membuangnya sembarangan,itu akan jadi masalah besar,walau ukuran plastik itu kecil.
Sebaliknya,bagaimana jika hal-hal positif yang kita anggap kecil namun dilakukan secara terus menerus serta jutaan orang di dunia berpikiran seperti kita,maka itu akan jadi kontribusi besar yang positif bagi bumi.Misal,kita membersihkan halaman kosan,itu akan jadi kontribusi yang besar,loh.
Atau kita contohkan masalah sampah sedotan plastik,saat kita memilih membuangnya sembarangan dan terus berulang setiap hari,maka itu akan jadi masalah besar bagi bumi.Bayangkan sedotan itu menyumbat sistem pengairan,membuat kumuh,bermuara ke sungai dan laut yang berdampak bagi terganggunya habitat disana.Mari kita menumbuhkan rasa malu membuang sampah sembarangan pada diri kita sendiri,walu tak ada orang yang melihat.

Nenek berusia 70 tahun asal Inggris telah membuktikannya,bahwa hal-hal yang kita lakukan disekitar kita akan memberikan dampak yang besar untuk bumi yang lebih baik.
Andai kampanye The Final Strawyang di gagas oleh Path Smith viral dan banyak orang melakukannya,se-viral pertarungan kampanye Capres,hehe.Atau bayangkan 7 juta orang ke pantai untuk memungut sampah.Tentu tanah Indonesia akan sangat bersih.Kan tak salah,semua orang bisa berharap.Kebersihan sebagian dari Iman.

Thank,Saleum.

Sumber Referensi : Sini
Sumber Gambar : Sini , Sini
12
6.7K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.