• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sering Di Cap Superior, Ternyata Rusia Tidak Semaju yang Diperkirakan

arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
Sering Di Cap Superior, Ternyata Rusia Tidak Semaju yang Diperkirakan


Agan-agan kaskuser tentunya sudah tidak asing dengan nama Rusia. Rusia merupakan negara terluas di dunia yang membentang di timur Eropa dan utara Asia. Negara ini memiliki hubungan yang cukup erat dengan Indonesia. Rusia merupakan salah satu negara tujuan utama  Indonesia untuk belanja produk-produk militer. 


Sukhoi Su-27, salah satu produk militer yang dibeli Indonesia dari Rusia (sumber : jejaktapak.com)


Dikancah perpolitikan global Rusia memposisikan diri sebagai negara yang berseberangan politik dengan Amerika Serikat. Berbekal militer yang kuat, tentunya langkah-langkah politik yang diambil Rusia cukup dihormati oleh negara-negara di dunia. Namun walau militernya kuat, ternyata Rusia tidak semaju yang diperkirakan.


Pertemuan presiden Amerika Serikat dengan presiden Rusia (sumber : news.com.au)


Umumnya negara-negara maju di dunia memiliki pendapatan per kapita yang tinggi. Contohnya beberapa negara maju seperti Jepang, Jerman, Amerika Serikat dan Inggris. Keempat negara maju tersebut memiliki pendapatan per kapita diatas 30.000 USD berdasarkan data dari Bank Dunia (World Bank). Bagaimana dengan Rusia?

Berdasarkan data dari Bank Dunia, Rusia memiliki pendapatan per kapita sekitaran 10.000 USD. Angka tersebut tentunya jauh dibawah negara-negara maju yang kita sebutkan diatas. Dari semua negara industri maju yang tergabung dalam G-8, Rusia merupakan satu-satunya negara yang memiliki pendapatan per kapita dibawah 30.000 USD. Bahkan pendapatan per kapita Rusia tidak jauh berbeda dengan negara tetangga kita Malaysia. Namun kalau dibandingkan dengan Indonesia tentu jauh lebih tinggi pendapatan per kapita Rusia.


Negara-negara G8 (sumber : worldatlas.com)


Boleh dibilang Rusia merupakan salah satu negara paling kaya di dunia kalau dilihat dari sumber daya alam. Cadangan gas alam Rusia merupakan yang terbesar di dunia. Sementara untuk cadangan minyak bumi, Rusia merupakan yang terbesar kelima di dunia. Jadi kekayaan alam inilah yang selama ini menjadi salah satu penopang perekonomian Rusia. Namun Rusia sendiri pernah dilanda resesi akibat penurunan harga minyak dunia dan embargo yang diberlakukan oleh negara-negara barat. 

Kesenjangan perekonomian di Rusia cukup dalam untuk kategori negara maju. Berdasarkan data dari credit suesse, 74,5 persen kekayaan nasional Rusia dikuasai oleh satu persen populasi negara. Bahkan Rusia disebut-sebut sebagai negara dengan ketimpangan ekonomi terbesar sejagad. Angka kemiskinan di Rusia juga cukup tinggi yang mencapai 13,9 persen dari total populasi

Rusia memang memiliki industri yang maju. Apalagi dibidang militer dimana Rusia merupakan eksportir produk militer terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Namun perekonomian Rusia cukup jauh tertinggal dibandingkan negara-negara maju lainnya. Masalah perekonomian yang mereka hadapi juga tidak jauh berbeda dengan masalah-masalah yang biasanya dijumpai oleh negara-negara berkembang. Jadi perekonomian Rusia tidak sekokoh negara-negara maju lainnya di dunia. 

Referensi :
https://www.credit-suisse.com/corpor...port-2016.html
https://id.rbth.com/discover_russia/...skin_qyx706203
https://www.dw.com/id/di-negara-nega...lam/g-37687748
https://data.worldbank.org/indicator...NY.GDP.PCAP.CD
https://finance.detik.com/berita-eko...konomian-rusia
13
17.2K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.