• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 4 Stereotype Orang Batak Yang Berbeda Dengan Stereotype Umum Indonesia

pcjamesAvatar border
TS
pcjames
4 Stereotype Orang Batak Yang Berbeda Dengan Stereotype Umum Indonesia


Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane akan kembali menulis thread. Yap, hari ini ane akan membahas hal yang Indonesia Banget nih gan. Ane akan membahas salah satu suku terbesar di negara ini. Yap, suku ini juga merupakan separuh dari darah ane gan. Ane akan membahas tentang Suku Batak !


Suku Batak adalah suku asli Indonesia terbesar ke 3 di negara kita setelah Jawa dan Sunda. Suku Batak memiliki sekitar 8,5 Juta orang yang aslinya berasal dari daerah Sumatera Utara, meskipun kini di Sumatera Utara terutama Medan penduduk nya sudah tidak terlalu kental dengan suku Batak. Nah, sebagai suku terbesar ke 3 di Indonesia Suku Batak juga memiliki keunikan tersendiri yang cukup mencolok gan. Maka dari itu, berikut 4 Stereotype Orang Batak Yang Berbeda Dengan Stereotype Umum Indonesia !

1. Tegas & To The Point


Nah, perbedaan mencolok pertama akan ane ambil dari sektor "gaya berbicara". Yap, sudah dikenal banyak orang bahwa stereotype orang Indonesia pada umumnya adalah suka basa basi alias tidak to the point serta bersifat lembut / kurang tegas. Nah, berbeda dengan stereotype Indonesia pada umumnya, orang Batak terkenal sekali dengan ketegasan dan to the point nya. Jadi kalau tidak suka ya terang terangan dan tidak ada yang nama nya plin plan. Mereka juga terkenal dengan sifat pemberani nya. Biasanya, orang Batak yang masih tinggal di daerah Sumatera Utara lebih terlihat "tegas dan galak nya" ketimbang orang Batak yang sudah merantau ke Pulau Jawa. Meskipun begitu, orang Batak yang sudah merantau ke Pulau Jawa pun masih terlihat dengan mencolok ke to the point an nya dari gaya bicara nya yang lebih direct dan keras.

2. Beragama Kristen


Nah, stereotype kedua ini datang dari sektor keagamaan. Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara mayoritas Muslim terbesar. Namun, Indonesia juga dihuni oleh banyak agama lain dan juga menjunjung tinggi toleransi. Berbeda dengan stereotype pada umumnya, orang orang Batak sampai saat ini mayoritas beragama Kristen. Yap, meskipun kini tidak bisa dikatakan secara mutlak bahwa Orang Batak = Kristen. Mayoritas agama orang Batak bisa berbeda dengan mayoritas agama orang di Indonesia karena dahulu sebelum mengenal agama, Suku Batak diinjili secara langsung oleh misionaris asal Jerman yang bernama Nomensen. Ia sendiri hanya menginjil kepada Suku Batak dan tidak ke daerah lain di Indonesia.

3. Gemar Meminum Bir


Nah, pada nomor tiga ini lebih ke soal selera kuliner. Kok agan bisa bisa nya bilang orang batak suka minum bir. Ane sendiri yang 50% berdarah Batak pernah ke daerah Tapanuli Utara secara langsung untuk mengikuti pesta adat saudara ane. Nah disitu ane melihat disetiap pesta adat wajib disediakan Tuak dan Bir karena orang Batak memang gemar meminumnya. Biasanya kalangan bapak bapak yang suka banget gan minumnya. Berbeda dengan orang Indonesia secara umum, bisa dibilang Bir menjadi salah satu minuman yang paling dilarang dan dipersulit untuk dicari karena termasuk haram. Orang Batak juga gemar meminum bir karena memang berdasarkan pengalaman ane suhu di daerah Sumatera Utara sana tepatnya tapanuli bisa dibilang cukup dingin.

4. Berani


Dan stereotype terakhir ini bisa dibilang mirip mirip dengan nomor pertama. Bukan bermaksud bilang bahwa stereotype umum orang Indonesia itu "penakut". Tapi, memang stereotype orang Indonesia pada umumnya adalah menghindari dan meminimalisir konflik. Biasanya orang Indonesia tidak suka untuk menunjukkan kemarahannya di depan umum, termasuk ane. Namun, berbeda dengan stereotype umum Orang Orang Batak terkenal Berani. Jika mereka marah, mereka tidak segan segan mengungkapkannya di depan umum. Mereka juga tidak takut untuk mengekspresikan ketidak setujuan nya di depan banyak orang dengan berani.

Sumber : Opini dan Pengalaman Pribadi Ane
Diubah oleh pcjames 19-03-2019 17:03
11
22.7K
191
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.