• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji 3 Juta, Dijamin Bisa Menabung!

andibagaskaraAvatar border
TS
andibagaskara
Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji 3 Juta, Dijamin Bisa Menabung!

Sebagai pekerja di kota besar seperti Jakarta atau Bandung, mendapatkan gaji 3 juta mungkin tidak mampu memenuhi kebutuhan harian secara maksimal. Apalagi, harga kebutuhan hidup mungkin melesat tajam seiring berjalannya waktu.

Berbeda halnya dengan Jogja atau Semarang yang lebih manusiawi untuk harga kebutuhan pokok. Apapun itu, penting kiranya untuk mengatur keuangan bulanan agar bisa berinvestasi demi kebaikan di masa tua. Kini, kamu tidak perlu khawatir karena Ohayo telah merangkum cara mengatur keuangan dengan gaji 3 juta dengan penyisihan tabungan di setiap bulannya.

Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji 3 Juta

Perbaiki cara pandangmu terhadap pemenuhan kebutuhan sehari-hari


Gaya hidup juga perlu dikontrol (Foto: Pexels)

Ada pepatah yang mengatakan bahwa kebutuhan hidup sebenarnya tidak mahal, yang mahal justru adalah gaya hidup. Hal ini memang tidak sepenuhnya benar, tidak sepenuhnya juga salah. Artinya, sebagai seseorang yang telah memiliki pendapatan tetap setiap bulannya, kamu perlu mengetahui bahwa upaya berhemat dan memperbaiki gaya hidup suka menghamburkan uang harus kamu lakukan sejak awal.

Pengeluaran terbesar beberapa pekerja di kota besar justru untuk membiayai gaya hidupnya, mulai dari sandang, pangan, bahkan untuk urusan tempat tinggal. Kamu harus mengontrol itu semua dengan baik apabila berencana memperbaiki keuanganmu di tahun ini. Percuma saja mencari cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil apabila kesadaranmu untuk memperbaiki pola pikir belum jua tertanam.

Menghindari pembelian barang yang tidak begitu krusial serta mengurangi intensitas nongkrong di tempat makan mahal bisa jadi pilihan. Lagi-lagi opsi ini bisa kamu pertimbangkan, terutama bagi kamu yang bergaji pas-pasan dan ingin berinvestasi sejak dini.

Masak makanananmu sendiri!


Memasak sendiri selain mampu membuatmu lebih hemat, juga sangat menyehatkan (Foto: Pexels)

Di kota besar seperti Jakarta, harga kebutuhan pokok pasti melejit, karena disesuaikan dengan pendapatan warganya. Namun berbeda halnya dengan Jogja yang memiliki banyak referensi kuliner dengan harga terjangkau. Tentu kamu harus pintar-pintar mengatur segala hal terkait konsumsi makanan dalam sebulan. Tetapkan batas maksimal untuk nominal makan harian. Jangan melebihi angka tersebut. Buatlah motivasi dari dalam dirimu dengan versimu sendiri.

Kamu juga bisa memasak makananmu sendiri, tanpa harus membeli di warung atau resto yang harganya bisa dua kali lipat. Belanja kebutuhan bulanan atau harianmu di pasar subuh atau dini hari. Selain harganya relatif lebih murah ketimbang supermarket, mereka juga menyediakan bahan yang lebih segar. Jadi, kamu sekaligus mempraktikkan pola hidup sehat dengan mengolah makanan sendiri.

Bawa bekal ke kantor juga bisa kamu lakukan, ketimbang harus merogoh kocek untuk membeli makanan di kafetaria atau resto dekat kantor. Mungkin agak terkesan berhemat, namun tidak ada salahnya untuk dicoba agar kondisi finansialmu semakin terjaga.

Ada banyak pilihan kos, jangan habiskan uangmu hanya untuk membayar sewanya


Jangan menggelontorkan lebih dari 50% penghasilan ke biaya sewa kos (Foto: Pexels)

Banyak orang yang terlalu selektif dalam memilih tempat tinggal. Sayangnya, upaya selektif itu tidak dibarengi dengan kesadaran atas kemampuan finansialnya. Sehingga, keuangan bulanan pun tercecer tidak beraturan dan habis di awal untuk membayar sewa kos, kontrakan atau unit apartemen. Padahal, bila hidup di kota besar seperti Jakarta, kegunaan kos sepenuhnya untuk tempat tidur saja. Lebih dari 75% hidup kita nyaris habis di jalanan dan tempat kerja. Jadi, untuk apa memilih kos yang terlalu mewah padahal kita hampir kesusahan membayar sewanya.

Menabung atau berinvestasilah di awal saat gajimu turun


Menabunglah di awal, jangan di akhir dan menggunakan sisa-sisa pendapatan (Foto: Pexels)

Bagi kamu yang bergaji 3 jutaan dan hidup di Jogja, sebenarnya sangat mudah mengatur keuanganmu dan mengalokasikannya ke investasi atau tabungan. Sisihkan sekitar 10% dari gajimu untuk tabungan bulanan di awal. Kamu juga bisa mencoba penarikan otomatis untuk tabungan bulanan dari bank yang kamu percaya agar keuanganmu tetap terjaga.

Membiasakan diri untuk menabung sejak dini tentu akan membantumu lebih banyak di hari tua. Oleh karena itu, kamu perlu pintar mengatur keuangan meski hanya bergaji 3 juta. Hilangkan gengsimu dan atur gaya hidup sesuai dengan kemampuan finansialmu. Dengan demikian, cara mengatur keuangan dengan gaji 3 juta tentu bisa banyak membantumu dalam menyiapkan hari tua yang lebih baik.



Dengan senang hati menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L)dan emoticon-Rate 5 Star


Diubah oleh andibagaskara 18-03-2019 08:18
17
15.6K
159
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.